Related Product

impor

impor

Apa itu Trade Finance? Ini Pengertian, Manfaat & Layanannya

22 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Trade Finance adalah layanan bank untuk memperlancar transaksi bisnis dalam & luar negeri. Ini pilihan & syarat pendaftarannya.

Mengelola bisnis bukan hanya soal proses jual-beli barang atau jasa di wilayah regional dan nasional. Ada banyak bisnis yang telah merambah ke berbagai wilayah di mancanegara. Namun, dengan bisnis yang semakin besar, pengelolaan keuangan juga akan bertambah rumit. Maka dari itu, bank-bank di Indonesia menawarkan layanan Trade Finance.

Trade Finance adalah suatu fasilitas dari bank yang membantu pemilik bisnis dalam mengelola proses jual-beli (dalam negeri) dan ekspor-impor (mancanegara) bersama mitra bisnis masing-masing. Harapannya adalah menciptakan kelancaran transaksi ekspor-impor.

Namun sebenarnya, apa itu trade finance? Apa saja layanan yang bisa dipilih dan bagaimana cara memanfaatkannya? Simak penjelasan artikel ini sampai habis ya!


Pengertian Trade Finance

Apa itu Trade Finance? Trade Finance adalah fasilitas yang ditawarkan oleh bank untuk mengelola proses transaksi, membiayai transaksi, serta mengendalikan risiko-risiko dalam proses bisnis. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, layanan berikut digunakan untuk transaksi perdagangan mancanegara (ekspor-impor) maupun skala nasional (jual-beli).


5 Manfaat Trade Finance

Nah, dari pengertian Trade Finance di atas, sobat OCBC NISP dapat menemukan 5 manfaatnya, antara lain:

  1. Menumbuhkan efisiensi pengelolaan modal usaha debitur.
  2. Mengatur risiko-risiko yang mungkin dihadapi debitur saat proses transaksi perniagaan.
  3. Menawarkan alternatif pembiayaan/kredit dengan struktur biaya yang kompetitif dibanding memanfaatkan layanan kredit konvensional.
  4. Kredibilitas debitur bisa meningkat di mata rekan bisnis.
  5. Layanan berikut juga memberikan sarana untuk mendukung kelancaran transaksi debitur.

8 Pilihan Layan Trade Finance

Telah banyak bank di Indonesia yang menawarkan layanan berikut kepada nasabahnya. Di mana tiap bank memberi pilihan berbeda-beda sesuai kebutuhan dan kepentingan bisnis nasabah. Apa saja itu? Berikut 8 pilihannya.

  1. Letter of Credit
    Letter of Credit adalah cara pembayaran dalam perdagangan internasional yang memungkinkan eksportir menerima pembayaran secara langsung tanpa perlu menunggu kabar dari luar negeri. Pembayarannya akan diterima apabila barang serta berkas yang dikirimkan ke luar negeri sudah sampai ke tempat tujuan.

  2. Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN)
    SKBDN atau Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri adalah instrumen yang diterbitkan oleh bank sesuai dengan permintaan pemohon yang isinya berupa janji untuk membayar sejumlah uang kepada penerima manfaat setelah persyaratan tertentu terpenuhi.

  3. Documentary Collection
    Documentary collection adalah sistem pembayaran dari penjual dengan mengirimkan barang kepada pembeli serta melakukan penagihan pembayaran menggunakan dokumen lewat layanan perbankan.

    Terdapat 4 jenis documentary collection yang bisa Anda pelajari. Apa saja itu? Mari simak penjelasannya di bawah ini:

    1. Local Inward Documentary Collection
      Layanan ini adalah penanganan dokumen penagihan pembayaran dalam skala lokal di Indonesia.

    2. Inward Documentary Collection
      Layanan ini merupakan penanganan dokumen penagihan pembayaran kepada pembeli untuk skala internasional.

    3. Local Outward Documentary Collection
      Documentary collection jenis ini adalah penanganan dokumen jual-beli lokal yang menggunakan skema non-LC, diterbitkan oleh bank atas permintaan pemohon untuk menagih pembayaran ke pembeli.

    4. Outward Documentary Collection
      Sementara itu, documentary collection jenis ini juga merupakan penanganan dokumen jual-beli, tapi dalam skala internasional (ekspor). Dokumen berikut menggunakan skema non-LC, diterbitkan oleh bank atas permintaan pemohon untuk menagih pembayaran ke eksportir.

