Related Product

Asuransi

Asuransi

Macam-Macam Asuransi Kesehatan, Cara Daftar & Biaya

18 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Asuransi kesehatan adalah jenis pertanggungan yang membiayai perawatan kesehatan. Yuk cek cara daftar dan biayanya di sini.

Jenis asuransi memang bervariasi, salah satunya adalah asuransi kesehatan. Asuransi ini mampu memberi perlindungan secara menyeluruh bagi kesehatan diri sendiri beserta keluarga Anda.

Perlindungan tersebut mencakup tanggungan biaya medis seperti biaya perawatan opname, operasi bedah, dan lain-lainnya sesuai yang tercantum pada polis asuransi. Sehingga, Anda tak perlu khawatir lagi perihal biaya rumah sakit yang terbilang mahal.

Jadi, bagaimana cara daftar dan biaya asuransi kesehatan itu sendiri? Cukup bermanfaatkah jenis asuransi tersebut? Cari jawabannya di sini.


Pengertian asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang menjamin dan bertanggung jawab atas biaya medis, operasi bedah dan perawatan kesehatan lainnya. Biaya yang dicover oleh asuransi ini tergantung dari kesepakatan awal polis.

Jadi, terdapat beberapa jenis polis yang bisa Anda pilih ketika hendak mendaftar asuransi tersebut. Tipe polis berikut tergantung pada setoran per bulan.

Umumnya, semakin tinggi pembayaran asuransi, semakin besar pula layanan yang diberikan pihak asuransi kepada nasabah.

Contohnya, pihak tertanggung asuransi tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun apabila menjalani perawatan medis, sebab perusahaan asuransi sebagai penerbit polis yang wajib menanggung pembayarannya.

Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan khususnya ketika Anda mendaftar asuransi berikut. Pastikan Anda memahami biaya apa saja yang ditanggung. Karena tidak semua biaya kesehatan bisa ditutupi oleh asuransi tersebut.


6 Manfaat asuransi kesehatan

Kesehatan adalah investasi yang sangat berharga. Akan tetapi, datangnya penyakit tak bisa diduga. Oleh karena itu, Anda perlu mengantisipasinya dengan memanfaatkan health insurance. Di mana nantinya Anda akan berkesempatan memperoleh beberapa manfaat berikut ini.

  1. Memberikan Rasa Tenang

    Dengan mendaftar asuransi, akan tercipta rasa tenang dan damai karena telah memiliki jaminan perlindungan kesehatan yang dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.

    Jika sobat OCBC NISP tiba-tiba sakit dan membutuhkan perawatan medis, Anda tidak perlu bingung mencari atau menyiapkan dana kesehatan. Sebab pihak asuransi yang akan mengcover seluruh biaya tersebut.

  2. Memberi Efisien Waktu

    Saat sakit tak terduga menimpa, Anda tidak perlu repot-repot mencari pinjaman untuk dana pengobatan.

    Hal ini memberikan efisiensi waktu. Sehingga Anda dapat memperoleh penanganan lebih cepat dan menghindari kemungkinan yang lebih buruk. Sistem klaim dana asuransi untuk kesehatan juga sangat mudah.

    Hanya dengan menunjukkan kartu anggota atau cashless kepada pihak rumah sakit, maka pihak asuransi yang mengurus seluruh pembiayaan. Anda hanya fokus pada penyembuhan dan pemulihan kesehatan Anda.

  3. Pengelolaan Keuangan Yang Teratur

    Mendaftar produk asuransi membuat Anda dituntut untuk membayar premi secara rutin. Hal ini mengharuskan Anda untuk mengatur keuangan secara teratur. Agar anggaran asuransi yang harus dibayarkan tidak mengurangi pengeluaran tetap lainnya.

  4. Investasi Tabungan Masa Depan

    Pada perusahaan asuransi tertentu membuat kebijakan untuk mengembalikan dana saat masa berlaku polis telah habis.

    Dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati bersama, apabila Anda belum menggunakan produk asuransi karena tidak sakit dan mengalami kejadian di luar dugaan, maka sejumlah uang premi dapat dikembalikan.

    Kondisi demikian seperti Anda membeli produk investasi tabungan masa depan. Kelebihan Anda memperoleh jaminan perlindungan kesehatan.

