World's Strongest Bank
Menu

Anda berada di Indonesia


Testimonial

Testimonial

Karir - OCBC NISP
Andreas Kurniawan

Digital Transformation Lead

…I always want to understand the why. It drives me to think and dig deeper…

I studied business mathematic and statistics because I enjoyed dealing with numbers and interested in the application of maths to the business and social sciences. I’ve brought that curiosity with me to my current jobs. I always want to understand the why. It drives me to think and dig deeper and come out with solutions.

I started my career as Management Associate because the program gives me opportunity to learn about the firm and how it conducts its businesses. It is ideally suited for people who have just graduated from any field of study. During the program, I had a network of people who helped guide me through challenges and adapt with new dynamic environment. Throughout my time, I have had some really great managers that have understood my skillset and paired me with the right opportunities.

I am in charge with Marketing and Digital Strategy in Bank OCBC NISP where in this line of business, I and the entire team will have to be able not only to spot the changing space and sense the upcoming changes, but also understand and know how to drive the business accordingly. The ability to adapt and being agile is a must. In banking, it is important for anyone who decide to enter this industry to be comfortable with the fact that over the next year or over the next month something that is totally novel surfaced. So there’s constantly an opportunity to become an expert in a topic that nobody around you understands perfectly.

I work with people who come from totally different backgrounds. I always tell my new associates who came to our desk not to worry about whether they didn’t happen to come from a finance background. My advice to them was to go at it full force, and they'll see that it pays off—as you show that you’re learning and as you show an interest in the topics, and prove yourself, people will give you a lot of responsibility.

Outside of work, I enjoy outdoor travelling and doing community service. I love exploring new places and meeting people. It opens my eyes, and source of my inspirations. It is a lifetime experience that money can not buy. Community service is always in my heart. It started during my college when I helped homeless shelter providing food and hot drinks.

+ Show more details

 
 
Karir - OCBC NISP
Badai Samudra Djatmiko

Trade & Credit Control Analyst

...Graduates Development Program Alumnus...

Awal mula saya bergabung dengan Bank OCBC NISP sekitar 9 tahun yang lalu adalah melalui jalur Graduates Development Program (GDP). Pada program ini telah disusun kurikulum yang mempersiapkan fresh graduate non perbankan seperti saya untuk siap bekerja di dunia perbankan. Kurikulum yang disusun sangat komprehensif, dimulai dari pengetahuan perbankan, produk, proses-proses kerja, hingga pengalaman mendapatkan on the job training di kantor-kantor cabang Bank OCBC NISP.

Setelah selesai menjalani program pendidikan, saya memiliki kesempatan untuk menjadi seorang Industry Analyst untuk kemudian, dilanjutkan sebagai Quality Consultant. Menarik dikala itu, karena saya mendapatkan kesempatan untuk mendalami bidang Manajemen Mutu meliputi Lean-Six Sigma langsung dari OCBC Group di Singapura hingga akhirnya mendapatkan sertifikasi profesi bertaraf Internasional. Saat ini, selama 3 tahun terakhir, saya dipercaya untuk membentuk Product Management Unit, untuk menata kelola produk-produk yang ada di Bank sehingga dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap perusahaan.

+ Show more details

 
 
Karir - OCBC NISP
Joyce

Operations Development Division Head

…End to end and the Uniqueness of Banking Operation…

Di Tim Operasional, setiap karyawan diberikan kesempatan tumbuh dan berkembang untuk melakukan dan memahami pekerjaannya melalui berbagai fasilitas yang disediakan perusahaan. Seiring dengan semakin gencarnya continuous improvement yang dijalankan, kami saling bahu membahu dalam memenuhi kebutuhan organisasi, melakukan pengembangan di area operasional untuk menciptakan operation excellence dan menjadi strategic partner bagi unit bisnis dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah, serta perbaikan proses kerja menjadi lebih efektif dan cepat.

Dengan tekad untuk menjadi “The Best Place to Work and to Grow”, kami senantiasa meningkatkan inovasi proses kerja dengan mendengarkan dan berfokus pada nasabah melalui berbagai process improvement project. Salah satu alasan utamanya agar tetap kompetitif dalam persaingan dengan kompetitor yang melakukan strategi serupa, sehingga level kepuasan nasabah (customer satisfaction) harus terus ditingkatkan untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Bank OCBC NISP tentunya memberikan apresiasi bagi karyawan yang telah berkontribusi dalam melakukan perubahan dan perbaikan proses, baik secara kelompok maupun individu.

Bagi Anda yang memilih berkarir sebagai karyawan bank, maka Bank OCBC NISP adalah pilihan tempat bekerja yang tepat bagi Anda meniti karir!

+ Show more details

 
 
Karir - OCBC NISP
Lily Johan

Human Capital Services Division Head

…Working and Community…

Tahun ini saya memasuki 20 tahun bekerja dengan Bank OCBC NISP, dengan memulai karir pertama sebagai Teller, dan bergabung di GDP (Graduate Development Program) di tahun berikutnya. Selesai dari program tsb, saya merasakan akselerasi karir dan kesempatan untuk mengemban tugas dan posisi yang beragam (CS, Authorized Signer, Credit Supervisor, Sub Branch Manager, General Affair Head). Komitmen perusahaan sangat jelas dalam memberikan pelatihan untuk membekali karyawannya dalam berkarir. Selain hal tersebut saya juga mendapatkan kesempatan untuk menikmati beasiswa sampai dengan S2 (Magister Management) yang melengkapi pembekalan saya ke jenjang yang lebih tinggi. Berbagai perubahan yang dialami dalam perjalanan karir saya di Bank OCBC NISP, memberikan pembelajaran yang tidak dapat dibeli. Saat ini saya bertugas di Human Capital Group sebagai Human Capital Services Division Head.

