Apa itu Financial Advisor? Ini Tugas & Manfaat Jasanya

17 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Sobat OCBC NISP, sudahkah kalian akrab dengan istilah financial advisor?

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, financial advisor adalah penasihat keuangan. Di mana tugasnya yakni membantu klien mengelola serta mengatasi masalah keuangan.

Pekerjaan financial advisor sangat dibutuhkan terutama oleh pebisnis maupun perusahaan. Sebab mereka perlu memperoleh nasihat-nasihat khusus demi merencanakan dan melancarkan usahanya agar terhindar dari kerugian.

Lantas jika begitu, bisakah jasa penasihat keuangan disewa oleh perseorangan yang tidak tengah membangun usaha? Simak jawabannya di artikel ini.

Apa itu financial advisor?

Sebelum membahas topik ini lebih lanjut, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui pengertian financial advisor lebih dalam.

Financial advisor adalah seorang tenaga profesional yang memberikan nasihat dan solusi terhadap perencanaan serta permasalahan keuangan untuk individu maupun perusahaan. Penasihat keuangan dapat bekerja secara independen atau di bawah naungan sebuah perusahaan keuangan.

Pemberian nasihat tersebut tidak hanya dalam bentuk konsultasi saja. Penasihat keuangan umumnya juga memberikan wejangan atau pengetahuannya dalam bentuk seminar keuangan dan konten media sosial.

Jasa seorang profesional ini sangat dibutuhkan khususnya di masa sekarang demi menghindari kerugian finansial.

Di mana perkembangan teknologi keuangan sudah semakin canggih, perputaran uang di Indonesia juga pun semakin cepat. Dari transaksi ekonomi tersebut, tersimpan risiko besar yang dapat membuat kondisi finansial individu mengalami penurunan.

Jadi, sebelum terlambat, yuk manfaatkan jasa finansial advisor sekarang juga!

Kapan seseorang membutuhkan financial advisor?

Jika memang peran seorang konsultan keuangan sedemikian penting, lantas kapan individu atau perusahaan harus menyewa jasa tersebut? Jawabannya adalah tergantung kondisi keuangan dan masalah apa yang dihadapi dalam situasi tertentu.

Secara umum, jika dari sudut pandang perorangan, penyewa jasa konsultan keuangan adalah yang memiliki kondisi keuangan kompleks.

Contohnya yakni jika Anda menanyakan instrumen investasi apa yang tepat untuk 10 tahun ke depan, maka Anda bisa bertanya pada penasihat keuangan perihal solusi paling efektif.

Sementara itu, jika dilihat dari sudut pandang perusahaan, maka perusahaan menengah dan besarlah yang sekiranya butuh bantuan dari penasihat keuangan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan keuangan mereka.

8 Tugas financial advisor

Apabila Anda sudah memiliki tujuan keuangan yang hendak diraih serta berniat menyewa jasa penasihat keuangan, maka sobat OCBC NISP perlu mengetahui apa saja tugas financial advisor. Ini dia daftarnya.

  1. Mengatasi masalah keuangan pribadi
  2. Tugas financial advisor yang pertama adalah memberikan solusi-solusi praktis untuk mengatasi masalah keuangan seseorang. Misalkan, Anda ingin merencanakan dana pensiun untuk 30 tahun ke depan. Maka, Anda bisa menanyakan tabungan atau investasi apa yang tepat dan sesuai dengan pendapatan sobat OCBC NISP saat ini.

  3. Membuat rencana untuk meraih tujuan keuangan
  4. Tujuan keuangan klien pasti berbeda-beda, sehingga membutuhkan perencanaan yang dibuat juga akan menyelaraskan. Pekerjaan financial advisor berikutnya adalah membuat rencana keuangan yang realistis dan mudah diimplementasikan oleh klien.

  5. Memberikan pelatihan keuangan kepada klien
  6. Pekerjaan yang ketiga adalah melatih klien agar dapat mengukur dan mengelola keuangan secara mandiri. Hal ini diperlukan agar klien tidak terus bergantung terhadap profesional.

    Di samping itu, jika dalam perusahaan terdapat karyawan yang butuh pelatihan khusus, penasihat keuangan juga bisa memberikan pelatihan tersebut. Bisa dalam bentuk forum kecil, seminar, dan sebagainya.

  7. Meneliti peluang investasi yang relevan dan menguntungkan
  8. Apabila tujuan keuangannya adalah menginvestasikan modal kepada instrumen tertentu agar mendapatkan keuntungan, maka penasihat keuangan juga bisa membuat penelitian tentang peluang investasi yang relevan dengan klien.

  9. Memberikan rekomendasi instrumen investasi yang sesuai kondisi keuangan klien
  10. Tugas financial advisor nomor 4 akan menghasilkan rekomendasi instrumen investasi. Umumnya, penasihat keuangan juga akan memberikan rekomendasi jumlah yang perlu diinvestasikan agar mencapai tujuan.

