Apa Itu Kredit Investasi? Ini Fungsi & Besar Suku Bunganya

2 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Membentuk perusahaan baru tidak hanya membutuhkan tekad, namun juga modal. Modal yang dapat Anda gunakan tidak harus berasal dari kantong pribadi.

Terdapat alternatif lain untuk mendapat pembiayaan dari kredit bank. Contohnya adalah kredit investasi.

Kredit investasi adalah program pembiayaan oleh bank-bank di Indonesia untuk siapa saja yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Nah, jika demikian, apa saja syarat pengajuannya dan bagaimana cara menghitung kebutuhan kredit investasi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa memulainya dari yang paling mudah dulu.

Apa itu kredit investasi?

Sebelum membahas yang lain, alangkah baiknya bagi Anda untuk memahami pengertian kredit berikut terlebih dahulu. Kredit investasi adalah utang yang diberikan kepada nasabah dengan tujuan membantu usahanya di mana ia dapat melunasinya dalam jangka waktu menengah hingga panjang.

Tenor yang ditawarkan setiap bank berbeda-beda. Secara umum, bank-bank di Indonesia memberikan waktu cicilan mulai dari 10 hingga 15 tahun. Bila belum mampu melunasi hingga tenor yang ditetapkan, biasanya juga terdapat masa tenggang pelunasan maksimal 4 tahun.

Kredit tersebut dapat digunakan untuk membeli aset yang sesuai dengan jenis usaha. Misalkan, apabila sobat OCBC NISP membuka industri kue kecil, Anda dapat meminjam dana ke bank dan membeli mesin sebagai modal usaha.

Kredit tersebut dapat membantu berbagai usaha, mulai dari yang kecil hingga besar. Apabila sobat OCBC NISP ingin membuka usaha kecil baru, maka Anda dapat memilih model pembiayaan bernama kredit investasi kecil.

Apa yang dimaksud dengan kredit investasi kecil?

Pengertian kredit investasi kecil adalah pembiayaan yang dikhususkan untuk usaha-usaha kecil. Bank menawarkan program pembiayaan ini karena tidak semua orang mampu membuka usaha yang kompleks.

Terkadang mereka hanya ingin membuka usaha kecil, namun pendapatannya masih tergolong menguntungkan dan dapat digunakan untuk mencicil utang.

Untuk apa kredit investasi diberikan bank kepada nasabah?

Fungsi kredit investasi adalah memberikan kesempatan pada masyarakat Indonesia untuk mendapatkan modal dalam membuka usaha baru, mengembangkan usaha yang sudah ada, ataupun mendukung rehabilitasi kondisi perusahaan.

Ini adalah upaya bank-bank di Indonesia untuk menawarkan pembiayaan selaras dengan program pemerintah yang ingin meningkatkan kuantitas pengusaha-pengusaha baru. Dengan memberikan kredit jenis ini, harapannya ekonomi masyarakat dapat meningkat, sehingga pendapatan negara ikut terangkat.

3 Ciri kredit investasi

Melihat banyaknya program pembiayaan yang ditawarkan oleh bank, maka Anda perlu memahami ciri-ciri kredit berikut agar dapat mengidentifikasinya. Apa saja itu? Ciri kredit jenis investasi yang perlu Anda ketahui antara lain:

  1. Tergolong program pemerintah
  2. Kredit berikut disesuaikan dengan program pemerintah yang berencana mengembangkan kuantitas dan kualitas perusahaan-perusahaan kecil hingga besar.

  3. Diawasi bank pusat
  4. Pembiayaan ini berusaha mencukupi kebutuhan penanaman modal untuk seluruh pengusaha. Proses kredit tersebut diawasi oleh seluruh Bank Indonesia.

  5. Bersifat produktif
  6. Kredit ini juga bersifat produktif karena modal yang diberikan kepada pengusaha dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Nah, sekarang Anda sudah memahami setiap ciri di atas. Lantas, bagaimana contoh konkretnya?

Contoh kredit investasi

Contoh kredit jenis ini terbagi sesuai dengan fungsinya. Bagaimanakah itu? Berikut 3 gambaran yang dapat menjelaskan penggunaan modal dari pinjaman bank:

  1. Membeli mesin baru
  2. Contohnya, apabila Anda sudah membuat pabrik, tapi tidak memiliki mesin untuk memproduksi barang, maka sobat OCBC NISP dapat membeli mesin baru dengan memohon modal kepada bank.

  3. Membangun pabrik baru
  4. Di samping itu, misalkan Anda ingin membangun pabrik baru, sobat OCBC NISP juga dapat mengajukan modal. Jumlah dananya tentu disesuaikan dengan pabrik yang hendak dibangun.

