Wajib tahu! Ini 5 Perbedaan Kartu Kredit dan Debit

3 Feb 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Kartu debit dan kartu kredit adalah produk-produk bank berupa kartu yang mampu mempermudah proses transaksi ketika berbelanja.

Namun, tahukah Anda jika kedua kartu tersebut berbeda? Yup, ini 7 perbedaan kartu kredit dan debit yang patut diketahui.

Perbedaan kartu kredit dan debit: Definisi kartu

Sebelum membahas lebih jauh mengenai perbedaan kartu debit dan kredit, ada baiknya bagi sobat OCBC untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu kartu kredit dan apa itu kartu debit.

Apa itu kartu kredit?

Pengertian kartu kredit menurut Peraturan Bank Indonesia pasal 1 Angka 4 peraturan Bank Indonesia Nomor 7/52/PBI/2005 Tentang Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), yaitu:

“Kartu kredit adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai di mana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban melakukan pelunasan kewajiban pembayaran tersebut pada waktu yang disepakati baik secara sekaligus (charge card) ataupun secara angsuran.”

Jadi, dalam arti lain, kartu kredit adalah alat pembayaran non tunai yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan transaksi berbelanja kebutuhan pangan, sandang, dan papan.

Namun, perlu diingat bahwa dengan menggunakan kartu kredit, bukan berarti Anda dapat melakukan transaksi secara bebas

Hal tersebut hanya akan membuat tagihan kredit melonjak. Sebab, pada akhirnya pengguna kartu harus membayar total nominal belanja dalam waktu yang telah disetujui oleh kedua belah pihak yakni pemegang kartu dan pihak bank.

Apa itu kartu debit?

Meski keduanya merupakan alat pembayaran non tunai. Namun antara kartu debit dan kartu kredit memiliki perbedaan.

Jika kartu kredit merupakan alat pembayaran non tunai, di mana pihak bank akan membayar transaksi awal yang dilakukan oleh nasabah, maka kartu debit adalah alat pembayaran modern yang dapat membantu Anda menyelesaikan transaksi dengan cara memotong saldo dari rekening tabungan sendiri. Sehingga, pemegang kartu debit tidak dibebankan oleh pelunasan tagihan akhir.

Sobat OCBC lebih tertarik yang mana? Debit atau kredit? Apapun pilihannya, tetaplah bijak dalam pemakaiannya, ya!

Perbedaan kartu kredit dan debit: Syarat pembuatan kartu

Perbedaan kartu debit dan kredit yang selanjutnya terletak pada syarat-syarat pembuatannya. Sebetulnya, kedua produk berikut memiliki tata cara pembuatan yang mudah dan simpel, hanya saja syarat membuat kartu kredit lebih ketat dibandingkan dengan syarat membuat kartu debit.

Penasaran apa saja perbedaan kartu debit dan kredit dari segi syarat pembuatan? Ini dia daftarnya.

Syarat membuat kartu kredit

Berikut beberapa syarat pembuatan credit card yang harus dipenuhi:

  1. Riwayat keuangan yang stabil dan aman.
  2. Memiliki KTP dan NPWP.
  3. Minimal berusia 21 tahun dengan penghasilan bersih 3 juta rupiah per bulan.

Syarat membuat kartu debit

Di bawah ada 3 syarat utama dalam pembuatan kartu debit:

  1. Berusia minimal 17 tahun.
  2. Memiliki KTP atau tAnda pengenal lainnya.
  3. Bersedia membayar setoran awal.

Perbedaan kartu kredit dan debit: Manfaat kartu

Sebagai produk bank, kartu kredit dan kartu debit tentu memiliki manfaat khususnya bagi para nasabah atau pemakainya. Akan tetapi, manfaat yang diberikan oleh kartu debit berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Manfaat kartu kredit

  1. Bisa dimanfaatkan sebagai pinjaman dikala kondisi keuangan seret.
  2. Seperti yang telah diketahui bersama, credit card adalah sebuah alat pembayaran dengan sistem transaksi di mana bank akan membayar tagihan Anda terlebih dahulu.

    Hal tersebut menjadikan credit card sebagai alternatif pinjaman dana paling efektif. Bahkan jika pengguna melunasi total pinjaman sebelum jatuh tempo maka ia pun tak akan dibebani oleh tanggungan bunga.

    Jadi, bisa dikatakan bahwa credit card lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan jenis pinjaman lain seperti pinjaman online.

  3. Banyak promo, hadiah cashback, serta cicilan hingga 0% yang bisa didapat.
  4. Manfaat kartu kredit yang selanjutnya adalah Anda bisa mendapatkan banyak promo, cashback, hingga cicilan 0%.

    Penawaran seperti itu tentunya mampu membuat penggunanya lebih untung dan berhemat.

  5. Bisa digunakan untuk tarik tunai di beberapa bank lokal maupun internasional.
  6. Karena telah bermitra dengan Visa dan Mastercard, maka credit card dapat digunakan dalam aktivitas tarik tunai baik pada bank lokal maupun internasional.

