Related Product

Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Nyala

Nyala

Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

10 Peluang Bisnis yang Menjanjikan untuk Pemula

29 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Setiap orang ingin memperoleh penghasilan tambahan. Sayangnya banyak orang bingung harus mendapatkan penghasilan tambahan dari mana.

Padahal jika Anda jeli, terdapat macam-macam peluang bisnis yang menjanjikan untuk pemula yang bisa dicoba hanya dengan modal kecil.

Sebenarnya peluang usaha atau bisnis ada jika Anda mencari ide usaha yang bagus lalu melaksanakan ide-ide bisnis itu. Akan tetapi, kira-kira apa peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil tersebut? Langsung saja cari jawabannya di bawah ini.


10 Peluang Bisnis yang Menjajikan untuk Pemula

Jika Anda masih belum menemukan ide bisnis, berikut rekomendasi peluang bisnis yang menjanjikan untuk pemula dengan modal kecil. Jangan sampai terlewatkan, ya!

  1. Reselling dan dropshipping
    Reselling dan dropshipping adalah jenis usaha yang menjanjikan dengan modal kecil bahkan bisa dilakukan tanpa modal sepeserpun.

    Reselling adalah bisnis menguntungkan yang dimulai dari membeli sebuah produk lalu Anda menjualnya lagi.

    Sementara dropshipping merupakan bisnis yang menjual produk tanpa harus memiliki produk itu sendiri. Jadi, Anda sebagai dropshipper akan menjual produk orang lain dengan seizin pemilik.

    Usaha kecil yang menjanjikan ini umumnya menuntut Anda untuk memiliki smartphone, kuota internet, dan cara pemasaran. Mudah, bukan?

  2. Online shop (Olshop)
    Seiring berkembangnya teknologi, Anda tidak perlu membuka toko offline untuk menjual produk. Sebab perkembangan teknologi telah mempermudah segalanya termasuk memulai usaha yang menjanjikan bermodal kecil berbasis internet. Ya, apalagi kalau bukan Olshop atau Online Shop.

    Belanja online semakin diminati banyak orang. Oleh sebab itu, membuka toko online menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk pemula akhir-akhir ini. Tak perlu rumit, pemasaran produk bisa langsung dilakukan di sosial media dan marketplace.Produk pun dapat diperoleh melalui reselling dan dropshipping. Sangat mudah!

  3. Affiliate marketing
    Affiliate marketing adalah bisnis online di mana Anda bertugas untuk mencari banyak pengunjung website merchant dengan memberikan referensi link berkode khusus.

    Affiliate marketing adalah bisnis online di mana Anda bertugas untuk mencari banyak pengunjung website merchant dengan memberikan referensi link berkode khusus.

  4. Bisnis franchise
    Peluang bisnis yang menjanjikan untuk pemula berikutnya adalah usaha bidang franchise. Jika Anda memiliki modal cukup dan tak ingin repot memikirkan konsep bisnis, maka franchise adalah pilihannya.

    Franchise dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai waralaba. Franchise adalah bisnis menguntungkan di mana beberapa orang berbeda memiliki dan menjalankan usaha dengan brand yang sama. Sehingga, konsumen menganggap bahwa brand tersebut telah sukses karena beredar di mana-mana.

    Jika sobat OCBC NISP berencana melakukan waralaba atau franchise, maka Anda tak perlu memikirkan konsep bisnis tersebut, sebab seluruh konsepnya telah tersedia. Anda hanya butuh lokasi strategis untuk membuka usaha tersebut dan menjalankannya. Ada banyak sekali jenis franchise, namun yang tengah populer saat ini adalah bisnis makanan hingga minuman.

  5. Usaha makanan
    Bisnis makanan ringan juga menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Jika Anda ingin terjun pada bisnis kuliner, syarat utama agar usaha cepat berkembang pesat adalah dengan menjaga kualitas makanan agar tetap enak dilidah masyarakat.

