Mau Jadi Influencer Sukses? Yuk Hitung Modalnya!

1 Oct 2020 Written by:Redaksi OCBC NISP

Bagaimana menjadi influencer dan berapa modalnya

Siapa sih yang nggak mau terkenal dan didengar orang kayak influencer di media sosial? Hari gini mungkin banyak yang bercita-cita jadi influencer kayak Andovi Da Lopez dan Jovi Adhiguna. Kalau tanya ke anak-anak usia sekolah apa cita-citanya, pasti ada yang jawab entah itu Youtuber, selebgram, intinya jadi influencer yang dibayar untuk mempromosikan sesuatu.

Dalam pandangan mereka, jadi influencer itu gampang karena tinggal foto-foto aja terus dapet duit banyak. Tapi sebelum nama seseorang dikenal menjadi influencer, pasti mereka juga butuh proses dan modal. Apa saja modalnya ya?

Smartphone

Minimal gadget yang satu ini yang harus kamu punya kalau mau jadi influencer. Selain lebih mudah mengakses media sosial, kamu juga bisa melakukan editing di sini. Smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni biasanya ada di kisaran harga mulai Rp2 jutaan.  Pilih merek dan seri yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhanmu.

Kamera

Jika konten kamu tidak terlalu berfokus pada fotografi, smartphone aja cukup. Tapi kalau kamu suka fotografi atau video dan ingin hasil karya yang lebih estetik, maka kamu memang butuh kamera. Harga sebuah kamera mirrorless ada di kisaran mulai Rp5 jutaan. Sebagai alternatif, kamu bisa cari kamera DSLR atau mirrorless bekas yang lebih sesuai budget. Pastikan kondisinya masih bagus ya.

Laptop

Laptop itu bakal berguna buat kamu menyimpan tulisan, foto, dan video kamu. Proses editing juga jadi lebih mudah. Dengan spesifikasi yang standar, harga laptop berada di kisaran 3-7 juta. Tapi, kalau kamu berniat menjadi gamers seperti Reza Arap kamu harusnya beli PC bukan laptop.

Belajar Belajar dan Belajar

Kata siapa influencer cuma modal cantik sama ganteng. Banyak loh hal yang harus dipelajarin dulu sebelumnya. Dari mulai cara bikin konten, storytelling, public speaking, algoritma, dan SEO. Selain itu kamu juga harus belajar topik yang bakal kamu bahas. Misalnya kamu mau bahas finansial tapi modal kamu cuma pelajaran ekonomi waktu SMA, ya kelibas dong sama orang lain, Aden.

Sebenarnya banyak yang bahas materi-materi finansial itu secara gratis di internet, tapi jika kalau kamu butuh mentor agar pemahamannya lebih dalam dan kuat, ikutan kelas online aja. Kisaran harganya bisa dari Rp500 ribu sampai Rp1,5 juta per satu kursus.

Jadi intinya, sebelum kamu jadi influencer besar seperti Kak Jovi Adhiguna, sesuaikan aja dulu dengan budet dan kebutuhan konten kamu ya. Terus kalau udah dapet banyak endorse, jangan lupa menabung dan investasiin pendapatan kamu di produk perbankan yang layanannya pas buat anak muda. Misalnya Nyala, layanan perbankan digital yang bisa kamu akses dengan ONe Mobile, aplikasi mobile banking dari bank OCBC NISP.

Dengan Layanan Nyala, saldo kamu adalah saldo gabungan dari tabungan, deposito, giro, tabungan berjangka, dan wealth management (investasi). Dengan begitu kamu bisa mengoptimalkan pengelolaan keuangan kamu. Terus selama saldo gabungan kamu minimal Rp1 juta, kamu bisa menikmati gratis biaya transfer online dan tarik tunai masing-masing sebanyak 10x.

Oh iya, kalau kamu punya Layanan Nyala juga kamu bisa ikut gerakan #save20 biar bisa disiplin menyisihkan Rp20 ribu setiap hari. Dengan begitu, nabung buat upgrade gadget bukan impian lagi.

Gimana udah kebayang nih mau jadi influencer kayak gimana?

 

 

Individu Life Series

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Investment - 24 Jun 2021

IPO: Arti, Proses, Syarat, & Tujuan Perusahaan Mengajukannya

Read

Education, Investment - 24 Jun 2021

3 Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko, Anda yang Mana?

View All