  11. Memonitor perkembangan akun investasi klien
  12. Apabila klien sudah berinvestasi, maka pekerjaan financial advisor selanjutnya adalah memonitor perkembangan akun investasi milik klien. Pada proses ini, biasanya akan ada rekomendasi tambahan terkait langkah selanjutnya yang sebaiknya dijalankan.

  13. Pembayaran pajak
  14. Di samping transaksi perorangan, bisnis, dan investasi, tugas yang lain adalah memberi nasihat terkait pembayaran pajak klien. Seberapa besar yang perlu dibayarkan, kapan pembayarannya, apa efeknya terhadap pendapatan serta perencanaan keuangan.

  15. Pembuatan polis asuransi dan pembayaran premi asuransi
  16. Jika diperlukan, penasihat keuangan juga mampu memberikan rekomendasi terkait pembuatan polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan klien, serta rencana pembayaran premi setiap bulannya.

Kelebihan dan kekurangan financial advisor

Dari pengertian financial advisor serta tugas-tugas yang telah dipaparkan sebelumnya, maka sobat OCBC NISP akan menemukan kelebihan dari jasa profesional ini yaitu Anda bisa memperoleh beberapa solusi atas permasalahan keuangan, baik dari segi rencana bisnis, investasi, pajak, serta asuransi.

Namun, kekurangan yang perlu Anda hadapi adalah biayanya. Layanan yang semakin lengkap dan kompleks akan menguras kantong lebih banyak. Tarifnya tentu bervariasi berdasarkan kemampuan, pengalaman, serta efektivitas solusi yang diberikan.

5 Tips memilih financial advisor yang tepat

Nah, agar biaya yang dikeluarkan sepadan dengan manfaat yang didapatkan, pastikan Anda menjalankan 5 tips berikut ini ya:

  1. Tujuan dan kebutuhan keuangan
  2. Tetapkan tujuan yang jelas dan paparkan kebutuhan kepada calon penasihat keuangan Anda. Hal ini diperlukan agar penasihat keuangan memiliki latar belakang dan pendasaran yang jelas untuk langkah berikutnya.

  3. Menentukan berapa lama Anda membutuhkan jasa penasihat keuangan
  4. Dari tujuan yang telah ditentukan, sobat OCBC NISP bisa mengukur kira-kira berapa lama Anda membutuhkan waktu untuk menggunakan jasa penasehat keuangan.

  5. Pengalaman dan portofolio
  6. Amati dan tanyakan pengalaman serta portofolio dari calon penasehat keuangan Anda. Rekomendasi dari rekan bisnis juga bisa jadi pertimbangan untuk memilih penasihat yang tepat.

  7. Sertifikasi profesional
  8. Agar lebih meyakinkan, sertifikasi yang dimiliki penasehat keuangan juga perlu Anda pastikan validitas dan kualitasnya.

  9. Persiapkan dan ajukan pertanyaan yang tepat
    1. Prinsip atau filosofi perencanaan keuangan
    2. Pastikan filosofi atau prinsip yang digunakan selaras dengan Anda.

    3. Keahlian yang dimiliki
    4. Penasihat keuangan yang punya sertifikat Certified Financial Planner (CFP) adalah ahli dalam bidang perencanaan keuangan.

      Sementara itu, penasehat keuangan yang memiliki sertifikat Chartered Financial Analyst (CFA) adalah mereka yang memiliki kemampuan dalam manajemen investasi hingga alokasi aset.

    5. Standar pelayanan keuangan
    6. Gunakan kata fiduciary agar saat Anda meminta contoh pelayanan keuangan, sobat OCBC NISP akan mendapatkan payung hukum yang jelas dan terhindar dari finansial advisor dengan orientasi buruk.

    7. Nasihat yang didapatkan
    8. Pastikan nasihat apa saja yang diberikan pada Anda dalam sebuah kontrak tertulis.

    9. Kompensasi
    10. Bahas juga perihal kompensasi yang wajib Anda berikan kepada finansial advisor selama kontrak pelayanan keuangan berjalan.


Setelah memahami pengertian financial advisor beserta tugas dan manfaatnya, kira-kira perlukah sobat OCBC NISP menyewa jasanya? Jika iya, maka jangan ragu lagi untuk menghubungi penasihat keuangan sekarang juga agar masalah finansial Anda dapat teratasi dengan segera.

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC NISP
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu
Deposito

Deposito

Kelola keuangan bisnis jadi lebih cepat dan mudah
Obligasi

Obligasi

Alternatif investasi untuk diversifikasi portfolio dengan memperoleh kupon/tingkat suku bunga tetap

Download ONe Mobile