  6. Menjual aksesoris handphone
    Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama, maka menjual aksesoris handphone bisa menjadi peluang usaha kecil yang menjanjikan untuk Anda coba.Anda bisa menjual aneka jenis aksesoris hp seperti power bank, baterai, casing, handsfree, kartu perdana, paket data hingga pulsa.

  7. Jasa desain grafis
    Pemasaran online semakin berkembang. Akibatnya desain grafis banyak dibutuhkan pada dunia pemasaran online untuk membuat poster, website desain, pembuatan logo, banner, hingga UI/UX pada aplikasi. Jika Anda ahli dibidang desain grafis, manfaatkan skill tersebut untuk meraup keuntungan.

  8. Fotografer
    Walaupun kamera smartphone semakin canggih, namun tidak semua orang bisa memotret secara profesional. Peluang usaha jasa fotografer semakin dibutuhkan masyarakat terutama pebisnis untuk melakukan foto produk.

    Acara pernikahan, foto produk, dan sejenisnya masih membutuhkan jasa fotografer. Bagi Anda yang memiliki keahlian dan hobi hunting foto, maka hal tersebut bisa diubah menjadi cuan.

  9. Digital marketing agency
    Sudah bukan rahasia umum jika bisnis jasa pemasaran online banyak bermunculan di era digitalisasi ini. Pasalnya, persaingan antar bisnis online akhir-akhir ini semakin ketat. Sehingga, beberapa bisnis membutuhkan jasa pemasaran online untuk meningkatkan penjualan suatu usaha.

    Jasa pemasaran online atau digital marketing agency dapat dijadikan pilihan bisnis yang menjanjikan. Apabila Anda memiliki keahlian di bidang pemasaran online, namun tidak tertarik menjual produk, maka layanan jasa marketing tetap bisa dimanfaatkan dalam menghasilkan profit.

  10. Usaha aneka ternak
    Hewan ternak banyak dibutuhkan sebagai sumber makanan. Usaha ternak dapat menjadi bisnis yang menjanjikan. Walaupun membutuhkan modal cukup besar, namun berbanding lurus dengan keuntungan yang akan diperoleh. Sebab, Anda berbisnis produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.


4 Tips Menjalankan Bisnis dengan Sukses

Agar Anda mencapai kesuksesan dalam berbisnis, berikut tips menjalankan bisnis yang harus dipraktekkan.

  1. Riset
    Sebelum memulai berbisnis, sebaiknya Anda melakukan persiapan secara matang. Salah satu persiapannya yaitu dengan melakukan riset pasar. Melakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan jenis usaha yang dipilih, menganalisa target pasar, dan peluang bisnis. Sehingga usaha Anda mampu menarik perhatian target pembeli.

  2. Memiliki mentor bisnis
    Agar kesuksesan segera diraih, sebaiknya Anda memiliki mentor bisnis. Banyak para pengusaha yang sukses sebab dibantu oleh mentor bisnis. Belajar dari orang yang memiliki pengalaman tentunya mampu membawa Anda menuju kesuksesan lebih cepat.

  3. Fokus pada satu bisnis
    Menjalankan satu bisnis memerlukan usaha dan waktu yang lebih besar. Sehingga jangan terburu-buru untuk menggandakan keuntungan dengan memulai usaha lain. Pastikan bisnis pertama dikelola hingga mencapai kestabilan. Setelah bisnis pertama stabil maka Anda bisa fokus menjalani bisnis kedua.

  4. Terbuka terhadap setiap evaluasi
    Salah satu rahasia kesuksesan berbisnis adalah proses belajar. Menjadi orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain pastinya akan membawa usaha Anda lebih baik dan terdepan.


Nah itulah beberapa ide bisnis yang menjanjikan untuk pemula. Jadi, peluang usaha manakah yang akan Anda pilih?

Sebagai tambahan informasi, apabila Sobat OCBC NISP membutuhkan modal dalam mengembangkan bisnis, Anda dapat mengajukan pinjaman atau kredit usaha pada OCBC NISP dengan berbagai penawaran menarik. Segera ajukan kredit agar usaha Anda bisa berjalan lancar. Semoga sukses!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All