  7. Dapat dijadikan syarat pengajuan KTA.
  8. Nah, apabila Anda berencana untuk meminjam dana lebih dari limit credit card, langsung saja ajukan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan). Sayangnya, proses pengajuan pinjaman KTA tidak semudah yang dibayangkan.

    Namun, hal tersebut akan menjadi lebih mudah dan cepat apabila Anda merupakan pengguna credit card. Terlebih jika Anda selalu melunasi tagihan tepat waktu.

Manfaat kartu debit

  1. Pengguna tidak dibebankan bunga
  2. Pemakaian debit card untuk transaksi tidak dikenakan beban bunga sepeserpun karena pemotongan dananya berasal dari rekening tabungan Anda.

    Hal tersebut menjadikan credit card sebagai alternatif pinjaman dana paling efektif. Bahkan jika pengguna melunasi total pinjaman sebelum jatuh tempo maka ia pun tak akan dibebani oleh tanggungan bunga.

    Jadi, bisa dikatakan bahwa credit card lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan jenis pinjaman lain seperti pinjaman online.

  3. Pembayaran yang dapat diterima di seluruh dunia
  4. Jika Anda pemilik debit card bertipe regional atau internasional, maka benda kecil tersebut dapat dimanfaatkan sebagai alat pembayaran hampir di seluruh dunia. Jadi, Anda tak perlu khawatir apabila hendak membeli sesuatu dari luar negeri. Seru, bukan?

  5. Bebas dari hutang piutang
  6. Seperti yang sudah dijelaskan, debit card akan dipotong secara otomatis ketika Anda melakukan transaksi menggunakan kartu tersebut. Sehingga, tak ada tagihan, utang, maupun beban yang harus dibayarkan di akhir bulan.

Nah, jika dilihat dari perbedaan kartu debit dan kredit di atas, kira-kira manakah yang akan sobat OCBC pilih?

Perbedaan kartu kredit dan debit: Biaya yang harus dibayarkan

Perbedaan kartu debit dan kredit yang selanjutnya terlihat dari jumlah biaya yang harus dibayarkan. Umumnya kartu kredit memiliki beberapa biaya tambahan lebih banyak dibandingkan dengan kartu debit. Benarkah begitu? Berikut faktanya.

Biaya yang harus dibayarkan kartu kredit

  1. Biaya Penarikan Tunai
  2. Biaya Keterlambatan Pembayaran (Late Charge)
  3. Biaya Melebihi Batas Limit (Over Limit)
  4. Biaya Penggantian Kartu Rusak atau Hilang
  5. Biaya Materai
  6. Biaya Transfer

Biaya yang harus dibayarkan kartu debit

  1. Biaya Setoran Awal
  2. Biaya Penarikan Tunai
  3. Biaya Transfer Ke Bank Lain
  4. Biaya Administrasi
  5. Biaya Penggantian Kartu Rusak atau Hilang
  6. Biaya Penutupan

Perbedaan kartu kredit dan debit: Fisik kartu

Rupanya, dari segi fisik pun kartu kredit dan debit berbeda. Perbedaan kartu debit dan kredit tersebut dapat terlihat dari adanya nama pemilik di bagian depan credit card. Berikut beberapa perbedaan lainnya.

Fisik kartu kredit

  1. Logo Kelas Kartu Kredit (Gold, Silver, Platinum)
  2. CVV
  3. Member Date
  4. Tanggal kadaluarsa
  5. Logo Jaringan Kartu Kredit (Visa, Mastercard, JCB)
  6. Magnetic Stripe
  7. Chip
  8. Hologram

Fisik kartu debit

  1. Logo Jaringan Kartu Debit (GPN, Visa, Mastercard)
  2. CVV
  3. Chip
  4. Magnetic Stripe
  5. Tanggal kadaluarsa
  6. Hologram

Perbedaan kartu kredit dan debit, pilih yang mana?

Nah setelah mengetahui perbedaan kartu debit dan kartu kredit, manakah yang menjadi pilihan Anda? Sebenarnya, pemilihan credit card atau debit card tergantung dari kebutuhan masing-masing.

Bahkan tak ada salahnya bagi Anda untuk memiliki keduanya sehingga fungsi dari masing-masing kartu bisa dimanfaatkan secara optimal.

Contohnya yakni apabila hendak membeli barang dengan harga tinggi, gunakanlah credit card karena tak jarang ditemui promo kartu kredit menarik berupa cashback hingga 50%.

Sedangkan, kartu debit dapat dipakai ketika Anda melakukan transaksi dengan nominal yang tergolong rendah seperti ketika berbelanja bulanan.


Bagaimana, sobat OCBC? Sudahkah Anda paham mengenai perbedaan kartu kredit dan debit? Jika dilihat sepintas, credit card dan debit card memang merupakan produk bank yang hampir sama, terlebih dari tampilan fisiknya. Faktanya, kedua kartu memiliki fungsinya masing-masing. Jadi, tertarik untuk membuat yang mana?

Individu Daily Update

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 17 Jun 2021

Cara Daftar Merek Dagang Online & Offline Terbaru 2021

Read

Education - 17 Jun 2021

Apa Itu Sociopreneur? Ini Contoh, Manfaat, & Tips Memulainya

View All