8 Ide Bisnis Online Tanpa Modal & Cara Memulainya

5 Feb 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Sobat OCBC NISP, apakah Anda tengah berencana untuk memulai bisnis online namun masih bingung dengan modalnya?

Jangan khawatir! Sebab, sekarang telah tersedia berbagai peluang bisnis online tanpa modal yang dapat dirintis dengan mudah, cepat, dan menjanjikan.

Bisnis online adalah penjualan sebuah produk maupun jasa berbasis internet. Karena memanfaatkan gadget (gawai) dalam melakukan aktivitas jual belinya, maka dapat dikatakan bahwa usaha online lebih memberi keuntungan dibandingkan bisnis konvensional.

Keuntungan tersebut mencakup penghematan waktu, menjangkau pasaran luas, hingga menghemat pengeluaran untuk biaya sewa tempat. Menarik, bukan?

Oleh karena itu, OCBC NISP kali ini akan membahas tuntas seputar ide bisnis online tanpa modal serta tips jitu dan cara memulainya. Jadi, jangan sampai terlewatkan, ya!

8 Ide Bisnis Online Tanpa Modal

Berikut macam-macam peluang bisnis online tanpa modal yang bisa Anda pilih demi memperoleh pemasukan tambahan. Agar lebih membuahkan hasil, ajaklah kerabat terdekat untuk memulainya bersama.

  1. Menjadi dropshipper atau reseller
  2. Ide usaha online tanpa modal yang pertama yakni dengan menjadi dropshipper atau reseller. Dropshipper dan reseller adalah salah satu usaha online yang tak membutuhkan modal sepeserpun.

    Anda hanya butuh menyiapkan gawai serta koneksi internet agar aktivitas penjualan bisa berjalan lancar.

    Cara kerjanya yakni, Anda sebagai dropshipper atau reseller akan memasarkan secara online produk yang dijual oleh supplier melalui akun jualan pribadi. Pastikan harga barang yang dipasarkan sudah termasuk keuntungannya.

    Selanjutnya, apabila terdapat pembeli yang tertarik, maka ia harus mengirim uangnya ke rekening Anda. Selanjutnya, Anda harus mentransfer uang tersebut sesuai harga jual supplier dan memintanya untuk mengirim barang ke alamat pembeli.

    Dengan begitu, Anda pun sudah bisa memperoleh laba tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Mudah, bukan?

  3. Membuka kursus online
  4. Nah, apabila sobat OCBC NISP memiliki keahlian tertentu, maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan.

    Bagaimana caranya? Cara bisnis online tanpa menyiapkan modal satu ini cukup mudah. Anda hanya perlu memasang poster secara online berisikan informasi mengenai jasa yang hendak ditawarkan.

    Contohnya yaitu, jika Anda seorang guru Bahasa Inggris, maka buka saja pelatihan Bahasa Inggris secara online. Tetapkan durasi kursus dan harga yang sesuai hingga promo menarik agar mampu menarik minat pelanggan.

  5. Menjadi freelance writer
  6. Apakah Anda seorang penulis? Atau hanya sekadar memiliki hobi menulis? Bakat tersebut dapat dimanfaatkan, lho!

    Daftarkan saja diri sebagai freelance writer atau membuka jasa penulisan secara online. Bayangkan melakukan aktivitas favorit dan di bayar, siapa yang menolak jika begini?

  7. Membuka jasa penerjemah
  8. Selain membuka kursus online, keahlian berbahasa asing juga bisa dimanfaatkan untuk menambah pemasukan dengan membuka jasa penerjemah.

    Usaha sampingan tanpa modal berikut tentunya laris di pasaran, terutama kalangan mahasiswa. Sebab mahasiswa umumnya akan menggunakan jasa penerjemah untuk menerjemahkan jurnal-jurnal bahasa asing ke Bahasa Indonesia maupun sebaliknya.

    Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasarkan jasa ini melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

  9. Membuka jasa titip (jastip)
  10. Membuka jastip (jasa titip) adalah salah satu dari banyaknya usaha online yang mudah dilakukan. Rajin-rajinlah mengecek promo atau diskon di swalayan dan tawarkan jastip pada teman-teman di media sosial Anda.

