Vtuber : Modalnya Berapa, Sih?

1 Oct 2020 Written by:Redaksi OCBC NISP

Maraknya konten kreator yang divisualisakan oleh avatar animasi 2D atau 3D, gimana kalo mau jadi Vtuber?

Siapa yang pengen jadi youtuber? Ah, pasti banyaklah. Di era semua serba online kayak begini, cita-cita jadi youtuber itu bukan hal aneh.

Namun, kalo jadi vtuber, kamu pengen nggak? Eh, apa itu vtuber? Sama, sih. Youtuber juga, tapi nggak menampilkan muka aslimu, melainkan avatar animasi 2D atau 3D. Hanya suara kamu aja yang asli.

Nah, semenjak perusahaan vtuber Jepang seperti Nijisanji dan Hololive masuk ke Indonesia pada 2019 lalu, vtuber ini jadi marak banget, lho. Kenapa? Soanya para vtuber ini menampilkan karakter yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng, persis karakter anime. Buat kamu-kamu yang hobinya nonton anime dari kecil, ini bisa jadi pelarian yang mantap.

Banyak penggemar kultur pop jepang yang tiba-tiba pengen ikutan bikin vtuber juga, sekadar buat hobi atau bahkan cari duit. Namun, kalo ngomongin bikin, berapa ya kira-kira modal bikin youtuber virtual kayak begini?

Check it out, yuks!

Smartphone


Aset yang paling penting kalau mau terkenal di dunia maya adalah gadget yang bisa dibawa ke mana-mana, ya. Cuma dengan satu perangkat ini, sebenarnya kamu udah bisa melakukan banyak hal, termasuk membuat konten vtuber.

Tinggal masalah spek aja, nih. Selain ponselmu harus punya kamera yang oke dan memori yang tidak sedikit, smartphone kamu harus mendukung fitur ARCore face tracking biar bisa dipake buat menjalankan aplikasi vtubernya. Kisaran harganya ada di Rp3,5 juta - 8 juta.

Laptop/PC

Selain smartphone, laptop juga penting buat vtuber. Laptop biasanya dipakai untuk editing dan menyimpan file hasil rekaman kamu di sini. Laptop dengan spesifikasi yang direkomendasikan berada di kisaran harga Rp5 juta - 12 juta.

Kalau kamu mau pakai laptop sebagai sarana untuk membuat konten, maka minimal kamu harus punya webcam yang gambarnya sejernih hati Tom Sam Chong, minimal 1080 deh. Tenang aja, jerawat dan pori spongebob kamu nggak akan terlihat, kok. Kisaran harganya dari yang paling murah Rp200 ribu sampai Rp1 juta juga ada.

Eits, tapi jangan salah. Itu hanya berlaku kalau kamu mau bikin vtuber dengan spesifikasi minimal. Tahukah kamu bagaimana spek asli PC vtuber buatan Jepang? Menurut artikel NawalaKarsa, PC milik vtuber Inugami Korone bahkan harus menggunakan graphics card Nvidia Geforce RTX 2080 Super dan prosesor anyar Intel Core i9-9900KF supaya terlihat mulus. Dari dua parts ini saja, kalau dijumlahkan harganya bisa mencapai Rp 17-18 juta sendiri. Entah kalau full-spec berapa, mungkin bisa jatuh di kisaran Rp 25-30 juta

Aplikasi Vtuber


Setelah kita ngomongin perangkatnya, sekarang kita ngomongin aplikasinya. Menurut kamu berapa sih harga aplikasi vtuber buat merubah wajah kamu menjadi versi ‘kawaii’ 2D? Kalau tebakan kamu harganya ratusan ribu bahkan jutaan, maka kamu kurang tepat. Karena nyatanya ada loh aplikasi gratis yang banyak dipakai oleh vtuber di luar sana. Salah satunya adalah VRoid Mobile yang bisa kamu downlaod lewat playstore di android. Buat PC juga ada, kamu bisa coba Vtube Studio.

Internet

Tentu saja, tidak bisa menjadi seorang konten kreator dunia maya tanpa adanya koneksi internet yang memadai. Masa iya lagi streaming nge-lag? Kan kocak. Sebagai referensi, kamu bisa lihat ranking provider internet tercepat di Indonesia versi Steam.

Tidak usah pilih paket dengan kecepatan kayak Gundala, 30mbps juga sebenarnya sudah cukup kok buat kamu, tidak perlu sampai sedahsyat internetnya orang Jepang. Realistis sajalah untuk orang Indonesia.

Nah itu dia modal untuk menjadi vtuber. Gimana, udah tertarik belum? Kalau kamu jadi vtuber, jangan bikin avatar yang aneh-aneh ya, nanti malah kena tegur KPI. Dan harus ingat, kalau sudah terkenal dan mendapat banyak pundi-pundi kekayaan jangan lupa untuk ditabung, ya.

Namun, kalau kamu termasuk tipe yang susah buat nabung dan banyak jajan, mending buka rekening Nyala di OCBC NISP aja. Dengan begitu kamu bisa ikut Gerakan #Save20.

Kalau kamu ikut Gerakan #Save20, kamu bisa menabung dengan cara menyisihkan Rp20 ribu perhari. Nah bayangin deh tuh berapa yang bisa kamu dapatkan di kemudian hari? Ini sih udah pasti mejik banget kan.

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 18 Oct 2021

Bayar Netflix, Spotify, Grab dan Gojek Pakai Kartu Debit Online OCBC NISP

Read

Education, Special Offer - 18 Oct 2021

Ini Cara Mudah Buat Kartu Debit Online OCBC NISP

View All