Hobi Nulis? Ini Cara Ubah Hobimu Jadi Duit

1 Sep 2020 Written by:Redaksi OCBC NISP

Bagaimana membuat hobi menulis menjadi sumber penghasilan

Sama seperti menggambar, menjadi penulis buku adalah jalan impian sebagian orang. Dengan menulis buku, kita bisa berekspresi menuangkan ide dan kreativitas lewat teks, sekaligus berharap bisa mendapatkan uang dari sana.

Sayangnya, menjadi penulis di Indonesia punya banyak tantangan. Yang paling mengkhawatirkan memang masalah penghasilan. Bukan cuma karena penjualan buku yang semakin sulit, tetapi kita juga dikepung oleh masalah pembajakan buku, royalti yang relatif kecil, dan juga polemik pajak penulis.

Lalu, bagaimana para penulis memaksimalkan pendapatannya dengan kondisi seperti ini? Nah, ini ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan oleh para penulis untuk menambah penghasilan mereka. Mungkin bukan solusi pasti, tetapi setidaknya bisa menambah pendapatan rutinan:

 

  1. Copywriting
  2. Tidak semua orang familiar dengan istilah copywriting. Menurut Wikipedia, copywriting adalah teknik menulis yang digunakan untuk keperluan dagang, marketing, atau iklan. Singkatnya, menulis untuk jualan.

    Apa saja yang ditulis? Macam-macam, mulai dari caption media sosial, artikel, quotes, hingga cerita fiksi. Semua dilakukan demi jualan. Pernah lihat tulisan-tulisan lucu di baliho pinggir jalan? Nah, itu adalah pekerjaan copywriter. Unik, lucu, dan bikin orang tergugah buat baca.

    Nah, profesi sebagai copywriter ini sebenarnya sedang digandrungi banget, apalagi untuk perusahaan-perusahaan yang banyak beriklan. Misalnya seperti Go-Jek, di sana punya banyak copywriter sendiri, lho.

     

  3. Business writer
  4. Kebayang nggak sih kayak apa pekerjaan penulis bisnis?

    Banyak banget lho yang dikerjakan oleh business writer dan semuanya butuh kemampuan menulis yang mumpuni. Kamu akan dilibatkan untuk menulis hal-hal yang dahsyat, contohnya kayak business plan, business model, proposal proyek, laporan proyek, branding, surat, presentasi dan marketing campaign.

    Business writer itu kayak profesi untuk menjaga image perusahaan, karena dialah yang membuat dokumentasi-dokumentasi bisnis sehingga lebih resmi dibaca oleh seluruh stakeholder perusahaan.

    Pekerjaan business writer kadang bisa tumpang tindih dengan direktur komunikasi atau marketing communications specialist. Tetapi inti pekerjaan mereka sama: mempersiapkan dokumentasi bisnis dengan kesan yang lebih resmi.

    Jika copywriter ahli menulis kreatif untuk produk, business writer ahli menulis untuk kepentingan internal perusahaan. Sama seperti copywriter, gajinya fixed.

  5. Video game writer
  6. Suka main game? Suka main game yang ada ceritanya? Kalau begitu, kamu cocok bekerja di game developer sebagai video game writer; atau kadang disingkat jadi game writer saja.

    Profesi game writer ini memang tidak terlalu populer di Indonesia, tetapi seiring dengan perkembangan zaman, mulai banyak perusahaan pengembang gim yang membutuhkannya. Misalnya seperti Agate International, kini punya gim berjudul Code Atma yang sarat akan dongeng/cerita. Di balik pembuatannya, jelas ada game writer yang berjasa membuat cerita di gimnya menjadi menarik.

     

  7. Penerjemah
  8. Nah, ini juga termasuk pekerjaan menulis yang paling banyak mendatangkan uang. Sebab, yang namanya penerjemah akan selalu dibutuhkan sampai akhir masa.

    Jika kamu punya kemampuan bahasa asing, kamu bisa menawarkan jasa penerjemahan kepada orang-orang yang membutuhkan, penulis yang ingin menjual bukunya keluar negeri, atau bahkan turis.

    Meskipun banyak permintaan, tetapi kamu harus tetap perlu menguasai kemampuan menulis dan gramatika yang baik dan benar, ya.


  9. Jurnalis

Tidak ada jurnalis yang tidak menulis. Meskipun punya teknik yang berbeda dari penulis buku atau fiksi, jurnalis juga dituntut harus bisa menulis dengan baik dan benar.

Jika kamu punya minat di bidang opini media massa, riset, dan komunikasi, kamu cocok banget bekerja menjadi jurnalis. Kebanyakan jurnalis memulai dengan pekerjaan menulis seperti reporter umum. Namun, kalau sudah banyak pengalaman, kamu bisa beralih ke tema jurnalistik yang lebih spesifik, seperti olahraga, bisnis, sains, atau seni.

Nah, lumayan kan kalau yang tadinya nulis ini cuma sekedar hobi ternyata bisa jadi duit. Tapi, inget duitnya jangan dihambur-hamburkan, ketika penghasilan bertambah rekening kamu juga harusnya jadi makin gendut ya. Kamu bisa mulai mengelola duit kamu dengan mudah bareng OCBC NISP. Udah tau Nyala belum? Nyala adalah layanan perbankan buat generasi muda Indonesia yang ingin mengelola keuangan dan mengoptimalkan dana berbasis digital melalui ONe Mobile dari seluruh pelosok Indonesia.

Kamu bisa mulai dengan buka Nyala Basic, dengan saldo gabungan minimal 1 juta rupiah. Ini bisa kamu gunakan sebagai rekening sehari-hari, karena dilengkapi dengan kemudahan bertransaksi dengan One Mobile. Banyak banget kelebihan dari Nyala ini. Mulai dari kesiapan call center selama 24 jam, bisa juga dapet gratis biaya transfer online antar rekening sampai 10 kali, jadi kalau mau bayar utang ke temen lewat transfer tapi beda bank, nggak bakal deh bayar biaya admin.

 

Individu Life Series

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 18 Jun 2021

Mengenal Sistem Pembayaran Cashless Hingga Plus Minusnya

Read

Education - 18 Jun 2021

Anggaran Keuangan: Pengertian, Tujuan Hingga Tipe-Tipenya

View All