  5. Memperoleh Pelayanan Kesehatan Yang Layak

    Manfaat memiliki health insurance lainnya terletak pada layanan kesehatan yang layak untuk pasien. Pelayanan kesehatan akan disesuaikan dengan biaya premi dibayarkan secara rutin.

    Sebaiknya Anda memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu penting di awal untuk mengetahui fitur dan layanan yang ditawarkan tiap produk asuransi.


Macam-macam asuransi kesehatan

Macam-macam asuransi kesehatan yang dapat Anda pilih, antara lain:

  1. Asuransi untuk kesehatan individu

    Merupakan jenis asuransi yang bersifat personal. Sehingga saat akan mengcover biaya perawatan, pihak asuransi akan melihat siapa yang ditanggung asuransi tersebut.

    Sebab jaminan perlindungan dan manfaat yang diberikan oleh asuransi hanya menjangkau satu orang dimana sebagai tertanggung dalam aturan polis. Akibatnya penggunaan asuransi jenis ini tidak bisa digunakan orang lain.

  2. Asuransi kesehatan keluarga

    Adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan kesehatan untuk keluarga. Artinya pihak asuransi akan mengcover seluruh biaya perlindungan kesehatan dalam satu keluarga.

    Jadi setiap anggota keluarga yang membutuhkan biaya berkaitan dengan kesehatan, seperti kecelakaan, rawat inap, dan sejenisnya, akan ditanggung oleh asuransi. Biasanya biaya premi dari asuransi jenis ini lebih mahal dibandingkan dengan asuransi untuk individu.

    Pasalnya asuransi kesehatan keluarga menanggung lebih dari satu orang. Apalagi jika anggota keluarga semakin banyak, biaya premi lebih tinggi pula. Anggota keluarga yang terdaftar biasanya terdiri dari asuransi kesehatan untuk orang tua, anak, kakek dan nenek.

  3. Asuransi kesehatan anak

    Asuransi kesehatan anak adalah jenis asuransi yang menanggung seluruh biaya berkaitan dengan kesehatan anak. Sehingga hanya diperuntukkan anak saja. Dengan adanya asuransi untuk kesehatan anak, membuat orang tua menjadi lebih tenang.

    Apalagi balita dan anak-anak masih memiliki sistem imun yang rendah. Sehingga mudah terserang penyakit. Selain itu mereka juga membutuhkan vaksin atau imunisasi.

    Untuk menghemat pengeluaran dan menghindari kejadian tak terduga di masa depan pada anak, sebaiknya anak didaftarkan pada asuransi. Sehingga segala biaya berkaitan kesehatan anak akan ditanggung oleh pihak asuransi.


Pendaftaran asuransi kesehatan online

Ketahui cara mendaftar asuransi untuk kesehatan secara online. Simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Menentukan Produk Asuransi untuk Kesehatan Berdasarkan Kebutuhan

    Langkah pertama sebelum mendaftar dengan mengetahui dan menentukan produk asuransi untuk kesehatan. Ada banyak macam macam asuransi kesehatan. Pastikan Anda memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

    Apabila Anda sudah berkeluarga, disarankan memilih asuransi yang mengcover seluruh kesehatan keluarga dan anak. Namun jika Anda belum berkeluarga, sebaiknya memilih asuransi untuk individu.

    Selain itu, setiap jenis asuransi memiliki beragam paket. Pilihlah paket kesehatan berdasarkan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Cari tahu juga kelebihan dan kelemahan setiap produk asuransi yang beredar.

  2. Menyiapkan Berkas Pendaftaran Yang Dibutuhkan

    Setelah Anda menentukan jenis dan produk asuransi untuk kesehatan. Berikutnya siapkan segala berkas dan persyaratan administrasi untuk mendaftar produk asuransi tersebut.

    Syarat berkas yang harus dipenuhi biasanya tanda pengenal identitas diri seperti KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran yang tertanggung, NPWP, dan sebagainya. Karena pendaftaran dilakukan secara online maka Anda harus melakukan scan pada berkas tersebut.

  3. Membuka situs pendaftaran dan Mengisi Data Pribadi

    Silahkan Anda membuka situs pendaftaran atau melalui aplikasi jika disediakan. Setiap produk asuransi memiliki situs dan fitur aplikasi yang berbeda. Anda dapat menyesuaikan berdasarkan produk asuransi yang dipilih.

