Deposito Syariah, Pahami 6 Keuntungan dan Simulasinya

1 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Produk simpanan bank adalah pilihan termudah untuk mengamankan dana dan mengumpulkan keuntungan sedikit demi sedikit. Salah satu produknya adalah deposito syariah.

Deposito jenis syariah serupa dengan deposito konvensional, yaitu nasabah menyediakan dana dan pihak bank mengelolanya hingga mendapatkan keuntungan dalam rentang yang telah ditentukan.

Jika demikian, apa perbedaan deposito ini dengan deposito konvensional? Bagaimana perhitungan deposito syariah yang menguntungkan? Nah, semuanya akan terjawab dalam artikel ini. Jadi, baca sampai habis, ya!

Pengertian deposito syariah

Deposito syariah adalah produk simpanan perbankan untuk para muslim yang ingin mendapatkan keuntungan tanpa perlu khawatir dengan riba.

Secara umum, pola simpanannya masih sama dengan deposito konvensional. Shohibul mal (nasabah/penyedia dana) 100% menyediakan dana kepada mudharib (bank/pengelola dana), pihak bank akan mengelola dana tersebut hingga mendapatkan keuntungan. Pada akhir masa simpanan, keuntungan akan dibagikan kepada nasabah sesuai kesepakatan.

Nah, kesepakatan tersebut dalam produk syariah disebut akad. Deposito berikut menggunakan akad mudharabah yang akan diterapkan pada saat awal pembukaan rekening. Lantas, apa pengertiannya?

Apa itu akad mudharabah?

Akad mudharabah adalah perjanjian antara nasabah dengan bank mengenai tata cara pengelolaan dana untuk mendapat keuntungan. Saat sobat OCBC NISP melaksanakan kesepakatan/perjanjian, Anda dapat memilih salah satu dari dua jenis akad mudharabah, antara lain:

  1. Mudharabah muthlaqah
  2. Nasabah membebaskan pihak bank untuk menginvestasikan dana yang telah disetorkan dan nasabah tidak ikut campur dalam proses investasi tersebut. Nasabah hanya perlu mengawasinya saja.

  3. Mudharabah muqayyadah
  4. Nasabah punya hak untuk membatasi pengelolaan dana yang dilakukan oleh bank berdasarkan jenis usaha, metode investasinya, dan pemilihan tempat untuk berinvestasi.

Berapa bunga deposito syariah?

Jika jenis simpanan ini menggunakan akad mudharabah, apakah masih terdapat sistem bunga deposito syariah yang dijalankan oleh bank? Jawabannya adalah tidak. Sesuai dengan ketentuan yang diterapkan dalam tiap produk syariah, sistem bunga tidak sesuai dengan Syariat Islam.

Lantas, bagaimana produk deposito ini mendapatkan keuntungan? Sobat OCBC NISP perlu memahami tentang sistem bagi hasil atau yang kerap disebut nisbah.

Apa itu nisbah?

Sistem bagi hasil atau nisbah adalah pembagian keuntungan kepada nasabah setelah pihak bank mengelola dana pada suatu investasi berdasarkan akad yang telah disepakati sebelumnya.

Pembagian keuntungan juga bergantung pada kondisi jumlah dana yang diendapkan, rentang waktunya, dan juga persentase bagi hasil dalam perjanjian antara nasabah dengan pihak bank.

Sehingga, perhitungan deposito syariah sama sekali tidak memasukkan persentase bunga. Nasabah akan mendapat keuntungan dari sistem nisbah.

6 Keuntungan deposito syariah

Tersedia berbagai keuntungan yang bisa sobat OCBC NISP raih apabila menggunakan deposito tersebut sebagai produk simpanan. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

  1. Nasabah dapat menyimpan dana di bank berdasarkan akad yang telah disepakati di awal dan sudah sesuai dengan syariat Islam. Sistem ini juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah di Indonesia.
  2. Dana dijamin tersimpan dengan aman dalam bank. Sehingga menghindarinya terjadinya perampokan.
  3. Nasabah bisa memilih rentang waktu (tenor) yang fleksibel dan sesuai kebutuhan, yaitu 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan.
  4. Nasabah juga dapat menjaminkan bilyet deposito untuk mengajukan kredit.
  5. Pada akhir masa simpanan, nasabah akan mendapat persentase nisbah kompetitif berdasarkan ketentuan yang berlaku.
  6. Apabila sudah jatuh tempo, nasabah boleh mengalokasikan nisbah dengan mentransfer ke rekening pribadi, mengambil dana secara tunai atau diinvestasikan kembali.

Cara daftar deposito syariah?

Secara umum, pendaftaran produk syariah ini dengan deposito konvensional tidak berbeda. Berikut caranya:

  1. Mendatangi kantor cabang bank terdekat dan mengisi formulir pembukaan rekening yang disediakan.
  2. Menunjukkan asli/copy bukti identitas diri Anda (KTP/SIM/Paspor) untuk nasabah yang mengajukan secara perorangan.
  3. Memberikan copy bukti identitas/legalitas badan usaha/hukum (bukti legalitas) untuk nasabah yang mengajukan dalam bentuk perusahaan.
  4. Melaksanakan setoran dana kepada bank sesuai dengan ketentuan minimum. Umumnya, dana yang perlu disetorkan nasabah minimal sebesar Rp8 juta hingga Rp10 juta.

Simulasi deposito syariah

Nah, setelah mengetahui keuntungan serta cara daftarnya, sekarang saatnya bagi sobat OCBC NISP untuk memahami simulasi deposito jenis syariah.

Simulasi tersebut mencakup perhitungan deposito syariah agar Anda bisa mengira-ngira seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh.

Rumus simulasi deposito syariah:
(Nominal deposito yang Anda setorkan : jumlah seluruh deposito dalam bank dengan jangka waktu yang Anda pilih) x persentase nisbah yang berlaku x total keuntungan bank pada bulan tersebut

Contohnya, apabila diketahui:

  • Nominal dana yang disetorkan pada bank sejumlah Rp15.000.000
  • Rentang waktu yang Anda pilih adalah 1 bulan.
  • Total seluruh deposito yang berjangka waktu 1 bulan pada bank tersebut sebesar Rp5 miliar
  • Keuntungan bagi hasil untuk seluruh deposito yang berjangka waktu 1 bulan sebesar Rp200 juta
  • Persentase nisbah dalam rentang waktu 1 bulan senilai 55% untuk nasabah dan 45% untuk bank

Perhitungan nisbah yang akan Anda terima dapat dihitung seperti berikut:

(15 juta : 5 miliar) x 55% x 200 juta = 330.000

Sehingga, dari simulasi yang telah dilakukan di atas, pada bulan berikutnya Anda akan mendapatkan nisbah dari bank senilai Rp330.000.

**

Nah, sekarang Anda telah memahami pengertian, akad, nisbah, keuntungan, hingga simulasi deposito syariah. Sehingga sobat OCBC NISP dapat menghitung sendiri setoran dana awal dan prospek keuntungan yang akan didapatkan.

Jika memang terbukti menguntungkan dan sobat OCBC NISP tertarik untuk membuka rekening ini, Anda dapat langsung berkunjung ke kantor cabang OCBC NISP terdekat untuk mengisi formulirnya. Selamat mendepositokan dana Anda!

Individu Daily Update

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Investment - 24 Jun 2021

IPO: Arti, Proses, Syarat, & Tujuan Perusahaan Mengajukannya

Read

Education, Investment - 24 Jun 2021

3 Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko, Anda yang Mana?

View All