4 Cara Buka Usaha Mandiri Bermodal Kecil, Menjanjikan!

8 Feb 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Kehilangan pekerjaan saat pandemi? Tak perlu khawatir, sobat OCBC. Sebab, bisa jadi ini kesempatan Anda untuk buka usaha mandiri bermodal kecil yang menjanjikan.

Dalam masa krisis seperti saat ini, rencana sobat OCBC untuk buka usaha di tengah pandemi mungkin terasa mustahil. Namun, nyatanya banyak kawan-kawan yang berhasil membuka dan mengembangkan usaha atau bisnis baru.

Apapun model usaha yang akan dikembangkan sobat OCBC, ada cara-cara dasar dan mudah yang dapat dilakukan untuk buka usaha mandiri modal kecil. Yuk, intip gimana caranya!

Buka usaha mandiri di tengah pandemi? Apa menguntungkan?

Seluruh tujuan bisnis, baik itu buka usaha mandiri online maupun offline, adalah mendapatkan keuntungan. Pertanyaannya, apakah memang menguntungkan? Jawabannya adalah iya. Walaupun dunia mengalami pandemi, bukan berarti seluruh bisnis telah mati. Setidaknya, ada tiga kunci yang dapat membuat usaha apapun masih menguntungkan di masa pandemi.

  1. Adaptasi
  2. Sobat OCBC, kemampuan adaptasi yang cakap dapat membawa siapapun bertahan dalam kondisi apapun. Kebanyakan bisnis yang sekarat atau mati selama masa pandemi umumnya karena kesulitan dalam beradaptasi dengan kondisi baru.

    Contohnya, sektor pariwisata yang terkena dampak cukup besar, harus memutar otak untuk tetap mendapatkan keuntungan dan bertahan.

    Para pemilik perusahaan memberikan harga hotel dan tiket yang lebih miring dari biasanya, mengatur gaji karyawan, mengelola jadwal masuk karyawan agar setiap orang tetap sehat dan produktif, serta berbagai cara lain yang dapat dimanfaatkan untuk melewati masa krisis.

    Bagaimana dengan sobat OCBC yang hendak buka usaha mandiri? Prinsipnya sama, yaitu meningkatkan kemampuan dan beradaptasi dengan kondisi yang dihadapi. Sebab, di balik setiap krisis, pasti ada peluang yang dapat dimanfaatkan serta dikembangkan.

  3. Internet
  4. Pandemi menggeser banyak model usaha menjadi berbasis internet atau online. Buka usaha mandiri secara online menjadi pilihan tepat jika dihadapkan dengan permintaan pasar yang mencari produk maupun jasa lewat internet.

    Contohnya, jika sobat OCBC ingin buka usaha modal kecil dalam dunia kuliner, Anda dapat menjualnya melalui internet menggunakan aplikasi ojol (ojek online). Mulai dari pemilihan menu, pembayaran, hingga pengiriman produk dari penjual ke pembeli.

  5. Teknologi
  6. Bukan hanya internet, teknologi apapun yang dapat dimiliki sebaiknya juga dimanfaatkan dengan optimal. Masih dalam bisnis kuliner, jika Anda memiliki kamera, di samping menjual makanan, manfaatkanlah kamera untuk membuat vlog dan membagikan resep-resep baru yang pernah dicoba.

    Jika mendapatkan respon yang memuaskan, resep-resep baru ini juga dapat ditambahkan ke dalam menu dan dijual secara massal.

Dengan beradaptasi, membuat model bisnis berbasis internet, dan mengoptimalkan teknologi yang dimiliki, keuntungan akan ada dalam genggaman.

Menentukan Tujuan Sebelum Berjalan

Generasi Z acap kali membuka usaha tanpa melihat arah mana yang mereka tuju. Asalkan itu menguntungkan dan sedang trending, mereka akan menceburkan diri tanpa pikir panjang. Jika beruntung, mungkin generasi Z mampu memperoleh pendapatan yang besar. Tapi, apakah itu akan bertahan?

Ketika proses buka bisnis mandiri, menentukan tujuan bisnis bukan sekadar di atas kertas. Tujuan bisnis adalah visi jangka panjang yang perlu digapai. Sebab, dengan menatap tujuan jangka panjang, Anda dapat menentukan langkah-langkah kecil yang perlu dilalui untuk mencapai ke sana.

Bisnis juga tidak hanya akan bertahan dalam hitungan minggu atau bulan saja, tapi tetap sustained atau berkelanjutan. Oleh karena itu, sebelum melangkah, tentukan arah dan tujuan bisnis yang akan dituju.