    Setelah membuka halaman pendaftaran, silahkan isi formulir yang mencakup data diri, pilihan paket asuransi yang ditawarkan, fasilitas kesehatan dengan pilihan instansi yang dipilih sebagai tempat rujukan, dan upload scan dari berkas-berkas persyaratan yang telah disiapkan.

  4. Memilih Biaya Premi

    Apabila formulir pendaftaran telah terisi dengan benar, berikut Anda akan diarahkan pada menu untuk memilih biaya premi. Biaya premi ada yang dibayarkan rutin tiap bulan atau tiap tahun. Pilihlah biaya premi sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

    Biasanya biaya premi yang berbeda akan mempengaruhi fasilitas dan fitur kesehatan yang ditawarkan oleh pihak asuransi.

  5. Melakukan Pembayaran

    Setelah menyimpan data yang telah diisi, berikutnya akan ada balasan notifikasi nomor registrasi melalui e-mail yang didaftarkan. Cetak atau print lembar virtual account pembayaran.

    Kemudian lakukan pembayaran melalui bank yang telah ditunjuk perusahaan asuransi tersebut.

  6. Bukti Pembayaran dan Konfirmasi Dari Pihak Asuransi

    Setelah melakukan pembayaran sesuai nomor virtual, Anda akan memperoleh bukti pembayaran. Pihak asuransi akan memproses pendaftaran Anda dalam beberapa hari pada hari kerja. Nantinya Anda akan menerima konfirmasi dari pihak asuransi.


Biaya Asuransi Kesehatan

Tahapan pembayaran premi asuransi begitu mudah. Anda bisa datang langsung ke bank dan melakukan pembayaran melalui teller ataupun menggunakan fasilitas mobile banking, autodebet, rekening, kartu kredit, dan dompet online.

Lakukan pembayaran sesuai dengan besaran premi Anda. Jika bukti pembayaran telah diberikan, artinya pembayaran premi berhasil. Berikut perkiraan biaya asuransi kesehatan secara umum.


Biaya asuransi kesehatan usia 1-20 tahun
  1. Paket Silver :
    242.500 per tahun
    24.250 per bulan

  2. Paket Gold :
    485.000 per tahun
    48.500 per bulan

  3. Paket Platinum :
    727.500 per tahun
    72.750 per bulan

Biaya asuransi kesehatan usia 21-30 tahun
  1. Paket Silver :
    305.000 per tahun
    30.500 per bulan

  2. Paket Gold :
    610.000 per tahun
    61.000 per bulan

  3. Paket Platinum :
    915.000 per tahun
    91.500 per bulan

Biaya asuransi kesehatan usia 31-40 tahun
  1. Paket Silver :
    396.000 per tahun
    39.600 per bulan

  2. Paket Gold :
    792.000 per tahun
    79.200 per bulan

  3. Paket Platinum :
    1.188.000 per tahun
    118.800 per bulan

Biaya asuransi kesehatan usia 41-50 tahun
  1. Paket Silver :
    567.500 per tahun
    56.750 per bulan

  2. Paket Gold :
    1.135.000 per tahun
    113.500 per bulan

  3. Paket Platinum :
    1.702.500 per tahun
    170.250 per bulan

Biaya asuransi kesehatan usia 51-60 tahun
  1. Paket Silver :
    870.000 per tahun
    87.000 per bulan

  2. Paket Gold :
    1.740.000 per tahun
    1.740.000 per bulan

  3. Paket Platinum :
    2.610.000 per tahun
    261.000 per bulan

Biaya asuransi kesehatan usia 61 tahun ke atas
  1. Paket Silver :
    1.190.000 per tahun
    119.000 per bulan

  2. Paket Gold :
    2.380.000 per tahun
    2.38.000 per bulan

  3. Paket Platinum :
    3.570.00 per tahun
    357.000 per bulan

Sekarang sobat OCBC NISP sudah memahami bahwa asuransi kesehatan adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dan keluarga dari tunggakan biaya rumah sakit. Jadi, masih ragukah Anda untuk mendaftar asuransi untuk kesehatan?

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All