WFH Bikin Kuota Boros, Akali Penggunaannya Supaya Tetap Hemat!

2 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Banyak cara supaya pengeluaran kuotamu nggak parah-parah banget selama WFH. Ini dia beberapa tipsnya!

Semenjak sistem work from home diberlakukan, pengeluaran buat kuota menjadi salah satu prioritas utama banyak orang. Yang biasanya kuota pribadi cuma dipake buat nonton Youtube dan Netflix, sekarang bahkan harus dipakai juga untuk keperluan kerjaan kantor. Tentu, pasti terjadi pembengkakan biaya di situ.

Namun, kamu nggak perlu terlalu khawatir. Sebenarnya ada banyak cara supaya pengeluaran kuotamu nggak parah-parah banget. Ini dia beberapa tipsnya!

Pakai Sesuai Kebutuhan

Karena kondisi WFH akan menuntut kita banyak beraktivitas di depan komputer, maka basic untuk mengendalikan pengeluaran kuota adalah dengan mengatur kebijakan penggunaannya. Kalau kamu suka download film atau nonton streaming game di Twitch, sebaiknya kurangi. Batasi penggunaan kuotamu hanya untuk hal-hal yang penting saja.

Atau, kamu juga bisa mengatur penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu pada hari-hari khusus. Misalnya, untuk menonton Netflix, kamu batasi hanya di hari Sabtu dan Minggu saja. Tidak perlu terlalu sering. Melihat kuota tiba-tiba tersisa 0 MB itu perih lho rasanya.

Mengatur Setting Update

Atur pengaturan update aplikasi yang ada di gadget kamu ke manual. Jangan biarkan aplikasimu meng-update dirinya sendiri secara otomatis. Terutama aplikasi-aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, seperti WhatsApp, Youtube, aplikasi forum, dan media sosial. Karena jika kamu memilih pengaturan otomatis, kuotamu bisa tiba-tiba menguap tanpa kamu sadari. Makanya kamu harus bisa memilih mana aplikasi yang prioritas dan urgent untuk di-update.

Aktifkan Peringatan (Warning) Penggunaan Data Kuota

Fitur sederhana di smartphone ini bakal menyelamatkan kantong kamu. Misalnya dalam sebulan kamu sudah set pemakaian kuotanya hanya 10 GB. Maka kamu bisa set peringatan pada saat 5-7 GB agar kamu bisa mulai berhenti menggunakan kuota untuk keperluan yang tidak penting.

Pakai Mode Offline

Untuk beberapa aplikasi yang mempunyai mode offline, kamu bisa banget nih memaksimalkan penggunaannya. Aplikasi seperti Youtube dan Google Maps adalah beberapa contohnya. Daripada harus streaming dan kuotamu terus tersedot, lebih baik download saja dulu semua yang kamu butuhkan.

Perhatikan Browser Kamu

Kalau kamu heran kenapa kuotamu bisa habis dengan cepat padahal cuma kerja kayak biasa, mungkin itu pertanda bahwa tabs di browser kamu belum pada ditutup, khususnya buat yang bekerja dengan PC. Biasakan menutup tab browser setelah beres membukanya. Kalau nggak, selama tab itu menyala dan aktif, kuota kamu juga bisa berpotensi tersedot terus, terutama jika situs yang dibuka pada tab tersebut mengandung banyak iklan bergerak, animasi, atau video.

Berlangganan Home Internet di Rumah

Kalau kamu repot untuk mengatur penggunaan kuota dan bisa jadi lebih mahal kalau harus beli berkali-kali, mungkin memang sudah saatnya untuk mempertimbangkan pasang home internet sekalian. Beli paket unlimited. Sehingga sebanyak apa pun kamu menggunakan internet, biayanya akan tetap sama.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa berhemat kuota selama WFH. Memang, tidak bisa kita pungkiri, kuota dan makanan itu udah sama-sama jadi kebutuhan primer di era digital seperti saat ini.

Oleh karenanya, kamu memang perlu banget mengatur pengeluaran-pengeluaran penting seperti itu. Biar lebih mudah, coba deh buka rekening baru di OCBC NISP untuk pengelolaan keuanganmu. Ada program keren bernama #Save20, di mana kamu akan dibantu untuk menyisihkan 20 rupiah setiap harinya. 20 ribu kalau dikalikan 30 hari itu banyak, lho. Buat beli kuota juga masih lebih.

Untuk mengikuti program ini, kamu bisa membuka rekening Nyala di OCBC NISP. Caranya gampang banget, buka rekening bahkan sekarang bisa online dan langsung dipakai. Dengan aplikasi ONe Mobile, kamu bisa langsung mengakses rekening barumu dan segera memulai program nabung 20 ribu setiap hari! Penasaran? Baca lebih lengkapnya di sini.

Individu Tips & Trick

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Investment - 15 Jun 2021

Net Worth (Kekayaan Bersih): Pengertian & Cara Menghitungnya

Read

Education - 15 Jun 2021

Cara Usaha Ikan Hias di Rumah untuk Pemula Agar Cuan Jutaan

View All