  4. Pembiayaan Ekspor
    Sesuai dengan namanya, pebisnis diberi kesempatan untuk mengajukan pembiayaan/kredit ekspor kepada bank. Kredit ini berbeda dengan kredit konvensional karena memang dikhususkan untuk jual-beli mancanegara. Sehingga, proses pendaftaran dan cicilannya lebih praktis.

  5. Pembiayaan Impor
    Sama dengan pembiayaan ekspor, pembiayaan impor merupakan layanan pembiayaan yang ditawarkan oleh bank. Bedanya, kredit ini mengurus pembiayaan barang yang dibeli dari luar negeri dan dijual di dalam negeri.

  6. Shipping Guarantee
    Shipping guarantee adalah jasa penerbitan jaminan yang disediakan oleh bank untuk diberikan importir kepada perusahaan/agen pelayaran supaya barang yang sampai sebelum bill of lading bisa diambil terlebih dahulu.

  7. SBLC (Standby Letter of Credit) dan Demand Guarantee
    Sedikit berbeda dengan Letter of Credit, SBLC serta Demand Guarantee adalah layanan jaminan yang disediakan oleh bank untuk melaksanakan jasa pihak ketiga dalam proses perniagaan.

  8. Bank Garansi
    Bank Garansi adalah layanan jaminan pembayaran yang disediakan bank dalam bentuk warkat untuk melancarkan kinerja bisnis nasional dan internasional Anda.


Syarat dan Cara Daftar Trade Finance

Tertarik untuk menggunakan layanan Trade Finance? Jika iya, maka sobat OCBC NISP wajib memahami syarat-syarat pendaftarannya terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

  1. Dokumen legalitas dari pemohon layanan Trade Finance
  2. Dokumen legalitas perusahaan
  3. Umumnya, bank juga mensyaratkan usaha sudah berjalan selama minimal 2 tahun
  4. Transaksi yang mendasari permohonan. Anda perlu membuktikan dengan penyerahan beberapa dokumen tertentu oleh debitur, yaitu wesel, invoice, surat Trust Receipt, surat sanggup, dokumen pengapalan, L/C SKBDN, dan atau dokumen lain yang dianggap penting oleh bank.

Jika sudah memenuhi persyaratannya, terdapat dua metode yang bisa Anda gunakan untuk mengajukan permohonan ke bank. Sobat OCBC NISP dapat melakukan pendaftaran dengan mendatangi bank secara langsung atau daring (online).

Langkah pendaftaran dengan datang langsung ke bank yaitu:

  1. Mendatangi kantor cabang bank terdekat dan mengantri ke Customer Service.
  2. Membawa berkas identitas pribadi dan berkas perusahaan.
  3. Mengisi formulir sesuai fasilitas yang ingin Anda gunakan.
  4. Customer service akan memverifikasi data yang Anda isikan. Sobat OCBC NISP bisa mengikuti instruksi yang disampaikan Customer Service.
  5. Jika proses sudah selesai, Anda bisa mulai menikmati layanan yang diinginkan.

Sementara itu, jika mengajukan permohonan secara daring (online), Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Mengunduh aplikasi mobile banking di gawai Anda, kemudian masuk ke aplikasi.
  2. Buka menu Trade Finance dan pilih fasilitas yang ingin Anda ajukan.
  3. Anda bisa mengisi formulir yang tersedia dalam aplikasi.
  4. Ikuti petunjuk yang tersedia dalam aplikasi. Biasanya, aplikasi akan meminta dokumen identitas pribadi dan dokumen perusahaan. Anda bisa mengupload-nya secara daring.
  5. Proses verifikasi juga dilakukan secara daring. Jika sudah selesai, maka Anda bisa menikmati layanan yang dipilih.

Trade Finance adalah layanan perbankan untuk membantu pebisnis melakukan proses jual-beli dan ekspor-impor tanpa harus menggunakan prosedur yang rumit, khususnya ketika ia tengah mengalami kekurangan dana.

Nah, bagi sobat OCBC NISP yang menginginkan fasilitas Trade Finance dengan pelayanan profesional dan biaya kompetitif, langsung saja datang ke kantor cabang OCBC NISP terdekat. Sebab, OCBC NISP siap mendukung kelancaran perusahaan Anda. Selamat berbisnis!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment, Daily Update - 24 May 2022

Investment Research: King Dollar's Impact On Markets

Read

News Update - 17 Apr 2022

Macroeconomics: Fed Minutes - Hawkish Again

View All