Transaksi Aman dan Nyaman Lewat Aplikasi Mobile Banking

11 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Menggunakan aplikasi mobile banking memudahkan transaksi kita sehari-hari, bahkan saat ini One Mobile sudah bisa di akses melalui 2 gadget dengan aman dan nyaman

Kemajuan teknologi yang begitu pesat seiring waktu, tentunya mencakup hampir seluruh faktor kehidupan kita. Mulai dari transportasi, komunikasi, sampai kesehatan. Saat ini, hampir segala hal dapat kita lakukan dalam jangkauan satu genggaman saja.

Butuh tiket pesawat mendadak? Tinggal pesan online lewat ponsel. Lapar tapi males keluar? Ada ojol dan layanan pesan antarnya. Beragam inovasi ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan kepada para penggunanya, karena itulah jenis aplikasi seperti ini mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Bidang finansial pun termasuk dalam kemajuan ini. Lahirnya aplikasi mobile dan internet banking menjadi bentuk inovasi baru yang dapat mempermudah transaksi harian dari para nasabah. Mobile banking sendiri merupakan sebuah bentuk layanan yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan layaknya di ATM. Dan sesuai namanya, mobile banking didesain sebagai sebuah aplikasi yang dapat dipasang di smartphone kita.

Kamu nggak perlu lagi capek-capek cari ATM atau mengantre demi melakukan transfer. Di samping itu, mobile banking juga meminimalisir risiko penipuan, karena transaksi dilakukan melalui ponselmu sendiri dan diproteksi dengan sistem keamanan yang canggih.

Apakah berarti mobile banking menjadi bebas masalah? Tidak juga.

Mayoritas aplikasi mobile banking saat ini hanya dapat digunakan di satu ponsel saja. Padahal, sebagian masyarakat kita kini ada yang menggunakan dua atau lebih ponsel untuk keperluan berbeda-beda. Nah, kalau sudah seperti ini, ribet juga ya kalau harus pindah-pindah ke ponsel lain demi melakukan transaksi?

Di sinilah OCBC NISP menawarkan solusi. Akses dari dua ponsel? Tidak masalah. Kan ada device binding.

Device Binding: Mengkoneksikan Mobile Banking di Dua Device yang Berbeda

Kalau kamu punya dua ponsel, kamu nggak perlu bingung. OCBC NISP menyediakan fitur device binding, yang memungkinkanmu untuk mendaftarkan satu perangkat tambahan untuk dapat mengakses ONe Mobile. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang memang terpaksa harus memberikan dua akses ke satu rekening yang sama.

Misalnya kamu seorang pengusaha, mau memberikan akses perbankan ke ponsel tim finansialmu, hal ini bisa dipermudah dengan menggunakan fitur device binding. Dengan begitu, rekan yang kamu percaya ini nggak perlu lagi repot-repot harus menghubungi kamu hanya untuk melakukan transaksi. Kamu tinggal setuju dan tidak saja.

Kamu juga nggak perlu khawatir dengan isu keamanan seperti terjadinya transaksi ilegal, sebab izin akses di perangkat tambahan tetap harus melalui perangkat utama dengan menggunakan OTP (One Time Password).

Untuk menghubungkan kedua perangkat pun juga tidak memerlukan prosedur yang rumit. Tinggal install aplikasi ONe Mobile pada perangkat baru yang ingin kamu tambahkan, masukkan user id dan password kamu, kemudian tinggal ikuti instruksi yang sudah tertera secara jelas untuk langkah-langkah selanjutnya.

Pengaturan untuk membuka dan menutup perangkat tambahan pun juga tidak sulit. Kamu bisa melakukannya melalui menu Layanan Nasabah >> Pengaturan >> Atur Perangkat yang terdapat pada aplikasi ONe Mobile milikmu. Jadi prosesnya juga gak rumit nih jika sewaktu-waktu kamu ingin mengakhiri izin akses perangkat tambahanmu.

Jadi, semisal pegawai finansialmu sudah resign, ya kamu tinggal mengakhiri aksesnya saja.

ONe Mobile: Seperti ATM Sekaligus dalam Genggaman Tangan

Tak hanya device binding, aplikasi ONe Mobile juga memiliki berbagai macam fitur menarik lainnya yang dapat memudahkan transaksi sehari-harimu. Tidak terbatas pada transfer uang atau cek saldo saja, dengan aplikasi ONe Mobile kamu dapat melakukan berbagai hal seperti membuka tabungan jenis apapun di Bank OCBC NISP.

Kamu juga bisa mengajukan fasilitas kredit seperti KPR, KPM, KTA, atau kartu kredit.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan investasi semudah membuka ONe Mobile, lho. Sebut saja. Kamu mau berinvestasi reksa dana? Valuta asing? Obligasi? Saham? Semuanya bisa, kamu bahkan bisa memantau portofolio investasimu secara langsung. Kamu juga bisa top-up berbagai produk e-wallet seperti ONe Wallet, Gopay, dan OVO.

Itu saja? Tentu saja tidak! Masih ada lagi.

Tak cukup dengan mobile banking, OCBC NISP juga memiliki produk e-wallet sendiri yang dapat digunakan untuk pembayaran apa pun, yakni ONe Wallet. Setelah mendapatkan izin dari Bank Indonesia pada Maret 2020 lalu, ONe Wallet siap untuk turut bersaing bersama layanan dompet digital lain dengan menambahkan berbagai fitur menarik yang dapat semakin memudahkan para nasabahnya.

Bank OCBC NISP menjelaskan, bahwa ONe Wallet merupakan salah satu bentuk komitmen untuk strategi mereka, yaitu “Beyond Traditional Banking”. Sebuah misi untuk terus bertransformasi dan berinovasi. Apalagi dengan semakin digalakkannya Gerakan Nasional Non Tunai oleh pemerintah.

“ONe Wallet akan kami fokuskan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan layanan untuk nasabah payroll khususnya pada sektor riil dengan penghasilan pada kisaran UMR. Upaya ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mendorong Gerakan Nasional Non Tunai dan meningkatkan inklusi keuangan Indonesia,” Ujar Ka Jit yang merupakan Head of Strategy and Innovation Bank OCBC NISP.

Terdapat beberapa fitur atau layanan yang menjadi unggulan dari ONe Wallet ini, antara lain integrasi dengan fitur perbankan korporasi untuk pendistribusian gaji karyawan, fitur transaksi sehari-hari, hingga tarik tunai di ATM Bank OCBC NISP. Dan lebih menariknya lagi, ONe Wallet selanjutnya juga akan terintegrasi dengan 400 ribu merchant dan aplikasi ONe Mobile.

Ka Jit juga menjelaskan, Bank OCBC NISP sudah berencana untuk terus mengembangkan dan memperbarui fitur-fitur ONe Wallet. Salah satunya adalah pembayaran melalui QRIS juga penambahan variasi pembayaran tagihan melalui ONe Wallet. “Bank OCBC NISP juga akan mengintegrasikan layanan ONe Wallet dengan One Mobile sehingga lebih maksimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” papar Ka Jit sebagaimana yang dilansir oleh Dailysocial.

Individu Life Series Education

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 16 Jun 2021

Break Even Point (BEP): Manfaat dan Rumus Cara Menghitungnya

Read

Education - 16 Jun 2021

Perbedaan Preloved & Barang Bekas Serta 7 Tips Menjualnya

View All