Buka Usaha Modal Kecil? Siapa Takut!

Modal memang salah satu variabel signifikan dalam menjalankan sebuah usaha, tapi bukan berarti modal adalah segalanya. Modal adalah apa yang dimiliki sobat OCBC saat memulai, baik itu modal dana, keahlian, jejaring sosial, infrastruktur, dan berbagai hal lain yang dapat dimanfaatkan dalam membuka usaha baru.

Bagaimana jika modal yang dimiliki kecil? Tips buka usaha mandiri yang dapat Anda jalankan adalah memanfaatkan free resource atau sumber daya cuma-cuma.

Contohnya—masih dalam bidang kuliner—promosi adalah salah satu tahapan bisnis yang memakan waktu lama dan biaya tidak kecil. Dengan modal kecil, bukan berarti Anda tidak mampu mempromosikan makanan yang dijual.

Memanfaatkan media sosial yang populer seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan TikTok sebagai medium promosi dapat menjadi salah satu opsi untuk menekan biaya dan mengalokasikan anggaran ke sektor yang lebih mendesak.

dari bank atau menggunakan cara yang lebih beresiko tinggi.

4 Cara Buka Usaha Online di Tengah Pandemi

Ada 4 cara yang dapat Anda aplikasikan ketika hendak buka usaha modal kecil secara mandiri, antara lain:

  1. Menemukan peluang usaha
  2. Salah satu contoh yang menarik dibahas dalam menemukan peluang buka usaha modal kecil adalah konsultasi fotografi. Di masa awal pandemi, sekitar bulan Februari-April 2020, ada beberapa fotografer yang menawarkan diri sebagai konsultan fotografer secara online.

    Dengan kondisi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), para klien yang ingin mendapatkan jepretan kece di rumah dapat menyewa jasa mereka, dan fotografer akan memberikan saran-saran seputar sudut pengambilan gambar, pencahayaan, tempat, dan berbagai faktor lain agar foto tampak estetik.

    Kuncinya adalah mengamati apapun yang ada di sekitar sobat dan mampu memanfaatkannya.

  3. Menemukan ceruk pasar yang relevan
  4. Peluang sudah ada, maka cara buka usaha modal kecil selanjutnya adalah mencari target pasar yang sesuai dengan bisnis yang dibangun.

    Contoh sederhananya, orang yang tak memiliki gigi tidak akan membeli makanan yang keras. Mereka akan mencari makanan yang mudah ditelan. Jadi, perlu ada keselarasan antara produk atau jasa yang dipromosikan dengan pembeli.

    Untungnya, dengan media sosial, Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur insight atau analisis pasar tanpa harus membayar terlalu mahal. Maksimalkan internet dan teknologi di sekitar.

  5. Menghitung kekuatan dan kekurangan yang dimiliki
  6. Bukan hanya modal dana, tapi juga kemampuan yang dimiliki, sumber daya manusia yang dikelola, mitra bisnis yang dipunya, dan berbagai aspek lain perlu ditetapkan sebagai kekuatan atau kekurangan.

    Dari kedua hal tersebut, Anda dapat menentukan strategi mana yang efektif dan efisien.

  7. Beraksi dalam kompetisi
  8. Siap beraksi dalam kompetisi adalah cara buka usaha tanpa modal yang terakhir. Memulai usaha adalah langkah positif untuk mengatasi masalah keuangan di tengah pandemi. Namun, bukan satu-dua orang saja yang memikirkan hal tersebut.

    Di tengah pandemi, kompetisi tetap berjalan tanpa henti. Menjalankan strategi bisnis dan terus mengevaluasi kinerja secara berkala bukan hal yang dapat ditawar. Jadilah proaktif, bukan sekadar reaktif.

Buka usaha modal kecil secara mandiri dalam kondisi pandemi tetap menguntungkan, asalkan mampu beradaptasi, berbasis internet, dan menggunakan teknologi yang dimiliki. Di samping itu, tentukan tujuan dan kalkulasi modal dengan teliti.

Terakhir, temukan peluang usaha dan ceruk pasar yang relevan, perhitungkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam membangun bisnis, serta tetap proaktif dalam kompetisi yang dihadapi. Selamat membuka usaha!

Individu Daily Update

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Investment - 22 Jun 2021

Biaya Pendidikan Anak dengan SBR010

Read

Education - 22 Jun 2021

Piutang: Pengertian, Jenis, Ciri, & Bedanya dengan Hutang

View All