  11. Menjadi youtuber
  12. Youtube bukan lagi sebuah platform untuk hiburan semata, namun juga menjadi salah satu platform dalam mencari informasi.

    Momen ini wajib Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis online. Caranya bagaimana? Yup, apalagi kalau bukan menjadi youtuber. Youtuber adalah sebutan bagi para pembuat konten di Youtube.

    Tak main-main, pendapatan yang didapatkan dari youtube bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

  13. Menawarkan jasa desain
  14. Apakah Anda memiliki keahlian dalam mendesain? Jika iya, maka jadikan saja keahlian tersebut menjadi sumber profit. Jasa desain tersebut mencakup desain kartu undangan maupun desain poster.

  15. Menjadi blogger
  16. Ide usaha online tanpa modal yang selanjutnya adalah menjadi blogger. Siapa sangka dengan rutin menulis sesuatu di blog bisa menghasilkan cuan? Yup, Anda bisa menuangkan ide-ide menarik hingga memberi review terhadap suatu produk untuk menarik minat pembaca.

    Semakin banyak pengunjung yang membaca tulisan Anda di blog, maka semakin tinggi pula penghasilan yang bisa didapatkan. Darimanakah penghasilan tersebut diperoleh? Tentunya dari adsense. Jadi, jangan lupa mengaktifkan fitur tersebut, ya!

5 Cara Bisnis Online Tanpa Modal bagi Pemula

Setelah mengetahui beberapa peluang usaha online tanpa modal, sekarang saatnya Anda mengenal cara memulai bisnis online bagi pemula. Pastikan Anda telah menerapkan tips-tips di bawah ini, ya!

  1. Melakukan riset terhadap target pembeli
  2. Cara memulai bisnis online tanpa modal yang pertama adalah melakukan riset terhadap target pembeli. Apabila sasaran jualan Anda merupakan perempuan generasi muda, maka produk yang bisa dipasarkan antara lain baju, sepatu, ataupun tas-tas kekinian

    Dengan melakukan riset pembeli, maka Anda pun juga bisa tahu platform apa saja yang bisa digunakan dalam aktivitas jual belinya. Di mana mumnya anak muda lebih sering menggunakan media sosial seperti Twitter dan Instagram.

  3. Membandingkan harga produk/jasa di pasaran
  4. Cara usaha online tanpa modal selanjutnya adalah membandingkan harga produk/jasa yang telah beredar di pasaran. Pastikan harga produk/jasa Anda lebih terjangkau dan berkualitas. Sehingga pembeli tertarik untuk membelinya.

  5. Manfaatkan media sosial secara optimal untuk pemasaran
  6. Memanfaatkan media sosial adalah salah satu tips bisnis online yang paling manjur. Melalui platform tersebut, Anda berkesempatan untuk menjangkau area pemasaran lebih luas. Contohnya yakni Anda bisa menjual produk/jasa kepada pembeli di luar kota hingga beda pulau.

  7. Konsisten
  8. Konsistensi sangat dibutuhkan ketika menjalankan sebuah usaha, tak terkecuali usaha berbasis internet. Rutinlah memasarkan produk/jasa dan pastikan barang-barang tersebut merupakan model terbaru.

  9. Berikan promo menarik
  10. Tips bisnis online yang terakhir adalah memberikan promo menarik pada pembeli. Promo berupa diskon atau give away dijamin mampu menarik perhatian calon pelanggan.


Itulah informasi mengenai peluang bisnis online tanpa modal yang patut Anda ketahui. Jika sobat OCBC NISP berencana untuk merintis usaha berikut, jangan lupa untuk mengikuti 5 cara bisnis online di atas, ya! Selamat berbisnis!

Individu UKM Daily Update

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 23 Jun 2021

Mengenal Aktiva, Pengertian, Sifat, Jenis-Jenis, & Contohnya

Read

Education - 23 Jun 2021

10 Hobi yang Menghasilkan Uang dan Menjamin Kesuksesan

View All