Related Product

Tanda 360

Tanda 360

Apa itu Rekening Bersama? Ini Kegunaan & Cara Daftarnya

24 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Rekening bersama adalah rekening yang diterbitkan atas nama lebih dari satu orang. Simak cara membuat & memakainya di sini!

Pernahkah Anda mendengar istilah rekening bersama? Sesuai namanya, rekening bersama adalah rekening atas nama lebih dari satu orang. Rekening ini berguna untuk mengurangi potensi penipuan yang kerap terjadi pada transaksi jual beli online.

Nah, jika Anda sering melakukan transaksi atau hendak berencana melakukan aktivitas jual beli berbasis internet, maka Anda wajib memiliki rekening ini. Oleh karena itu, yuk pelajari cara membuat hingga cara menggunakan rekening bersama sekarang juga!


Apa itu rekening bersama?

Jika menilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian rekening bersama adalah sebuah rekening yang diterbitkan beratas nama lebih dari seorang. Umumnya, rekening tersebut digunakan oleh pasangan atau mitra kerja.

Dalam konteks bisnis antar-mitra, rekening berikut berfungsi sebagai pihak ketiga untuk menampung dana selama masa jual beli. Kedua pihak harus memilih dan menyetujui penyedia layanan rekening tersebut.

Kemudian, saat pembeli membayarkan dana, penjual tidak langsung menerimanya, tapi disimpan oleh penyedia layanan rekening ini. Saat barang sudah terkirim, diterima oleh pembeli, dan barang sudah sesuai dengan pesanan, maka pembeli akan mengkonfirmasinya.

Uang yang sudah tersimpan akan ditransfer ke rekening penjual sesuai dengan nominal pembelian. Sehingga, dari seluruh proses tersebut, pembeli mendapatkan barang yang diinginkan, penjual mendapatkan uang pembayaran, dan penyedia layanan mendapatkan komisi atas layanannya.

Sementara itu, jika konteksnya adalah rekening untuk pasangan, tujuan umum pembuatan rekening tersebut adalah sebagai dana cadangan keluarga. Kedua pemilik bisa mengakses rekening tersebut dan bertransaksi menggunakannya. Nantinya, laporan keuangan juga akan diberikan kepada kedua pemilik.


Keunggulan dan kekurangan rekening bersama dalam bisnis

Nah, dari contoh di atas, sobat OCBC NISP juga perlu mempelajari apa saja keunggulan dan kekurangan rekening tersebut. Khususnya untuk transaksi bisnis.

Keunggulan Rekening Bersama

Terdapat 3 keunggulan yang bisa didapatkan dalam transaksi jual-beli. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  1. Layanan rekening berikut merupakan kesepakatan antara pihak pembeli dan penjual. Dana yang tersimpan dalam rekening tersebut tidak bisa diambil secara diam-diam.
  2. Dari sudut pandang pembeli, dana yang telah dikirimkan akan diserahkan kepada penjual setelah proses pengiriman barang selesai.
  3. Dari sudut pandang penjual, ia akan mendapat kepastian bahwa dana dari pembeli telah ditransfer dan tersimpan di rekening.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kedua belah pihak sama-sama mendapat keuntungan, yakni merasa aman saat bertransaksi online dan meraih tujuan mereka.

Kekurangan Rekening Bersama

Sayangnya, terdapat 2 kekurangan rekening berikut yang juga perlu diperhatikan. Apa saja itu? Ini daftarnya.

  1. Dari sudut pandang penjual, arus keuangan perusahaan menjadi tersendat karena dana masih ditampung di rekening ini dan pihak penjual hanya bisa mendapatkan uang dari dua kondisi:
    1. Pembeli menyatakan barang telah diterima dalam platform marketplace.
    2. Biasanya, sistem pengiriman barang akan mengubah status barang menjadi terkirim saat paket sudah sampai ke kediaman pembeli. Namun, jika pembeli lupa mengkonfirmasi, biasanya terdapat tenggat waktu agar status barang berubah menjadi diterima.
  2. Apabila tidak ada persetujuan dari kedua belah pihak, maka dana akan diendapkan selamanya.

Cara menggunakan rekening bersama untuk bisnis

Dalam sebuah platform marketplace, umumnya platform tersebut sudah menyediakan rekening bersama untuk seluruh penjual dan pembeli. Sehingga, Anda tidak perlu mendaftar lagi.

Agar tidak salah langkah saat menggunakan layanan tersebut dalam bisnis Anda, yuk ikuti tahapan-tahapan mudahnya:

  1. Dari kedua belah pihak, yaitu pembeli dan penjual, sepakat untuk memilih layanan rekening yang hendak digunakan.
  2. Di tahap kedua, pembeli mengirimkan uang senilai dengan total nominal produk yang dibeli beserta jasa rekening yang dipilih.
  3. Cara menggunakan rekening bersama yang ketiga yaitu proses pembeli menginformasikan bahwa dana pembayaran telah dikirimkan ke penyedia layanan.
  4. Jika dana sudah diterima penyedia layanan, pihak tersebut akan mengabarkannya kepada penjual agar segera mengirimkan paket barang kepada pembeli.
  5. Pembeli yang sudah menerima paket dapat mengkonfirmasi ke penyedia layanan.
  6. Penyedia layanan akan mentransfer dana yang tersimpan pada penjual.
  7. Penjual juga akan mengkonfirmasi bahwa dana telah diterima. Maka transaksi telah selesai.

Cara membuat rekening bersama untuk pasangan

Nah, berbeda dengan bisnis, fungsi rekening ini bagi pasangan adalah sebagai dana cadangan keluarga.

Bedanya dengan rekening biasa yaitu rekening ini bisa diakses dua orang. Sehingga, apabila terjadi keadaan darurat dan salah satunya tidak mampu mengakses, maka satu orang lagi bisa menggunakan rekeningnya.

Cara daftar rekening bersama hampir mirip dengan membuat rekening perorangan, yaitu:
  1. Anda dan pasangan perlu mendatangi kantor cabang bank terdekat dengan membawa dokumen identitas pribadi.
  2. Cara daftar yang kedua adalah mengisi formulir di customer service. Anda dan pasangan harus mengisi formulir agar tersimpan dalam data bank.
  3. Customer Service akan memverifikasi data kemudian menyerahkan buku tabungan, kartu ATM, serta akses ke fasilitas m-banking atau internet banking sesuai permintaan Anda. Rekening tersebut sudah bisa digunakan bersama-sama.

Cara menggunakan rekening bersama untuk pasangan

Cara menggunakan rekening ini mirip dengan pemakaian rekening konvensional. Dari dua orang pemilik rekening, mereka bisa menabung, bertransaksi dengan orang lain, dan mengecek informasi rekening setiap saat. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Sobat OCBC NISP atau pasangan bisa menggunakan mesin ATM untuk menarik dana tunai atau mentransfer uang ke rekening lain.
  2. Anda juga bisa menggunakan jasa teller di kantor cabang bank terdekat untuk bertransaksi.
  3. Jika ingin di rumah saja, Anda bisa menggunakan SMS Banking, internet banking, maupun m-banking.

Itulah pengertian rekening bersama, cara membuatnya, serta cara menggunakannya. Sobat OCBC NISP bisa menggunakannya bersama pasangan, untuk keperluan jual beli, ataupun berbisnis di platform marketplace. Selamat bertransaksi!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All