Jangan Buang Sampahmu! Tips Berhemat dengan Barang-Barang Bekas

24 Feb 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Jangan dulu dibuang, sampah-sampah tersebut bisa kamu olah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bahkan bisa menghasilkan cuan.

Selama masa pandemi, kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Bekerja, sekolah, bahkan kegiatan jajan dan ngopi pun kita lakukan di dalam rumah. Dua hal terakhir yang disebutkan membuat rumah kita jadi memiliki sampah bekas makanan dan minuman yang jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya. Tapi jangan dulu dibuang, sampah-sampah tersebut bisa kamu olah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bahkan bisa menghasilkan cuan.

  1. Tempat Lampu
  2. Salah satu sampah yang banyak kita dapat setelah jajan makanan adalah sendok plastik. Mungkin sendok tersebut bisa kamu cuci dan kamu pakai lagi. Tapi kamu juga bisa berkreasi membuat tempat lampu menggunakan sendok tersebut. Sediakan beberapa sendok plastik bekas dan juga botol air mineral kemasan 1 liter. Potong bagian gagang sendok kemudian rekatkan dengan lem pada badan botol. Lalu masukan lampu melalui lubang di atasnya. Selain bentuknya unik, lampu tersebut sangat cocok menjadi lampu tidur karena cahayanya yang remang-remang. Kamu juga bisa membuka jasa membuat tempat lampu tersebut dengan mendapat imbalan untuk jasa membuatnya, atau memproduksinya untuk dijual.

  3. Taman Gantung
  4. Kalau sampah yang banyak terdapat di rumahmu adalah botol minuman ringan, kamu bisa memanfaatkannya menjadi taman gantung. Manfaatkanlah botol tersebut untuk menanam berbagai macam tumbuhan dan menggantungnya di rumah kamu. Kalau rumah kamu terlalu sempit, kamu bisa pergunakan tembok untuk menggantung tanaman mu.

  5. Mozaik
  6. Salah satu hal yang bisa membuat kamu betah di kamar adalah dengan menghias kamar agar memiliki suasana yang berbeda. Kamu bisa pergunakan bagian dasar botol plastik minuman untuk dijadikan mozaik yang menghiasi kamar mu.

  7. Tempat Aksesoris
  8. Bagi para wanita yang memiliki banyak aksesoris, terkadang kita suka ceroboh dalam menaruhnya di sembarang tempat sehingga kita kebingungan ketika akan memakainya kembali. Kamu bisa memanfaatkan botol minuman bekas untuk membuat tempat aksesoris. Potong bagian bawah botol plastik bekas kemudian haluskan pinggirnya memakai amplas. Pilih botol dengan warna yang menarik agar terlihat cantik.

  9. Keranjang Sampah
  10. Daripada membuat tempat makanan dan minuman bekas menjadi sampah, lebih baik menjadikannya tempat sampah. Cara daur ulang sampah botol plastik tidak hanya memanfaatkan beberapa bagiannya saja, tapi seluruh bagian botol plastik bekas juga bisa bermanfaat. Botol bekas disusun lalu dibentuk sebagai tempat sampah yang berwarna-warni. Cara membuat kerajinan botol plastik untuk tempat sampah ini cukup mudah, kamu hanya memerlukan banyak botol bekas serta lem perekat untuk menyusun semua tutup botol menjadi tempat sampah.

Terlalu banyak sampah memang membuat kondisi rumah menjadi kurang nyaman. Tapi bila kita bisa memanfaatkannya untuk membuat hiasan untuk mempercantik rumah, atau hiasan yang bernilai ekonomis, banyaknya sampah bukanlah masalah.

Individu Life Series

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 18 Jun 2021

Mengenal Sistem Pembayaran Cashless Hingga Plus Minusnya

Read

Education - 18 Jun 2021

Anggaran Keuangan: Pengertian, Tujuan Hingga Tipe-Tipenya

View All