Apa itu Tabungan Berjangka? Pelajari Simulasi & Bunganya

9 Mar 2021 Written by:Redaksi OCBC NISP

Tabungan berjangka adalah alternatif menabung bagi anak muda dengan bunga tinggi. Benarkah? Cek besar bunganya di sini.

Tabungan berjangka adalah salah satu jenis tabungan yang menawarkan suku bunga tinggi dibandingkan dengan tabungan reguler. Benarkah begitu? Yuk cek informasi lengkapnya di sini.

Sesuai namanya, tabungan ini mengizinkan para nasabah untuk menentukan sendiri jangka waktu menabungnya.

Dalam artian lain, jika hendak membuka rekening simpanan berikut, maka sobat OCBC diperbolehkan untuk memilih berapa lama rencananya Anda akan menabung.

Terdengar seru bukan aktivitas menabung satu ini? Tabungan berikut cocok sekali untuk digandrungi oleh berbagai kalangan, mulai dari orang tua hingga anak muda. Nah, jika Anda tertarik, langsung saja baca artikel di bawah sampai habis, ya!

Apa itu tabungan berjangka?

Pengertian tabungan berjangka berbeda dengan tabungan biasa. Tabungan berjangka adalah produk simpanan atau tabungan berencana yang ditawarkan bank dengan metode setoran bulanan tetap hingga mencapai target tabungan dalam kurun waktu tertentu.

Nah, lantas apa saja perbedaan keduanya?

Perbedaan tabungan berjangka dengan tabungan biasa

Terdapat 3 perbedaan yang bisa Anda temukan dari dua jenis produk simpanan tersebut. Berikut penjelasannya:

  1. Tata cara menabung

    Tabungan berencana ini memberikan kesempatan kepada nasabah untuk membuat target tabungan yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu tertentu. Ada kewajiban menabung yang harus dilakukan oleh nasabah setiap bulan hingga target tercapai.

    Sementara itu, tabungan biasa tidak memiliki target tabungan dan sobat OCBC NISP bisa menabung kapan saja.

  2. Pencairan tabungan

    Di samping tata cara menabungnya, pencairan/penarikan dana pada kedua jenis tabungan tersebut juga berbeda. Dana dalam tabungan berencana tidak bisa ditarik sebelum target tabungan terpenuhi. Jika terpaksa ditarik, nasabah wajib membayar biaya penalti sesuai ketentuan bank.

    Tabungan biasa tidak demikian. Anda bisa menarik dana dari rekening kapanpun dan dimanapun. Baik datang langsung ke bank, lewat ATM, ataupun bertransaksi menggunakan aplikasi m-banking.

  3. Suku bunga

    Suku bunga tabungan umumnya lebih kecil dibanding tabungan berencana. Sebaliknya, tabungan berencana menawarkan bunga yang lebih tinggi yakni sekitar 2-5%.

6 Manfaat tabungan berjangka

Tabungan jenis ini memiliki keunggulan apabila dibandingkan dengan produk simpanan bank lainnya. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

  1. Memenuhi tabungan dengan setoran rendah

    Target tabungan Anda tidak harus dipenuhi dengan setoran yang tinggi. Setiap bulan, sobat OCBC NISP dapat menyetorkan dana rendah sesuai dengan yang telah disepakati.

    Contohnya, jika sobat OCBC NISP punya target sebesar Rp5 juta dalam kurun waktu 24 bulan, Anda tinggal menyediakan dana setiap bulan sebesar Rp200.000.

  2. Suku bunga

    Suku bunga yang lebih besar dibanding tabungan biasa juga bisa menambah pundi-pundi dana tabungan Anda. Keuntungan sobat OCBC NISP pun menjadi lebih besar.

  3. Latihan menabung

    Sistem setoran bulanan yang diwajibkan pada nasabah memberikan kesempatan untuk latihan menabung. Anda bisa jadi lebih disiplin dengan menggunakan tabungan berencana.

  4. Dana tabungan tidak tersentuh

    Tabungan tidak akan bisa ditarik hingga terpenuhi. Hal ini bisa menguntungkan sobat OCBC NISP karena biasanya ada banyak godaan dari promo toko daring yang membuat rekening Anda menipis. Namun, dengan tabungan berikut, Anda bisa menabung tanpa perlu khawatir berkurang oleh hal yang kurang penting.

  5. Asuransi

    Beberapa bank juga memberikan pelayanan berupa asuransi yang sepaket dengan rekening tabungan. Salah satu contohnya adalah OCBC NISP. Anda akan mendapatkan asuransi jiwa apabila membuat rekening tabungan berjangka OCBC NISP (dulunya dikenal dengan tabungan berjangka NISP).

  6. Tabungan berjangka berhadiah

    Di samping target tabungan, biasanya bank di Indonesia juga menawarkan hadiah berupa cashback. Contohnya seperti TAKA Hadiah yang disediakan oleh OCBC NISP. Anda akan mendapatkan hadiah cashback yang langsung dikreditkan ke rekening nasabah setelah target tabungan berhasil terpenuhi.

Syarat-syarat membuka rekening tabungan berjangka

Syarat-syarat membuka rekening tabungan ini cukup mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa hal. Apa saja itu? Berikut persyaratannya:

  1. KTP dan kartu NPWP untuk WNI
  2. KIMS/KITAS/KITAP untuk WNA
  3. Sudah memiliki rekening di bank
  4. Melakukan setoran dana sesuai target dana pilihan

Tidak ada persyaratan rumit yang perlu sobat OCBC NISP siapkan. Tinggal mendatangi bank dengan membawa dokumen-dokumen di atas serta setoran awal, Anda bisa langsung membuat rekening tabungan yang baru.

Simulasi tabungan berjangka

Nah, apakah Anda sudah tertarik untuk membuat rekening tabungan berikut? Jika iya, Anda perlu mengetahui simulasi tabungan berjangka yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Misalkan, diketahui:

  • Target dana : Rp13.000.000
  • Jangka waktu : 24 bulan
  • Bunga : 3,25%
  • Setoran awal : Rp1.000.000

Agar dapat mencapai target dana yang Anda inginkan, maka:

  • Anda bisa menyetorkan dana sebesar Rp500.000 setiap bulan
  • Akumulasi bunga selama 24 bulan senilai Rp481.877,69
  • Total dana pada saat jatuh tempo sebesar Rp13.481.877,69

Perhitungan di atas adalah perkiraan dan tidak termasuk pajak. Perlu diingat juga bahwa suku bunga di bank dapat berubah-ubah seiring waktu. Jika ingin perhitungan yang lebih detail dan presisi, silakan datang ke kantor cabang bank OCBC NISP terdekat, ya!

Itulah informasi lengkap mengenai tabungan berjangka yang patut diketahui. Meskipun sama-sama tergolong produk tabungan, rupanya tabungan berencana ini berbeda dari tabungan reguler.

Perbedaan paling mencolok yakni terletak di bagian suku bunganya. Di mana menabung dalam jangka waktu yang telah ditentukan memiliki besaran bunga lebih tinggi dibandingkan dengan menabung biasa.

Nah, jika Anda tertarik membuka rekening tabungan berikut, OCBC NISP bisa menjadi pilihannya. OCBC NISP menyediakan produk TAKA dengan bunga menggiurkan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi cabang OCBC NISP terdekat sekarang juga!

Individu Education

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 17 Jun 2021

Cara Daftar Merek Dagang Online & Offline Terbaru 2021

Read

Education - 17 Jun 2021

Apa Itu Sociopreneur? Ini Contoh, Manfaat, & Tips Memulainya

View All