Benarkah Action Figure Bisa Jadi Alat Investasi?

1 Sep 2020 Written by:Redaksi OCBC NISP

Bagaimana action figur jadi investasi bagi penggemarnya

Sudah pernah dengar apa itu action figure? Beberapa dekade yang lalu, istilah ini mungkin masih terdengar asing. Namun, seiring dengan berkembangnya industri pop culture beberapa tahun belakangan, pamor action figure pun ikut terdongkrak.

Jauh sebelum series seperti Transformers, Marvel, dan DC berkiprah di bidang action figure, series-series Jepang seperti Gundam dan Ultraman juga berbisnis dengan cara yang serupa. Mereka merilis film di televisi, series mereka disukai, lalu mereka pun mengeluarkan action figure sebagai ladang uang--sampai detik ini.

Bagi sejumlah orang yang biasa disebut hobbyist, keberadaan action figure ini sangat berharga. Bahkan, tak jarang dari mereka yang menjadikan hobi ini sebagai investasi. Nah, lho. Kok bisa, ya?

Mengulik Value Sebuah Action Figure

Action figure sendiri memiliki berbagai jenis merk dengan kualitas dan range harga yang berbeda-beda. Ada yang harganya cuma ratusan ribu, tapi ada juga yang sampai puluhan juta.

Bagi orang awam, mungkin terasa sedikit aneh dan tidak masuk akal ketika harus mengeluarkan jutaan rupiah untuk sebuah miniatur karakter yang nantinya hanya akan dipajang dan disimpan di dalam lemari. Namun, tidak bagi fans para dan kolektor. Action figure ini bisa dianggap sebagai investasi mahal.

Namun benarkah bahwa selain sebagai barang koleksi, action figure juga dapat dijadikan sebagai media investasi?

Memang terdapat beberapa jenis dan merk action figure yang harganya bisa semakin melonjak dari hari ke hari. Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Salah satu faktornya adalah popularitas. Semakin terkenal sebuah franchise, maka harga action figure-nya pun juga akan semakin melonjak tinggi.

Faktor lain yang membuat harga suatu action figure menjadi tinggi adalah kelangkaan sebuah action figure. Jika ini digabungkan dengan faktor pertama tadi, harganya bisa semakin sadis.

Mengutip dari Seva.id, seorang kolektor berkata, “Saya pernah beli PO (Pre-Order action figure) harganya Rp 450 ribu, sekarang kalau dijual harganya bisa Rp 2,5 juta. Limited soalnya.”

Tak hanya itu, faktor lain yang mungkin terdengar remeh seperti packaging asli dari suatu action figure ternyata juga dapat menambah value suatu figur ketika akan dijual kembali.

Yup. Kamu tidak salah baca. Untuk beberapa action figure yang masih tersimpan dalam sebuah box, apalagi yang bersertifikat, harganya bisa jadi meningkat. Semakin bagus kondisi box-nya, maka harga yang ditawarkan pun biasanya juga akan semakin tinggi. Istilahnya Mint in Sealed Box.

Berinvestasi pada Action Figure

Meskipun mengoleksi action figure memang bisa mendatangkan profit yang menggiurkan, tetapi tentu saja ini tidak berlaku pada semua merk dan jenis action figure. Karena ada juga faktor-faktor yang malah bisa membuat harganya stagnan atau bahkan turun.

Ada kasus ketika figure harganya perlahan mulai melonjak, pihak brand malah memproduksi kembali figure tadi, sehingga harganya pun pada akhirnya akan menjadi normal kembali. Ini disebut dengan edisi reissue, sehingga kolektor tidak bisa meraup keuntungan dari sana.

Karena itulah, waktu merupakan faktor yang paling penting jika kamu ingin mendapatkan profit dari action figure koleksimu.

Dan yang perlu diingat, nilai sebuah action figure juga bisa turun jika value juga kepopuleran franchise-nya semakin memudar. Oleh karenanya, pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk melepasnya, ya.

Memulai Koleksi Figure

Oke, kita sudah bicara soal investasi via action figure, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara seseorang mau memulai menjadi kolektor? Tentu tidak semua orang punya privilege dompet yang tebal untuk membeli figur langka dan mahal secara instan.

Kalau begitu, jangan langsung beli yang mahal. Kalau kamu termasuk kolektor pemula, kamu bisa mulai nyobain koleksi figur-figur yang harganya lebih terjangkau. Di olshop sendiri banyak kok action figure dengan kualitas baik yang harganya di kisaran 100-300 ribu rupiah. Terjangkaulah untuk pemula.

Nah, untuk melanggengkan pembeliannya, kamu bisa manage tabunganmu pakai program #Save20 dari OCBC NISP. #Save20 adalah program menabung uang sebesar 20 ribu rupiah secara rutin yang nantinya bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Kan lumayan lho nabung 20 ribu sepuluh kali saja udah bisa dapat 200 ribu.

Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir tabunganmu untuk keperluan yang lain akan terpakai. Karena dengan #Save20, kamu bisa mendedikasikan tabunganmu untuk keperluan spesifik, misalnya untuk beli figur tadi. Kamu jadi bisa selangkah lebih dekat untuk jadi kolektor.

Mau tau lebih banyak soal #Save20? Coba deh baca di sini.

Korporasi Individu Karir Nyala Syariah Tentang Kami Life Series

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 17 Jun 2021

Cara Daftar Merek Dagang Online & Offline Terbaru 2021

Read

Education - 17 Jun 2021

Apa Itu Sociopreneur? Ini Contoh, Manfaat, & Tips Memulainya

View All