  5. Renovasi bangunan
  6. Sobat OCBC NISP juga dapat merenovasi bangunan perusahaan dengan menggunakan dana yang telah didapatkan.

Suku bunga kredit investasi

Suku bunga kredit investasi yang disediakan oleh setiap bank berbeda-beda. Secara umum, persentase bunga yang Anda temui berkisar antara 10% hingga 14% per tahun.

6 Cara menghitung kebutuhan kredit investasi

Sobat OCBC NISP juga perlu mengetahui cara menghitung kebutuhan. Apa saja itu? Berikut 6 caranya:

  1. Tentukan tujuan pinjaman
  2. Pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas, rinci, dan dapat dipahami oleh pihak bank. Apabila tidak memiliki tujuan, maka sobat OCBC NISP tidak akan mampu menghitung kebutuhan kredit.

  3. Studi kelayakan (feasibility study) untuk menghitung kemampuan membayar cicilan
  4. Di samping memberikan tingkat kelayakan kepada bank, Anda juga dapat menghitung seberapa besar kemampuan Anda untuk membayar cicilan di masa mendatang hingga melunasinya.

  5. Limit kredit
  6. Di samping menentukan tujuan dan mengukur kelayakan, Anda juga perlu mengetahui berapa nominal limit kredit yang ditetapkan oleh bank incaran Anda. Apabila melebihi limit, tentu sobat OCBC NISP harus menyesuaikannya.

  7. Bandingkan bank satu dengan bank lain
  8. Jangan lupa untuk membandingkan bank satu dengan yang lainnya. Pastikan Anda tidak salah memilih bank, ya!

  9. Timeline pembayaran
  10. Jika sudah memiliki tujuan, mengukur kelayakan, mengukur limit pinjaman, dan membandingkan bank, Anda dapat menggambarkan timeline pembayaran cicilan bersama pihak bank. Hal ini diperlukan agar proses cicilan tidak melenceng dari rencana.

  11. Risiko
  12. Terakhir, Anda perlu memperhatikan potensi risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Pastikan Anda telah menyiapkan solusi untuk setiap risiko yang akan dihadapi.

Syarat kredit investasi

Nah, apakah sobat OCBC NISP sudah tertarik untuk mengajukan permohonan? Jika demikian, maka Anda perlu mengenali persyaratan untuk mendapat kredit tersebut, yaitu:

  1. Studi kelayakan (feasibility study)
  2. Studi kelayakan digunakan untuk memberikan proyeksi kepada bank terkait besaran potensi keuntungan yang mampu dihasilkan oleh perusahaan Anda. Studi ini tentu harus berdasarkan riset yang dijalankan oleh tim sobat OCBC NISP dan hasilnya harus mampu melunasi cicilan.

  3. Kelengkapan dokumen

    Sobat OCBC NISP juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai bukti usaha Anda. Persyaratan dokumen terbagi menjadi dua jenis, antara lain:

    1. Perorangan
      • Mengisi formulir permohonan kredit
      • KTP/Passport
      • NPWP
      • Surat Referensi

    2. Perusahaan
      • Mengisi formulir permohonan kredit
      • KTP/Passport
      • NPWP
      • Surat Referensi
      • Akta pendiri dan perubahannya
      • SIUP, SITU, TDP
      • SK Menteri Kehakiman
      • SK Domisili
      • Laporan keuangan
      • Neraca
      • Laporan laba rugi

  4. Jumlah pinjaman yang sebanding dengan jaminan/kemampuan mencicil
  5. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pastikan dana yang Anda pinjam dapat dicicil hingga lunas. Pahami juga limit dana yang boleh dipinjam dari bank tersebut.

  6. Tidak sedang mengajukan permohonan di bank lain
  7. Jangan mencoba untuk mengajukan pinjaman ke lebih dari satu bank. Karena, bank akan mengukur kemampuan pembayaran Anda. Apabila sobat OCBC NISP memiliki tanggungan untuk membayar kredit di bank lain, maka ada kemungkinan pengajuan Anda akan ditolak.

Setelah persyaratan di atas dirasa telah terpenuhi, Anda bisa langsung mengajukan kredit berikut ke kantor cabang bank OCBC NISP terdekat untuk memperoleh fasilitas-fasilitas menarik serta menguntungkan. Tunggu apalagi? Yuk daftar sekarang!

*

Itulah tadi informasi seputar kredit investasi yang tak boleh Anda lewatkan, khususnya apabila sobat OCBC NISP hendak membangun sekaligus mengembangkan suatu usaha. Jadi, tertarik untuk mengajukannya sekarang?

Individu Daily Update

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 16 Jun 2021

Break Even Point (BEP): Manfaat dan Rumus Cara Menghitungnya

Read

Education - 16 Jun 2021

Perbedaan Preloved & Barang Bekas Serta 7 Tips Menjualnya

View All