Apa itu Rekening Koran? Kenali Pengertian dan Fungsinya

10 Feb 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Rekening koran adalah sebuah dokumen yang berisi riwayat transaksi keuangan dari suatu rekening.

Di mana itu artinya seluruh aktivitas nasabah tercatat secara rinci di dalamnya baik saat ia mengirim maupun menerima dana.

Cetak rekening koran umumnya hanya bisa dilakukan di bank karena termasuk ke dalam arsip penting terutama bagi nasabah itu sendiri.

Nah, selain berguna sebagai laporan keuangan, rekening koran juga memiliki fungsi lain seperti dijadikan salah satu syarat ketika hendak mengajukan pinjaman di bank.

Akan tetapi, bagaimana cara mendapatkan rekening berjenis koran tersebut? Adakah syarat-syarat tertentu dalam pengajuannya? Yuk cari jawabannya di bawah ini.

Apa itu rekening koran?

Sebelum membahas topik ini lebih jauh, ada baiknya bagi sobat OCBC NISP untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan rekening koran.

Istilah rekening koran berasal dari Bahasa Belanda yaitu courant. Jika dalam Bahasa Inggris, rekening ini disebut juga dengan courant account.

Lantas, dalam Bahasa Indonesia pengertian rekening koran adalah dokumen dari bank yang berisikan informasi secara menyeluruh berupa aktivitas keuangan suatu rekening mulai dari saldo awal dan akhir bulan, transaksi yang dilakukan menggunakan debit maupun kredit hingga transfer antar nasabah.

Cetak rekening koran biasanya dilakukan oleh bank ketika nasabah mengajukannya. Namun, ada pula bank tertentu yang rutin mengirimkan data keuangan tersebut kepada nasabahnya setiap bulan.

Seiring berkembangnya teknologi pada dunia perbankan, riwayat transaksi seperti berikut bisa dicek melalui mobile banking ataupun internet banking pada fitur mutasi rekening. Meskipun begitu, mutasi rekening tak bisa menggantikan posisi courant account.

Mengapa? Sebab, informasi yang tercakup dalam mutasi rekening hanyalah history transfer masuk dan keluar. Selain itu, waktu pengecekan mutasi pun sangat terbatas mulai dari 7 sampai 30 hari. Apabila nasabah ingin melihat riwayat yang terdahulu, maka ia harus tetap mencetak rekening korannya di bank.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa data yang disajikan courant account lebih lengkap dan detail daripada mutasi rekening. Bahkan karena hal tersebut, dokumen ini memiliki fungsi penting bagi nasabah. Apa saja itu? Cek ulasannya di sini.

Manfaat dan fungsi rekening koran bagi nasabah

Tak hanya sebagai catatan transaksi suatu rekening, courant account juga memiliki peran lain yang tentunya bermanfaat bagi nasabah. Berikut daftarnya.

  1. Sebagai laporan keuangan
  2. Tadi telah dijelaskan bahwa rekening jenis koran atau courant account meringkas seluruh aktivitas rekening terkait dalam kurun waktu tertentu.

    Di mana dokumen tersebut mencakup data-data seperti saldo awal hingga akhir bulan, arus transaksi debit dan kredit, penerimaan maupun pengiriman dana, biaya administrasi, bunga bank, serta waktunya secara rinci.

    Informasi-informasi tadi bisa dijadikan sebagai laporan keuangan baik bagi nasabah pribadi, dari bank kepada nasabah, maupun laporan internal untuk bank itu sendiri (rekonsiliasi bank).

    Jadi, sobat OCBC NISP pun tak perlu khawatir lagi apabila menemui hal-hal mencurigakan pada rekening Anda. Sebab, Anda dapat mengeceknya melalui courant account.

  3. Sebagai bukti hukum
  4. Nah, apabila benar-benar ditemukan transaksi asing yang tak pernah dilakukan sebelumnya, Anda bisa mencetak courant account dan menjadikannya sebagai bukti hukum.

    Contoh kasus lainnya yakni ketika Anda telah mengirimkan sejumlah uang kepada pihak lain, namun pihak tersebut mengaku tidak menerima sepeserpun. Langsung saja cetak dokumen ini dan manfaatkan sebagai bukti saat mengajukan laporan.

  5. Untuk mengajukan visa
  6. Ketika Anda hendak bepergian ke luar negeri, tentunya sobat OCBC NISP memerlukan visa sebagai salah satu syaratnya.

    Saat melakukan pengajuan visa, petugas akan meminta pengaju untuk menunjukan rekening korannya sebagai bukti bahwa ia memiliki dana yang cukup selama berada di luar negeri.

  7. Syarat pengajuan KPR
  8. Tahukah Anda bahwa rekening yang berasal dari Bahasa Belanda berikut menjadi salah satu syarat pengajuan KPR? Yup, beberapa dokumen penting lainnya yaitu KTP, KK, NPWP, slip gaji, dan surat keterangan kerja.

  9. Untuk mengajukan pinjaman
  10. Courant account juga dibutuhkan saat Anda mengajukan pinjaman di bank. Dari dokumen tersebut bank dapat menganalisis apakah pengaju kira-kira bisa membayar cicilan kedepannya atau tidak.

  11. Mengikuti lelang
  12. Apakah sobat OCBC NISP sering mengikuti kegiatan lelang? Jika iya, maka tentunya Anda telah mengetahui bahwa courant account berperan penting dalam aktivitas ini. Di mana courant account berfungsi sebagai bukti bahwa Anda memiliki dana sebesar harga lelang.

  13. Rekapan keuangan perusahaan
  14. Tak hanya bagi nasabah secara personal, rekening jenis koran berikut juga bermanfaat bagi perusahaan terutama saat aktivitas audit. Laporan ini menjadi rekapan keuangan untuk mengecek arus keluar dan masuk dana.

Cara pengajuan rekening koran

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, lantas, bagaimana cara pengajuan rekening jenis koran tersebut? Cara pengajuannya terbilang mudah. Langsung saja datangi kantor cabang bank terdekat dan menyampaikan tujuan pencetakan courant account pada teller.

Namun sebelum itu, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Antara lain:

  1. Membawa buku rekening tabungan asli bukan hasil fotocopy.
  2. Membawa KTP dan fotocopynya.
  3. Membawa kartu debit.
  4. Membayar biaya cetak rekening koran. Biaya ini berbeda-beda di setiap bank, namun umumnya mulai dari 2.500 rupiah per lembar.

Nah, setelah memenuhi semua syaratnya, teller pun akan mencetakkan laporan tersebut hanya dalam hitungan jam atau menit. Sangat cepat dan mudah, bukan?

Akan tetapi, telah banyak pula bank yang menyediakan layanan cetak rekening koran secara online. Sayangnya, setelah itu nasabah tetap perlu membawa dokumen tersebut ke bank terkait untuk mendapatkan cap atau legalisir.

Kapan harus mengajukan rekening koran?

Rekening bernama koran ini dapat diajukan kapanpun Anda membutuhkannya. Langsung saja datang ke kantor cabang bank terdekat, ya!


Itulah tadi informasi lengkap mengenai rekening koran serta manfaat dan cara pengajuannya. Dokumen berisi riwayat transaksi berikut sangat penting bagi nasabah sebab bisa dijadikan sebagai laporan keuangan hingga bukti hukum.

Individu Daily Update

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 18 Jun 2021

Mengenal Sistem Pembayaran Cashless Hingga Plus Minusnya

Read

Education - 18 Jun 2021

Anggaran Keuangan: Pengertian, Tujuan Hingga Tipe-Tipenya

View All