Tren Pinjaman Online: Apa Iya Kita Beneran Butuh?

1 Aug 2020 Written by: Redaksi OCBC NISP

Mengenal pinjaman online dan urgensinya untuk kehidupan kita

Di era online kayak gini, hampir semua hal bisa dilakukan secara online. Jangankan untuk sekadar beli kebutuhan pribadi atau manggil taksi, gelut aja bisa online.

Salah satu yang juga jadi tren di era online ini adalah pinjaman online (pinjol). Kalau dulu, orang mau minjem duit yang rada gede mesti ke bank dulu atau mesti ke koperasi, sekarang udah tinggal install aplikasi atau ke website, isi data, tunggu beberapa saat, eh udah langsung dapet pinjeman, deh.

Ini jelas godaan besar.  Tapi, bukan cuma godaannya yang besar, risikonya pun gak kalah besar. Sebenarnya, pinjaman online itu memang bisa jadi solusi tepat di era online kayak sekarang. Pertanyaannya: apakah kita memang benar-benar butuh meminjam uang secara online?

Gini, sebelum kamu mulai meminjam uang secara online, kenali dulu deh karakteristik pinjaman online secara umum kayak gimana. Ini beberapa di antaranya:

1. Bunga yang tinggi

Hal ini menjadi hal pertama yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman online. Karena proses pinjol itu gampang dan singkat, tentu perusahaan jadi punya risiko yang lebih gede, sehingga pihak platform pinjol tersebut seringkali menetapkan suku bunga yang tinggi. Jadi, pikir dulu sebelum minjem. Apakah kamu benar-benar sanggup membayar pinjaman dan bunganya tepat waktu?

2. Denda

Seperti layanan keuangan pada umumnya, kalo telat bayar ya pasti kena denda. Masalahnya, denda pinjol ini juga rata-rata lumayan tinggi. Kalau kamu bukan tipe orang yang bisa disiplin bayar tepat waktu, bisa kebakaran jenggot saat jatuh tempo..

Denda di pinjol biasanya berbeda-beda durasi waktunya. Ada yang bulanan atau mingguan, tapi jangan kaget, ada juga yang memberlakukan denda harian. Hayoloo…..  Kalau kamu telat, udah mesti bayar bunga, bayar denda pula. Mabok pasti tuh. Yakin sanggup terima risiko bertumpuk kayak gini?

3. Proses persetujuan yang memakan waktu lama

Iya, proses pendaftaran pinjol emang jauh lebih gampang ketimbang pinjaman konvensional. Namun, karena gampang itu akhirnya jadi banyak yang minat. Karena banyak yang antusias, akhirnya waktu pencairan dana pun menjadi semakin lama. Artinya, kamu bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkan pinjaman.

Pinjaman online memang bisa menjadi solusi yang menggiurkan bagi mereka yang sedang membutuhkan dana cepat. Tapi, apa iya kita beneran butuh? Atau hanya impulsif aja pengen beli ini itu?

Bisa ya, bisa tidak. Tergantung dari kesiapan kita akan risikonya. Bunga dan denda adalah dua risiko terbesarnya. Seberapa sanggup kamu membayar kedua hal ini bersamaan?

Daripada kamu buru-buru kepengen dapat duit dari pinjaman online, terus akhirnya kesusahan bayar cicilan, kamu bisa coba program KTA dari OCBC NISP. Pastinya lebih aman dan bunganya reasonable, sehingga gak akan bikin kamu kelabakan. KTA OCBC NISP juga terintegrasi dengan aplikasi ONe Mobile yang dapat membuat pengelolaan uangmu jadi jauh lebih efektif. Jadi, kamu nggak perlu takut boncos. Kami bantu kamu supaya uang pinjaman itu sesuai di jalurnya.

Keren, kan? Kamu bisa cek program KTA OCBC NISP disini ya.

Individu Life Series

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 18 Jun 2021

Mengenal Sistem Pembayaran Cashless Hingga Plus Minusnya

Read

Education - 18 Jun 2021

Anggaran Keuangan: Pengertian, Tujuan Hingga Tipe-Tipenya

View All