Jangan Boros Beli Skincare, Ini Tips Pemakaiannya Supaya Optimal

26 Feb 2021 Written by:Redaksi OCBC NISP

Cara untuk mengoptimalkan pemakaian skincare, supaya nggak menguras budget bulanan

Jika ada tren yang terlihat pada masyarakat dalam kurun waktu dua atau tiga tahun belakangan adalah semakin banyak brand dan juga komunitas skincare. Banyaknya konten transformasi glow up yang tersebar di TikTok dan Instagram menjadi bukti akan menggebu-gebunya keinginan orang-orang untuk menjadi versi terbaik dari dirinya. Semakin larisnya produk-produk perawatan wajah di marketplace pun memvalidasi fenomena ini.

Selain itu, masyarakat juga semakin sadar bahwa skincare ini genderless. Sehingga banyak kaum-kaum pria yang kini juga mulai merawat wajah dengan produk-produk skincare terbaik. So, it’s really a good trend.

Kalo ngomongin jenisnya, skincare sendiri memang punya banyak tipe, mulai dari facial wash, toner, exfoliating toner, essence, serum, eye cream, moisturizer, sunscreen, dan masih banyak lagi. Buat yang masih pemula dan baru belajar untuk memakai skincare, banyaknya jenis produk yang bertebaran dengan fungsi yang berbeda-beda memang bisa terasa sangat membingungkan.

Kadang, saking awamnya, orang hanya membeli beberapa jenis skincare saja dan menggunakannya dengan barbar dengan harapan bisa mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin. Akhirnya, pemakaiannya jadi boros, pengeluarannya pun jadi ikutan boncos.

Jadi, apakah ada cara untuk mengoptimalkan pemakaian skincare, supaya nggak menguras budget bulanan? Tentu saja ada. Begini, nih …

Pahami step pemakaian skincare yang paling dasar

Cleansing-toning-moisturizing-protecting. Keempat step berikut merupakan langkah paling esensial dan harus ada dalam setiap rangkaian penggunaan skincare. Jadi urutannya adalah membersihkan wajah secara menyeluruh dengan menggunakan metode double cleansing, kemudian memakai toner, pelembab wajah, hingga akhirnya sunscreen sebagai perlindungan akhir.

Banyak info dan penjelasan lebih lanjut mengenai step pemakaian skincare untuk pemula yang bisa kamu temukan di internet, kok. Jadi, nggak perlu khawatir kekurangan informasi ya.

Yang juga penting adalah kamu harus paham bahwa skincare tidak bisa menunjukkan hasil yang signifikan dalam semalam, jadi harus sabar ya. Jangan barbar; misalnya sekali pakai langsung setengah botol, hasilnya nggak akan bagus dan jadi boros. Kebanyakan skincare baru akan memperlihatkan hasilnya dalam kurun waktu satu atau dua bulan.

Pahami kondisi dan tipe wajah.

Selain memahami jenis essential skincare, kamu juga harus paham bagaimana jenis dan kondisi wajah kamu. Apakah kulit kamu tipe yang berminyak, kering, atau kombinasi? Masalah wajah apa yang kamu miliki? Jerawat, pigmen yang tidak merata, noda hitam, atau yang lain?

Hal ini perlu kamu ketahui karena produk skincare sendiri akan berbeda-beda untuk tiap jenis dan masalah kulit, supaya kamu tidak berakhir membeli produk-produk yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Ini juga jadi salah satu konsep penghematan pembelian skincare. Jadi jangan terburu ikut-ikutan beli suatu produk yang lagi viral, ya.

Sesuaikan dengan budget.

Nah, kalau sudah paham mengenai dua hal di atas, ini saatnya kamu eksplorasi produk. Hal yang paling penting adalah menyesuaikan jenis produk yang akan kamu beli dengan anggaran yang kamu punya. Jadi gak perlu memaksakan diri membeli skincare yang mahal kalau belum mampu. Karena belum tentu juga kamu cocok dengan skincare tersebut. Sayang dong kalau udah beli mahal-mahal tapi ternyata gak kepake.

Saat ini sudah banyak bermunculan kok brand-brand skincare yang terjangkau dan kualitasnya baik. Kamu bisa cek di drug store terdekat. Jadi kamu gak perlu takut bakal tekor lagi, karena sudah banyak pilihan yang tersedia. Cek BPOM juga supaya kamu yakin bahwa skincare yang kamu gunakan benar-benar menggunakan bahan yang aman.

Atau kamu bisa beli pakai sistem share in jar.

Sedang ada budget dan pingin coba skincare mahal, tapi takut tidak cocok? Saat ini kamu bisa kok beli share in jar untuk produk-produk skincare tertentu. Biasanya sudah dikemas dalam size yang lebih kecil, sehingga harganya bisa lebih murah.

Jadi, kalau cuma pengen coba-coba, beli share in jar in akan jauh lebih ekonomis. Dan kamu juga bisa merasa aman membeli full size-nya nanti jika ternyata memang cocok, karena yakin pasti akan terpakai sampai habis.

Namun, pastikan untuk membeli produk share in jar di toko yang terpercaya, supaya kamu yakin kalau produk yang kamu beli ini beneran original dan dipindahkan dalam kondisi yang steril.

Itulah tadi beberapa kiat yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan budget penggunaan skincare.

Mumpung masih sering di rumah aja, untuk skincare mending kamu beli online aja di e-commerce yang terpercaya. Agar transaksi keuangan kamu lebih mudah, pakai ONe Mobile aja Karena dengan kamu menjadi nasabah Nyala, kamu juga akan mendapatkan kemudahan Kartu Debit Online yang bisa kamu gunakan untuk checkout-checkout belanjaan online, tanpa harus repot ke ATM lagi.

Cek selengkapnya tentang Nyala dan Kartu Debit Online di sini.

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Nyala - 27 Jul 2021

Mengenal Apa Itu Kartu GPN & 5 Keuntungan Memilikinya

Read

Education, Nyala - 27 Jul 2021

Kebijakan Moneter: Pengertian, Tujuan, Jenis, & Instrumennya

View All