Di luar rutinitas pekerjaan, saya bergabung dengan komunitas Olahraga Basket untuk menghilangkan kepenatan dan menjalankan kesamaan hobby di antara karyawan yang terdiri dari lintas fungsi dan berbagai jabatan. Di dalam komunitas kami melepaskan semua atribut pekerjaan dan menikmati kebersamaan melalui hobby kami dan menjadikan salah satu faktor engagement kami dengan perusahaan.

+ Show more details

 
 
Karir - OCBC NISP
Eny Surjani

Funding Business Division Head

…Being Sales and RM…

Sudah berapa lama Ibu berkarir di dunia sales?
Karir perbankan saya sudah 25 tahun, sejak awal berkarir saya langung menjadi sales. Namun karena saya enjoy menjalaninya, waktu terasa mengalir dan tidak terasa lama.

Apa yang membuat Ibu tertarik untuk memilih berkarir di dunia sales?
Pertama, I love meeting new people. Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial dan memiliki kebutuhan dasar untuk menjalin hubungan dengan manusia lainnya. Setiap kali bertemu orang, saya pasti mendapatkan suatu hal baru, build relationship, memahami karakter dan filosofi hidup nasabah seperti apa, behind the scene dari kesuksesan mereka, dan sebagai networking channel. Hal inilah yang membuat pekerjaan sebagai sales sangat menarik.

Apakah pandangan Ibu mengenai kekhawatiran para lulusan baru terhadap target yang menjadi ciri khas profesi sales?
Seorang sales atau marketing biasanya memiliki tolak ukur berupa angka, dilihat secara kuantitatif dan mudah diukur. Kesuksesan seorang sales diukur dari pencapaian targetnya. Untuk menyiasatinya, ada cara-cara yang bisa dilakukan. Pertama, kita harus memiliki prinsip to love what we do dan memiliki passion terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Tidak hanya fokus pada angka dan targetnya, namun juga proses dan manfaat dari kegiatan sales yang dilakukan. Apabila kita enjoy, semua yang kita lakukan terasa lebih fun. Kedua, persistence itu penting, jangan mudah menyerah, semua orang sukses pernah mengalami yang namanya gagal dan ditolak.

Menurut Ibu apakah hal menyenangkan yang dirasakan dan tantangan yang akan dihadapi sebagai seorang sales? Bagaimana cara menghadapi tantangan tersebut?
Banyak hal yang menyenangkan, menurut saya benefit-nya bukan hanya ketika kita berhasil mencapai target. Apabila dilihat dari sudut yang berbeda, manfaatnya jauh lebih banyak dari hanya sekedar pencapaian target. Contohnya, memperkaya diri dengan pengalaman, pembentukan karakter yang lebih tough, exposure terhadap cerita sukses dan juga nilai-nilai yang dimiliki para nasabah yang kemudian dapat kita terapkan di kehidupan kita sendiri.

Hal yang perlu diperhatikan adalah saat client visit, sales junior sebaiknya didampingi oleh mentor ataupun seniornya. Observasi mentor, membangkitkan kesiapan dan rasa percaya diri sehingga tahu apa yang harus dilakukan pada saat pertemuan berikutnya. Fungsi mentor  memegang peranan yang signifikan, menurut saya seseorang fresh graduate yang baru menjadi sales perlu dibimbing dan diarahkan bagaimana cara mencapai target tanpa stress dan memperoleh starting point yang tepat.

Sebagai catatan tambahan, penampilan merupakan hal yang utama bagi seorang sales, 50% dari success rate. Sementara 50% lainnya adalah bagaimana kita membekali diri kita dengan product knowledge dengan selling skill dan public knowledge. Apabila kita berpenampilan menarik, hal itu akan mempermudah pekerjaan kita sehingga tidak stress.


Bagaimana jenjang karir seorang sales?
Sales itu sangat terukur dan transparan. Sales itu menurut saya fast-track, jenjang karirnya sangat cepat dan sangat menjanjikan, what you do is what you get.

Bagaimana trend sales kedepannya?
Sebelum ini nasabah yang mencari kita dan persaingan sesama bank belum terlalu ketat. Sekarang bank merupakan revenue-driven, persaingan antar bank lokal dan bank asing lebih kompetitif dari sisi produk dan teknologi. Selain itu, customer point of view pun sudah berubah. Nasabah sudah semakin advance dan lebih paham mengenai kebutuhan dan prioritas finansial mereka, maka sales harus lebih jeli dan peka terhadap kebutuhan ini.

Apakah Bank OCBC NISP merupakan tempat yang tepat untuk belajar dan berkarir?
Bank OCBC NISP merupakan tempat yang tepat dan one of the best place bagi fresh graduates untuk membangun karir. Membangun karir lebih dari sekedar bekerja, melainkan jenjang yang terus menanjak. Bank OCBC NISP membuka kesempatan yang luas dan transparan dan memiliki culture untuk membimbing dan mempersiapkan young talent agar berkembang menjadi future leader.

Apa harapan Ibu terhadap lulusan baru yang akan bergabung dengan Bank OCBC NISP?
Pertama, semangat! Karena dengan semangat kita dapat mengatasi segala hambatan, lebih mudah menghadapi tantangan. Kedua, be fun, be real, dan be you dengan integritas tidak menghilangkan suasana happy, healthy, dan wealthy.

+ Show more details