World's Strongest Bank
Menu

Anda berada di Indonesia


YES Workshop 2015

YES Workshop 2015

Bank OCBC NISP Kembali Menggelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

CSR OCBC NISP

Di era global saat ini, bagi pelaku wirausaha muda dituntut untuk memiliki kepekaan membaca kebutuhan pasar yang bisa menjadi sebuah peluang usaha. Bagaimana mengasah kepekaan tersebut? Bank OCBC NISP memiliki cara tersendiri.

Bank OCBC NISP bekerjasama dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) kembali menggelar pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa wirausaha muda, dengan bertajuk “Young Entrepreneurship Spirit (YES) 2015”. Program YES merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank OCBC NISP di bidang kewirausahaan yang bertujuan mencetak wirausaha muda social-preneur dan techno-preneur.

Ada tiga tahapan dalam program YES 2015 kali ini, yaitu tahap I (YES Workshop), mahasiswa diberikan pembekalan dari para praktisi dan akademisi terkait entrepreneurship. Tahap II (YES Competition) peserta diberikan kesempatan untuk mematangkan bisnisnya guna mengikuti kompetisi bisnis. Tahap II ini akan menseleksi finalis dan memilih pemenang. Kemudian di tahap III (YES Mentoring) para pemenang akan mendapatkan pendampingan/mentoring usaha selama 6 bulan dari para mentor ahli serta bantuan permodalan untuk mengembangkan usahanya. Tujuan akhir dari program YES 2015 adalah agar mahasiswa dapat menjadi enterpreneur yang tangguh, sehingga setelah lulus nanti sudah menjadi enterpreneur muda yang sukses.

YES Workshop berlangsung di OCBC NISP Learning Center (ONLC) Bandung, tanggal 2 & 3 September 2015 kemarin. Hadir dalam acara pembukaan YES Workshop, Bapak Suwardi Candra (National Commercial Business Head Bank OCBC NISP), Ibu Ami Tantri (Wakil Ketua Yayasan KSE), Bapak Christian P. Somali (Donor Relation Yayasan KSE), Bapak Raimy Sofyan (Fasilitator-Entrepreneur), Bapak Paulus AC Tangkere (Fasilitator-Technopreneur), Bapak Isdiyanto (Fasilitator-Entrepreneur), Bapak Ahmad Sudarsono (Alumni KSE- Entrepreneur), dan Ibu Amy Mulyani (ONLC).

“Semangat kami untuk berkolaborasi dengan Yayasan KSE guna terus melahirkan bibit-bibit unggul entrepreneur muda semakin meningkat. Kami berharap kreativitas generasi muda semakin terasah serta ide-ide inovatifnya semakin cemerlang dan memberikan solusi nyata terhadap permasalahan sosial di masyarakat”, ujar Bapak Suwandi Candra.

“Program ini sudah berjalan sejak tahun 2013, tujuan utamanya dalah mencetak wirausahawan muda. Terima kasih kepada Bank OCBC NISP yang berkomitmen  dan selalu mendukung wirausahawan muda agar semakin berkembang dan maju. Program YES ini luar bisa!” ujar Ibu Ami Tantri.

YES Workshop kali ini diikuti oleh 22 peserta mahasiswa terpilih dari berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia, diantaranya; ITS, UNMUL, UI, IPB, UNJ, UGM, UNDIP, USU, dan lain-lain. Sejak awal bergulirnya YES Workshop, animo yang luar biasa dari peserta sudah terlihat dari beberapa ide bisnis yang mereka tuangkan ke dalam bentuk proposal bisnisnya. Patut kita acungi jempol, semangat yang bergelora dari generasi muda untuk merealisasikan ide-ide bisnisnya guna memberikan solusi nyata terhadap permasalahan sosial di masyarakat. Ada 80 proposal bisnis yang masuk pada ajang bergengsi ini. Ke-80 proposal bisnis tersebut diseleksi baik secara administrasi maupun kualitas. Seleksi ini dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari para ahli dan praktisi wirausaha. Terpilihlah 22 proposal bisnis yang berhak mengikuti YES Workshop 2015 ini.

Adapun proposal bisnis dari peserta YES Workshop 2015, antara lain: “Akuaponik: Sistem Pertanian Berkelanjutan yang Mengkombinasikan Akuakultur dan Hidroponik dalam Lingkungan Simbiotik”, “IKAIKI CRACKERS: Makanan Ringan dalam Bentuk Kerupuk dengan Bahan Dasar Wortel”, ”Costic Biodiesel (coconut plastic biodiesel): Pemanfaatan Limbah Minyak Kelapa dan Limbah Plastik Sebagai Bahan Bakar Alternatif pada Motor Penggerak Perahu Nelayan”, “Budidaya Bubara: Usaha Budidaya Ikan Bubara di Keramba Jaring Apung”, “Super Incubator: Alat Penetas Telur otomatis”, dan lain-lain.

YES Workshop diadakan selama dua hari berturut-turut. Hari pertama, pembekalan dilakukan melalui in class sharing oleh para fasilitator dan di hari kedua dilakukan kunjungan lapangan (company visit). Sharing session pengalaman dan motivasi dari para fasilitator dan company visit ke Kebun Begonia dan PT Agansa International, memberikan inspirasi dan semangat juang bagi seorang entrepreneur untuk memahami proses permulaan usaha, jatuh-bangun pengembangan usaha, dan kiat-kiat meraih kesuksesan berwirausaha.

Semangat YES!!!

CSR Bank OCBC NISP

Bapak Suwardi Candra berdiskusi dengan peserta YES Workshop

CSR OCBC NISP

Ibu Ami Tantri dan Bapak Christian P. Somali, memantapkan komitmen peserta YES Workshop

CSR OCBC NISP

Sharing session oleh Bapak Raimy Sofyan

CSR OCBC NISP

Sharing session oleh Bapak Paulus AC Tangkere

CSR OCBC NISP

Sharing session oleh Bapak Ahmad Sudarsono

CSR OCBC NISP

Sharing session oleh Isdiyanto

CSR OCBC NISP

Company visit ke Kebun Begonia

CSR OCBC NISP

Company visit ke PT Agansa International

CSR OCBC NISP

Foto Bersama (1)

CSR OCBC NISP

Foto Bersama (2)

CSR OCBC NISP

Foto Bersama (3)