Related Product

Cash Management

Cash Management

7 Layanan Cash Management Untuk Memudahkan Bisnis

23 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Cash Management adalah layanan bank untuk mempermudah proses keuangan bisnis Anda. Yuk pelajari 7 layanannya di sini!

Salah satu aspek vital dalam suatu perusahaan adalah mengelola keuangan. Melihat hal tersebut, bank-bank di Indonesia menciptakan layanan cash management yang mampu memudahkan transaksi dan pengelolaan finansial bisnis Anda.

Cash management adalah sebuah layanan yang ditawarkan oleh bank kepada perusahaan, mulai dari tingkat transaksi keuangan sederhana hingga kompleks, sehingga menciptakan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi dengan mitra bisnis.

Nah, layanan berikut bukan hanya memiliki satu fitur saja, tapi terdapat sub-layanan yang dapat Anda manfaatkan. Agar sobat OCBC NISP tidak bingung, yuk pelajari tiap layanannya satu per satu!


Pengertian Cash Management

Di sebuah perusahaan, apalagi perusahaan besar, arus keuangan berjalan hilir mudik setiap hari. Bukan hanya satu-dua, tapi bisa belasan, puluhan, hingga ratusan. Setiap transaksi harus terekam dan diawasi secara profesional. Semuanya dilakukan agar kinerja bisnis tetap berjalan dengan baik.

Nah, agar para pebisnis mendapat dukungan, bank-bank di Indonesia memberikan layanan berupa Cash Management atau pengelolaan keuangan. Cash Management adalah jasa perbankan yang ditawarkan untuk membantu pengelolaan berbagai sistem keuangan perusahaan. Para pebisnis bisa mengatur sendiri fasilitas apa yang diterapkan dan siapa saja pemegang wewenangnya.


Pilihan dan Cara Kerja Cash Management

Pilihan layanan Cash Management yang ditawarkan setiap bank di Indonesia berbeda-beda. Namun, secara umum ada 7 layanan yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis dalam menjalankan usahanya, yaitu:

  1. Informasi rekening dan monitoring transaksi
    Agar mampu mengetahui arus keuangan yang amat sibuk, perusahaan sobat OCBC NISP dapat menggunakan fitur berupa informasi rekening dan monitoring transaksi. Anda bisa mengeceknya dalam laporan cetak maupun secara daring.

  2. Virtual account
    Virtual account merupakan layanan pengelolaan serta penerimaan uang yang dapat digunakan untuk bisnis Anda. Fitur ini akurat karena setiap penerimaan dana dapat teridentifikasi secara tepat. Fitur ini juga mudah digunakan. Penerimaan dan pengeluaran dana juga dilakukan secara real time.

  3. Antar-Jemput Uang dan Cek (Cheque)
    Terkadang ada beberapa bisnis yang harus bertransaksi secara tunai. Namun, untuk menempuh perjalanan mengirimkan uang membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar.

    Nah, agar memudahkan proses pengantaran uang tunai, perusahaan Anda bisa menggunakan layanan antar-jemput uang. Layanan ini juga bisa mengirimkan cek ke orang yang dituju. Layanan ini terjamin aman dan efisien.

    Biaya yang Anda keluarkan disesuaikan dengan jumlah dana, satuannya, jarak, serta premi asuransinya.

  4. Pembayaran Pajak Bisnis
    Terkadang para pebisnis merasa malas membayar pajak bisnis bukan karena mereka tidak mampu, tapi karena perhitungan dan prosesnya yang dirasa rumit.

    Agar tidak telat atau lupa membayar, Anda bisa menggunakan layanan pembayaran pajak bisnis dari bank yang bisa dimanfaatkan secara online. Layanan tersebut juga aktif 24/7 dan menggunakan sistem terbaru. Penerbitan ID Billing dilakukan secara cepat dengan modul MPN G3.

    MPN G3 adalah Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga yang diterbitkan oleh pemerintah agar membantu proses pembayaran pajak. Sehingga, kewajiban Anda terbayarkan dan pemerintah bisa mengumpulkan pendapatan untuk meneruskan pembangunan.

  5. Pengiriman uang ke dalam dan luar negeri
    Mengirimkan uang tidak pernah semudah ini. Anda bisa menggunakan layanan pengiriman dari bank yang dilengkapi 10 pilihan mata uang asing. Anda juga akan mendapatkan nilai kurs yang kompetitif. Uang tersebut akan sampai di hari yang sama, jadi Anda tidak perlu menunggu terlalu lama.

