Tips Membuat Handphone Jadi Sumber Duit

1 Oct 2020 Written by:Redaksi OCBC NISP

Disaat pandemi bagaimana mengoptimalkan handphone sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan

Di tengah pandemi yang masih belum ada kejelasan kapan akan berakhir ini, mungkin penghasilan kamu berkurang atau bahkan nggak ada sama sekali alias terkena PHK dari tempat kerjamu. Di satu sisi, kita jadi harus cari sumber penghasilan lain buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, di sisi lain pergerakan kita terbatas karena harus berada di rumah aja untuk menekan persebaran virus.

Jangan khawatir, banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan handphone yang selama ini nemenin kamu saat karantina. Daripada handphone kamu dipakai untuk melihat instastory orang lain yang pura-pura bahagia dan membuat kamu jadi julid di sosmed, mending kamu optimalkan handphone kamu supaya jadi sumber uang dengan cara-cara berikut:

  1. Jualan Online
  2. Ini adalah cara mengoptimalkan handphone kamu agar jadi sumber uang paling favorit. Dengan bermodal kamera smartphone, kamu bisa mengambil gambar dari produk jualanmu lalu disebar di platform jual beli atau di sosmed yang kamu punya. Kamu bisa pakai sistem pre-order dalam pemesanannya, jadi nggak perlu modal besar untuk menjalankan usahamu. Banyak, loh, orang kantoran yang terkena PHK dan akhirnya terbantu karena jualan online ini.

  3. Menjadi Dropshipper
  4. Tapi gimana kalau nggak punya produk sendiri? Alternatifnya adalah menjadi dropshipper. Menjadi dropshipper itu hampir tanpa modal, lagi-lagi hanya perlu handphone kamu dan kuota internet yang cukup. Caranya adalah, kamu harus mendaftar sebagai dropshipper ke distributor produk A. Kemudian kamu harus membuat tokomu sendiri untuk menjual produk A tersebut. Ketika kamu mendapatkan pelanggan, kamu harus segera menghubungi distributor produk A agar dia bisa segera mengirimkan barang ke alamat pemesan atas nama toko yang kamu miliki. Cukup praktis, kan?

  5. Jasa Titip atau Jastip
  6. Karena banyak orang kesulitan untuk keluar rumah dan membeli barang atau makanan, menjadi penyedia jasa titip atau jastip adalah solusi untuk mendapatkan penghasilan. Jastip ini juga hampir tanpa modal, lho. Kamu bisa mempromosikan suatu barang atau makanan melalui sosmed di handphone kamu, kemudian ada pembeli yang melakukan pemesanan dan mentransfer biayanya, baik membayar full maupun membayar DP terlebih dahulu, barulah kamu beli pesanannya dan antar ke tempat pemesan. Dari awal pandemi, banyak banget muncul jastip makanan untuk area lokal bahkan antarkota.

  7. Jadi Fotografer
  8. Semakin ke sini kamera smartphone menjadi semakin canggih. Tanpa harus memiliki kamera profesional dan bermodal kamera di handphone saja, kamu bisa menjadi fotografer dadakan yang juga menghasilkan. Coba deh lihat fotografer ponsel di Instagram. Foto-foto mereka nggak kalah dengan kamera profesional. Kalau kamu punya kemampuan seperti itu, kamu bisa menjual foto kamu di beberapa aplikasi seperti Twenty20, Foap, Snapwire, dll.

  9. Buzzer dan Influencer

Buzzer dan Influencer sederhananya adalah orang yang bisa mempengaruhi orang lain lewat sosial medianya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan bermodal handphone dan angka followers sosmedmu yang mencapai ribuan atau ratusan ribu bahkan lebih. Followers di sosmedmu tersebut akan membuat brand menganggapmu memiliki popularitas yang cukup untuk mempromosikan produknya melalui kamu, atau istilah kerennya adalah endorsement. Selain itu, tenaga buzzer dan influencer sering sekali dibutuhkan oleh organisasi, lembaga, atau sebuah institusi untuk mengkampanyekan sesuatu. Tentunya kamu akan mendapat sejumlah uang dari tiap foto atau video yang kamu posting yang memuat kampanye atau menampilkan produk dari brand tersebut.

Gimana? Di antara pilihan di atas, mana yang bisa kamu coba dan kamu banget?

 

Individu Korporasi Karir Nyala Syariah Tentang Kami UKM Tips & Trick

Cerita untuk inspirasi

Read

Announcement, News Update - 9 Jun 2021

Solid jobs won't sway dovish Fed

Read

Education - 9 Jun 2021

Jastip adalah Usaha Tanpa Modal, Ini Cara Memulainya agar Untung

View All