Tanda Kamu Harus Segera Mengatur Keuangan Dengan Benar

1 Aug 2020 Written by: Redaksi OCBC NISP

Memaparkan gejala-gejala bahwa kita sudah harus berhemat

Disadari atau tidak, kondisi keuanganmu saat ini adalah cerminan dari cara kamu mengelola pemasukan dan pengeluaran bulanan.

Ini bukan perkara besar-besaran penghasilan, karena punya penghasilan besar juga nggak menjamin kamu punya manajemen keuangan yang baik. Sering kejadian orang happy-happy terima gaji di awal bulan, tapi pas di tengah bulan gajinya udah mudik entah ke mana.

Kalau sudah sampai begitu, itu adalah sebuah “alarm” bahwa kamu harus segera berbenah. Masalahnya, alarm hidup itu nggak ada bunyinya. Kita sendiri yang mesti peka sama kondisinya.

Kayak gimana aja tuh kondisi yang udah masuk alarm?

Enggak Tahu Berapa Banyak Jumlah Pengeluaran Bulanan

Saking banyaknya pengeluaran, kamu sampai nggak tahu sudah berapa banyak uang yang habis. Kamu juga nggak tahu uangmu habis buat beli apa saja. Ini sangat membahayakan 'kesehatan' keuanganmu. Segera bikin pos-pos pengeluaran, catat semuanya. Control is a must!

Kaget Melihat Tagihan Belanja

Berbelanja menggunakan kartu kredit atau debit memang sangat praktis. Kamu tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak untuk berbelanja, tinggal gesek dan keinginan mendarat di tanganmu.

Tapi, kalau kamu nggak ngontrol, kamu bakalan kaget melihat betapa banyaknya uang yang sudah kamu hambur-hamburkan. Nggak sadar udah beli banyak gadget baru, nggak sadar udah nimbun barang branded, sampai nggak sadar udah menyewa Raisa untuk manggung di teras rumahmu.

Ini tanda bahwa kamu harus segera menampar dirimu sendiri dan menahan khilaf!

Sulit Melunasi Utang dan Cicilan

Kamu sering menunda membayar utang yang jatuh tempo, atau mengesampingkan tagihan air, listrik, telepon, dan internet? Kebiasaan ini menandakan kalau kamu memiliki disiplin yang buruk dalam mengatur keuangan. Seharusnya kewajiban inilah yang menjadi prioritas utama yang harus dibayar saat gajian.

Gaji Habis Sebelum Tiba Akhir Bulan

Bila kamu memiliki gaji yang tergolong cukup tinggi, tapi baru tengah bulan sudah ludes, itu tandanya kamu nggak tau caranya mengelola napsu belanja. Penyebabnya mungkin dari kesulitan antara membedakan keinginan dan kebutuhan, semua dianggap kebutuhan, jadi duitnya habis sebelum gajian di periode berikutnya datang.

Minim Dana Simpanan atau Dana Pensiun

Simpanan darurat sangat dibutuhkan apabila ada kebutuhan mendadak yang tak bisa ditebak. Misalnya, bayar tagihan rumah sakit, renovasi rumah, reparasi mobil, dan dana pensiun di hari tua. Nah, kalau kita nggak pernah punya dana semacam ini, alias tabungan selalu kosong, artinya emang ada yang salah dari cara kita mengelola uang.

Ternyata ada banyak tuh tanda-tanda nggak bisa ngatur duit seoptimal mungkin. Kalo kamu sudah merasakan semuanya, itu tandanya kamu perlu sedikit “dipecut” untuk lebih disiplin mengelola keuanganmu?

Gimana caranya?

Nah, OCBC NISP punya program yang bagus banget buat kamu. Namanya NYALA. Ini adalah layanan perbankan yang diciptakan buat generasi muda untuk mengelola keuangannya.

Kami ngerti, kok … yang namanya anak muda punya banyak keinginan. Itu lumrah, tetapi tetap harus dikontrol. Nah, di sinilah NYALA berperan. Kami membantu kamu menggapai cita-cita, ambisi, dan keinginan, tanpa harus “memadamkan” kebutuhan kamu yang lain. Hence, kamu akan tetap meNYALA sebagai generasi muda penuh ide.

Nah, di NYALA, ada tiga level layanan terpisah, yakni NYALA Basic, NYALA Individu, dan NYALA Bisnis.

Bedanya apa, sih?

NYALA Basic adalah layanan optimasi dana pribadi untuk level individu. Kamu cuma perlu menabung dengan saldo sekitar 1 juta rupiah untuk kelak dikelola oleh OCBC NISP.

NYALA Individu hampir sama dengan NYALA Basic, tetapi harus menabung dengan saldo minimal 25 juta. Layanan ini juga kelak akan memberikan kamu rekomendasi pengembangan aset. Kalo kamu bingung gimana caranya mengembangkan uang yang kamu punya itu, NYALA Individu cocok banget, nih.

NYALA Bisnis … sudah jelaslah, ya. Ini adalah layanan NYALA yang dikhususkan untuk para generasi muda yang sedang atau akan menjalankan usaha. Layanan ini akan mengoptimalkan dan mengelola keuangan bisnis serta pribadimu sekaligus.

Keren, ya? Dengan layanan seperti ini, nggak perlu takut lagi keuanganmu bakal boncos nggak jelas. Karena NYALA akan memberikan kamu banyak rekomendasi supaya pemakaian keuanganmu lebih optimal.

Baca lebih lengkap tentang NYALA disini

Korporasi Individu Karir Nyala Syariah Tentang Kami Life Series

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Investment - 15 Jun 2021

Net Worth (Kekayaan Bersih): Pengertian & Cara Menghitungnya

Read

Education - 15 Jun 2021

Cara Usaha Ikan Hias di Rumah untuk Pemula Agar Cuan Jutaan

View All