World's Strongest Bank
Menu

Anda berada di Indonesia


I Love Science 2015

I Love Science 2015

Bank OCBC NISP Apresiasi Siswa dan Pengajar Program I Love Science 2015

CSR OCBC NISP

Pada hari Rabu (16/12/15) sekitar pukul 11.00 WIB, tampak anak-anak berpakaian seragam dari sekolah masing-masing beserta guru pendamping, memadati lantai 23 Hall A Bank OCBC NISP Tower, Jakarta. Anak-anak tersebut adalah para siswa terbaik program I Love Science (ILS) 2015, yang merupakan perwakilan dari 15 SDN se-jabodetabek, terdiri dari 13 sekolah formal yaitu SDN Rawa Mangun 01 Pagi Jakarta, SDN 05 Bintaro Jakarta, SDN Karet Kuningan 03 Pagi Jakarta, SDN Hang Tuah 6 Jakarta, SDN Tlajung 03 Citeureup Bogor, SDN Pondok Cina 3 Depok, SDN Jati Asih 1 Bekasi, SDN Jati Asih 2 Bekasi, SDN PB Kelapa Dua Tangerang, SDN PB I Kelapa Dua Tangerang, SDN 12 Tangerang, SDN Cijantra III Tangerang, dan SDN Cihuni 1 Tangerang. Adapun 2 sekolah informal (sekolah untuk anak-anak jalanan) yaitu Sekolah Masjid Terminal (Master) Depok dan Kampus Diakonia Modern (KDM) Bekasi.

Program ILS merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank OCBC NISP di bidang pendidikan, bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya dan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE). Melalui program ini, para siswa SD khususnya kelas 5, diajarkan matematika dan sains dengan metode Gampang, Asik, dan Menyenangkan (GASING). Serangkaian program ILS 2015 dimulai sejak bulan Agustus yaitu dengan pelatihan Training of Trainers (ToT) bagi 61 pengajar, dilanjutkan implementasi pengajaran di 15 sekolah selama 3 bulan (September-November) dengan total lebih dari 530 siswa. Sampailah di bulan Desember, acara penutupan program ILS yang dikemas dalam bentuk Apresiasi bagi Siswa dan Pengajar.

Hadir pada acara tersebut Ibu Aleta Hanafi (Corporate Communication Division Head Bank OCBC NISP), Bapak Agus Purwanto, Ph.D. (Dosen sekaligus Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Surya), dan Bapak Christian P. Somali (Donor Relation Yayasan KSE).

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ibu Aleta. Beliau menyampaikan rasa bangga kepada adik-adik siswa atas semangat dan kemampuan berhitung dan pemahaman sains. Tidak lupa juga beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan berkontribusi untuk turut serta mencerdaskan bangsa. “Melalui kolaborasi ini, yaitu antara Bank OCBC NISP, STKIP Surya, dan Yayasan KSE, tentu kita bisa mencapai hasil yang lebih optimal dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk Indonesia yang lebih baik”, ujar Ibu Aleta.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada OCBC NISP atas kolaborasi yang sangat baik ini serta komitmennya untuk selalu peduli terhadap dunia pendidikan. Melalui program ILS, para siswa saat ini menjadi lebih mencintai matematika dan sains. Program ILS sangat bermanfaat dan memberikan dampak yang positif bagi siswa, guru, dan sekolah. Semoga program ILS tahun depan cakupannya lebih luas sampai ke pelosok-pelosok”, ungkap Bapak Agus dalam sambutannya.

Usai kata sambutan, acara dilanjutkan dengan Lomba Cepat Tepat, dimana pesertanya adalah para siswa terbaik dari 15 sekolah. Lomba ini dimaksudkan untuk melihat kemampuan para siswa khususnya kecepatan berhitung matematika dan pemahaman sains. Dan hasilnya.. luar biasa!!! mereka dengan cepat dan benar menjawab setiap pertanyaan dari para juri.

Berbagai apresiasi dan penghargaan yang diberikan Bank OCBC NISP kepada siswa dan pengajar dalam Program ILS 2015 :

  • 3 siswa terbaik dari masing-masing sekolah, total 45 siswa se-jabodetabek
  • 3 siswa terbaik antar sekolah The Best Student
    - Eugra Elektifrilia, dari SDN Pondok Cina 3 Depok, dengan nilai 99
    - M. Abyan Laksamana, dari SDN Hang Tuah 6 Jakarta, dengan nilai 99
    - Bayu, dari Kampus Diakonia Modern (KDM) Bekasi, dengan nilai 98.
  • 4 pengajar terbaik (dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas di atas 65%)
    Yaitu para pengajar dari SDN Karet Kuningan 03 Pagi Jakarta: Ibu Khoiriyah, Kakak Aisha Rachmani Nurfitri, Kakak Dyah Indah Adrelia, dan Kakak Chairunnisa.
  • 8 pengajar terbaik (dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas di atas 35%)
    Yaitu para pengajar dari SDN Cihuni 1 Tangerang: Ibu Umi Prihatin, Kakak Novandra Sagita, Kakak Pia Elisa, dan Kakak Ayu Dwi Puspita Sari.
    Dan para pengajar dari SDN Hang Tuah 6 Jakarta: Ibu Eritawati M., Kakak Iman Nur Syuhada, Kakak Irina Gustiani, dan Kakak Ichtiar Rizki Erianti.

Bank OCBC NISP juga memberikan apresiasi kepada 15 sekolah yang telah berpartisipasi dan mendukung penuh pelaksanaan program ILS, yaitu berupa bantuan satu set toa megaphone, alat peraga organ tubuh manusia, dan bola dunia globe untuk masing-masing sekolah, guna mendukung kegiatan belajar-mengajar.

Dengan Program ILS ini kita dapat melihat implementasi metode GASING yang cukup intensif, nilai belajar matematika siswa SD meningkatkan secara signifikan dengan rata-rata peningkatan 35 % - 65 %. Sehingga nilai siswa yang sebelumnya tidak lolos Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dapat melewati KKM sampai 2-3 point. Harapan Bank OCBC NISP pembelajaran metode GASING ini dapat dilanjutkan oleh masing-masing guru kepada siswa-siswi di kelas lain. Sehingga peningkatan dapat dirasakan dalam lingkup yang lebih luas dan berkelanjutan.

Demikianlah serangkaian Program ILS 2015. Tetap semangat yaa adik-adik!!!

CSR Bank OCBC NISP

Lomba Cepat Tepat (1)

CSR OCBC NISP

Lomba Cepat Tepat (2)

CSR OCBC NISP

Sambutan oleh Ibu Aleta Hanafi (Corporate Communication Division Head Bank OCBC NISP)

CSR OCBC NISP

Sambutan oleh Bapak Agus Purwanto, Ph.D. (Dosen sekaligus Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Surya)

CSR OCBC NISP

Sambutan oleh Bapak Christian P. Somali (Donor Relation Yayasan KSE)

CSR OCBC NISP

45 Siswa Terbaik dari 15 SDN se-jabodetabek

CSR OCBC NISP

Apresiasi 3 Siswa Terbaik antar sekolah

CSR OCBC NISP

Apresiasi Pengajar Terbaik

CSR OCBC NISP

Apresiasi bagi 15 SDN se-jabodetabek

CSR OCBC NISP

Foto Bersama