  6. Bulk payment
    Jika Anda butuh mentransfer uang ke beberapa rekan bisnis sekaligus, sobat OCBC NISP bisa menggunakan layanan pengelolaan keuangan berupa Bulk Payment. Sehingga, dalam sekali transaksi, Anda mampu menyelesaikan seluruh pembayaran.

  7. Pengaturan tagihan/piutang perusahaan
    Terkadang dalam transaksi perusahaan terjadi utang-piutang antar-rekan bisnis. Agar tidak lupa atau hilang, Anda bisa menggunakan layanan pengelolaan tagihan/piutang perusahaan.

    Layanan tersebut memastikan Anda bisa memeriksa setiap piutang yang dimiliki perusahaan, sehingga sobat OCBC NISP tidak mengalami kerugian.

Nah, dari 7 layanan tersebut, Anda bisa memilih satu atau lebih layanan sesuai dengan kebutuhan. Sebab, Cash Management adalah layanan yang tidak memaksa dan cukup fleksibel, sehingga bisa diselaraskan dengan tujuan bisnis Anda.


Cara Mendaftarkan Perusahaan ke Layanan Cash Management

Cash Management adalah layanan yang cukup mudah untuk didapatkan. Anda hanya perlu memenuhi persyaratan serta menjalankan tahapan-tahapan pendaftaran sesuai ketentuan.

Persyaratan yang diberikan bank untuk mendaftarkan perusahaan Anda ke layanan ini biasanya berbeda-beda. Namun, secara umum, Anda perlu memiliki rekening terlebih dulu di bank tersebut.

Di samping itu, sobat OCBC NISP juga perlu mengisi formulir dari bank agar data permohonan Anda tercatat di bank.

Setelah Anda selesai mengumpulkan dan memenuhi persyaratan, Anda bisa mulai menjalankan tahapan mendaftar layanan Cash Management, yaitu:

  1. Mempersiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Buat rekening di bank tersebut jika belum punya.
  3. Di kantor cabang bank tersebut, Anda bisa mengambil nomor antrian ke Customer Service.
  4. Jika nomor Anda sudah dipanggil, Anda bisa menyampaikan tujuan untuk mendaftarkan perusahaan ke layanan Cash Management.
  5. Sobat OCBC NISP mengisi formulir sesuai ketentuan. Ikuti instruksi Customer Service dan sampaikan pertanyaan Anda jika masih ada yang dibingungkan.
  6. Jika sudah dibuat, sobat OCBC NISP bisa menggunakan fasilitas yang diminta.

8 Manfaat Cash Management

Setelah menyelesaikan pendaftaran dan memilih layanan, terdapat 8 manfaat Cash Management yang bisa Anda dapatkan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  1. Anda bisa menggunakan waktu, memenuhi biaya, administrasi, serta pengelolaan kerja secara efisien.
  2. Mudah digunakan dan memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung kinerja bisnis Anda.
  3. Anda bisa menjalankan transaksi bisnis secara cepat.
  4. Pengaturan arus kas menjadi lebih mudah, gesit, dan akurat.
  5. Dengan fleksibilitas layanan ini, Anda juga bisa menyesuaikan layanan yang digunakan sesuai kebutuhan.
  6. Keamanan dan otorisasi transaksi ada di tangan Anda. Ada bermacam sistem keamanan yang bisa sobat OCBC NISP manfaatkan.
  7. Jumlah pengguna dapat dikelola dengan mudah. Siapa yang bisa menggunakan dan siapa yang tidak.
  8. Wewenang atau akses pada rekening serta layanan juga bisa dikelola. Misalkan, siapa saja yang bisa mengakses layanan pembayaran pajak dan siapa yang tidak.

Menggunakan layanan Cash Management adalah pilihan yang tepat untuk mempermudah pengecekan rekening, pengontrolan transaksi, dan juga pengiriman/penerimaan dana. Fasilitas berikut sangat praktis sehingga mampu menghemat waktu para pelakunya.

Nah, sekarang sobat OCBC NISP sudah memahami bagaimana cara mendapatkan layanan ini di bank. Setiap bank memiliki penawaran layanan Cash Management yang berbeda, jadi jangan sampai salah memilih bank, ya. Kalau Anda masih bingung, langsung saja datang ke cabang OCBC NISP terdekat dan temukan layanan terbaik di sana. Yuk cerdas berbisnis!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

News Update - 17 Apr 2022

Macroeconomics: Fed Minutes - Hawkish Again

Read

Education - 15 Apr 2022

Restrukturisasi Kredit: Pengertian, Jenis, Syarat dan Contoh

View All