12 Rincian Biaya Pernikahan Lengkap Agar Lebih Hemat

4 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Ingin menikah di gedung? Yuk pahami 12 rincian biaya pernikahan dan cara mengumpulkan dananya di sini. Hemat & praktis!

Pernikahan merupakan upacara sakral sekali seumur hidup yang didambakan oleh sebagian orang. Agar dapat melaksanakannya, Anda perlu mempersiapkan dana yang cukup untuk membayar seluruh rincian biaya pernikahan.

Biaya tersebut adalah anggaran pengeluaran yang dikeluarkan dalam sebuah acara pernikahan mulai dari seserahan hingga hiburan saat resepsi.

Nah, untuk bisa merealisasikannya, dibutuhkan pemahaman dan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, yuk pelajari rincian biaya pernikahan melalui artikel di bawah.

Mengapa perlu mempersiapkan rincian biaya pernikahan?

Impian akad dan resepsi pernikahan bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Dengan impian yang berbeda, maka target pengumpulan dananya juga bisa berbeda. Kisaran biaya untuk nikah biasanya antara 30 hingga 50 juta rupiah, bahkan mungkin lebih dari itu.

Sobat OCBC NISP pasti ingin mengundang kawan-kawan dan keluarga terdekat, serta membuat acara yang meriah dan tak terlupakan. Agar dapat meraihnya, maka Anda perlu mempersiapkan rincian biaya pernikahan yang detail dan realistis.

12 Rincian biaya pernikahan

Terdapat 12 rincian biaya pernikahan, antara lain:

  1. Biaya seserahan/hantaran
  2. Seserahan merupakan tradisi yang dilakukan saat lamaran atau pernikahan. Umumnya, seserahan diberikan dalam bentuk perlengkapan ibadah, perlengkapan wanita, makanan khas, hingga buah-buahan.

  3. Biaya mas kawin atau mahar
  4. Mas kawin atau mahar merupakan salah satu hal terpenting yang diberikan dalam prosesi pernikahan. Umumnya, keluarga mempelai laki-laki yang memberikan mahar kepada keluarga mempelai perempuan.Maharnya bisa berupa dana, perhiasan, dan perlengkapan ibadah, dan lain sebagainya.

  5. Biaya penghulu/KUA
  6. Saat menikah, dibutuhkan kehadiran perwakilan dari KUA atau penghulu untuk menikahkan kedua mempelai.

  7. Biaya cincin kawin
  8. Agar dapat mengikat janji secara simbolis, dibutuhkan cincin kawin untuk dikenakan saat prosesi akad pernikahan.

  9. Biaya wedding organizer
  10. Jika terlalu sibuk dan tidak mampu mengelola acara pernikahan, sobat OCBC NISP perlu menyewa jasa wedding organizer profesional.

  11. Biaya gedung/tenda
  12. Biaya pernikahan di gedung tentu berbeda dengan biaya pernikahan menggunakan tenda. Apapun yang Anda pilih, tetap ada biaya yang perlu sobat OCBC NISP siapkan.

    Biaya pernikahan di gedung biasanya lebih mahal dibanding outdoor dan menggunakan tenda. Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan kondisi dan keinginan Anda, ya!

  13. Biaya katering & dekorasi
  14. Tamu-tamu yang perlu diundang perlu makanan dan minuman untuk konsumsi. Anda juga perlu menyewa tempat duduk, meja, tanaman, tempat foto, dan berbagai dekorasi lain untuk mempercantik acara pernikahan sobat OCBC NISP.

  15. Biaya undangan & souvenir
  16. Baik undangan daring atau undangan fisik tetap memerlukan biaya. Anda juga perlu memperhitungkan seberapa banyak souvenir yang diberikan sesuai dengan jumlah tamu undangan.

  17. Biaya rias dan baju pengantin
  18. Jika tidak mampu merias sendiri, Anda perlu menyewa jasa Make-Up Artist (MUA) untuk memberikan riasan wajah agar sobat OCBC NISP tampak memukau saat acara pernikahan.

    Sobat OCBC NISP juga perlu menyewa atau membuat baju pengantin yang sesuai dengan keinginan Anda.

  19. Biaya dokumentasi
  20. Pernikahan merupakan acara spesial, sehingga perlu ada divisi dokumentasi yang merekam setiap sesi.

  21. Biaya hiburan resepsi pernikahan
  22. Jika perlu, Anda juga dapat menyewa band atau penyanyi yang dapat memberikan hiburan saat resepsi pernikahan.

  23. Biaya tambahan lain
  24. Pastikan juga untuk mempersiapkan biaya tambahan untuk berjaga-jaga apabila bertemu dengan pengeluaran yang tidak terduga.

Contoh rincian anggaran pernikahan yang hemat

Nah, setelah memahami rincian biaya pernikahan yang dibutuhkan, sekarang saatnya menggambarkan seberapa besar biaya yang perlu dikeluarkan. Rincian anggaran pernikahan yang hemat sebagai berikut:


Rincian Biaya
Biaya seserahan/hantaran Rp 1.000.000
Biaya mas kawin atau mahar Rp 600.000
Biaya KUA Rp 5.000.000
Biaya cincin kawin Rp 5.000.000
Biaya wedding organizer Rp 8.000.000
Biaya gedung/tenda Rp 5.000.000
Biaya katering & dekorasi Rp 15.000.000
Biaya undangan & souvenirs Rp 2.000.000
Biaya rias dan baju pengantin Rp 5.000.000
Biaya dokumentasi Rp 1.500.000
Biaya hiburan resepsi pernikahan Rp 1.500.000
Biaya tambahan lain Rp 400.000
TOTAL Rp 50.000.000

Cara untuk mendapatkan dana untuk biaya pernikahan

Agar mampu mendapatkan dana yang diinginkan, Anda bisa menggunakan produk perbankan yang sesuai dengan kondisi Anda. Setidaknya ada dua cara yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Tabungan berjangka
  2. Tabungan berjangka adalah produk simpanan dari bank yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan dana impian. Caranya dengan membuat target dana impian Anda dengan pihak bank, kemudian melakukan setoran awal dan setoran bulanan hingga terkumpul semuanya.

    Pilihan ini dapat dijalankan apabila rencana pernikahan Anda masih beberapa 1-2 tahun lagi. Sehingga, masih ada waktu untuk mengumpulkan dana.

  3. Kredit tanpa agunan
  4. Apabila waktu Anda terbatas dan tidak memiliki harta benda yang dapat dijadikan jaminan, sobat OCBC NISP dapat menggunakan KTA atau kredit tanpa agunan yang menawarkan pembiayaan untuk pernikahan impian Anda.

    Sobat OCBC NISP bisa menggunakan kartu kredit yang dimiliki, kemudian mendatangi bank, mengisi formulir pengajian, dan mendapatkan dana yang dibutuhkan.

    Pastikan Anda dapat mencicil angsuran bulanan yang disepakati dengan bank saat melakukan pendaftaran.

Nah, sekarang sobat OCBC NISP telah memahami rincian biaya pernikahan, contoh rincian anggaran pernikahan yang hemat, dan cara untuk mendapatkan dana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sudah siap? Nikah yuk!

Individu Daily Update

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 16 Jun 2021

Break Even Point (BEP): Manfaat dan Rumus Cara Menghitungnya

Read

Education - 16 Jun 2021

Perbedaan Preloved & Barang Bekas Serta 7 Tips Menjualnya

View All