Related Product

Nyala

Nyala

Tanda 360

Tanda 360

Wealth Management

Wealth Management

Apa itu Freelance -Syarat, Kelebihan, Kekurangan & Contoh

30 Mar 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Apakah ada pekerjaan yang dapat dilakukan dimana saja tanpa ada terikat waktu kerja?

Jawabannya ada. Yup, apalagi kalau bukan pekerjaan freelance. Freelance adalah pekerjaan yang dilakukan secara lepas.

Sedangkan, orang yang melakukan pekerjaan tersebut disebut juga sebagai freelancer. Lantas, bagaimana cara kerjanya? Yuk simak penjelasannya di sini.

Apa itu Freelance?

Freelance adalah jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di manapun dan kapanpun, asalkan pekerjaan tersebut selesai sesuai deadline yang diberikan klien. Meskipun begitu, pekerjaan freelance tetap memiliki kontrak kerja di setiap projek. Biasanya kontrak kerja tersebut berkaitan dengan proyek yang akan dikerjakan, harga, dan waktu pengerjaan.

Sedangkan freelancer adalah orang yang bekerja atau pelaku pekerjaan freelance. Pekerja lepas dapat berasal dari individu yang independen, perwakilan suatu perusahaan hingga agen yang menjual kembali pekerja lepas ke klien.

Freelancer adalah bos untuk dirinya sendiri. Sebab sebagai pekerja lepas, ia harus mampu mengurus diri, mengatur waktu, resistensi, bersikap profesional, dan memiliki hasil kerjaan yang maksimal.

4 Syarat Menjadi Freelancer

Semua orang bisa memilih menjadi pekerja lepas atau melakukan pekerjaan freelance. Namun, syarat-syarat berikut harus dipenuhi terlebih dahulu.

  1. Memiliki Komitmen dan Profesionalitas
  2. Pekerjaan freelance memang bebas bekerja di mana dan kapan saja. Sehingga Anda akan tidak atau jarang bertatap muka secara langsung dengan klien. Oleh karena itu, seorang pekerja lepas dituntut untuk berkomitmen dan profesional.

    Jangan sampai meremehkan pekerjaan karena waktu pengerjaannya bebas. Apapun yang terjadi pasti klien hanya ingin pekerjaan selesai tepat waktu dan tidak ingin tahu masalah yang dihadapi dalam pekerjaan yang dibebankan kepada Anda.

  3. Memiliki Keahlian dan Pengalaman
  4. Untuk mendapatkan projek dari klien, Anda harus membangun kepercayaan dan portofolio untuk menarik perhatian klien. Sehingga Anda harus memiliki skill dan keahlian pada bidang tertentu.

    Adanya pengalaman di bidang tersebut dapat menjadi portofolio dan bukti kepada klien bahwa Anda memang pekerja lepas yang kredibel. Keahlian dan skill yang dimiliki lebih baik teruji dengan melakukan sertifikasi. Sehingga akan menjadi freelancer yang profesional dan bersertifikasi.

  5. Karakter Disiplin
  6. Seorang freelancer adalah bos untuk dirinya sendiri. Sebab pekerjaan dilakukan secara lepas maka Anda harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Anda tidak boleh malas-malasan, mengerjakan pekerjaan projek tepat waktu, saat rapat dengan klien harus disiplin dan hal-hal lain yang dilakukan harus disiplin.

  7. Adanya Fasilitas Pendukung
  8. Pekerjaan secara lepas dilakukan secara mandiri. Sehingga tidak ada fasilitas yang disediakan oleh perusahaan atau kantor. Anda harus memiliki fasilitas pendukung sendiri dalam bidang keahlian tertentu. Akibatnya Anda harus mau mengeluarkan biaya sendiri untuk membeli peralatan komputer atau laptop, jaringan internet, atau tools tertentu.

4 Kelebihan Pekerjaan Freelance

Ada beberapa kelebihan dari pekerjaaan freelance diantaranya:

  1. Bebas Mengatur Waktu Jam Kerja
  2. Kelebihan pertama dari pekerjaan freelance adalah Anda bebas mengatur waktu bekerja. Tidak ada keterikatan waktu kerja membuat Anda lebih fleksibel. Apabila Anda selesai mengerjakan projek lebih cepat, maka Anda bisa segera beralih ke pekerjaan lainnya.

  3. Pendapatan
  4. Jumlah pendapatan fdari pekerja lepas tidak tetap dan cenderung fluktuatif. Jumlah pendapatan dapat ditentukan oleh pekerja lepas itu sendiri. Apabila Anda ingin memperoleh pendatan lebih besar maka Anda bisa mengambil projek lebih banyak dengan harga yang tinggi.

  5. Waktu Luang
  6. Menyeimbangkan waktu kerja dengan keluarga akan lebih mudah. Sebab banyaknya waktu luang jika projek sudah diselesaikan dapat dimanfaatkan untuk family time atau melakukan hobi lain.

  7. Kompetisi Sehat
  8. Pekerjaan freelance memiliki kompetisi bisnis yang tergolong sehat. Segala bentuk yang berkaitan dengan aplikasi sudah memiliki izin resmi sehingga membuat pengguna atau klien merasa nyaman.

Selain itu, perekrutan atau penerimaan projek didasarkan pada keahlian. Akibatnya minim adanya persaingan yang tidak sehat seperti nepotisme dalam dunia kerja.

4 Kekurangan Pekerjaan Freelance

Dibalik kelebihan dan kenyamanan, ada beberapa kekurangan dari pekerjaan freelance meliputi:

  1. Pendapatan Tidak Tetap
  2. Pendapatan seorang pekerja lepas memang fluktuatif sehingga kehidupan terjamin mungkin sulit didapatkan. Hal ini tidak cocok untuk orang-orang yang tidak dapat hidup dengan pendapatan tidak pasti.

  3. Sulit Bersosialisasi
  4. Pekerjaan lepas memang bebas dilakukan dimana saja. Sehingga Anda sering kesulitan untuk bersosialisasi. Apabila bekerja di kantor dapat bersosialisasi dengan teman kantor, sementara melalui kerja lepas, Anda hanya berkomunikasi secara bisnis oleh klien.

  5. Status Sosial
  6. Seorang pekerja lepas yang bekerja di rumah akan menimbulkan kesalahpahaman diantara keluarga dan tetangga. Sebab bekerja dari rumah sering dianggap pengangguran. Banyak orang zaman dahulu yang belum mengetahui bahwa pekerjaan bisa dilakukan dari rumah.

  7. Fasilitas
  8. Berbeda dengan pekerja kantoran yang mendapatkan fasilitas pendukung dari kantor, sementara pekerjaan freelance membuat Anda harus menyediakan peralatan dan fasilitas kerja secara mandiri. Tentu hal ini membuat Anda mengeluarkan biaya lebih.

7 Cara Menjadi Freelancer

Ada beberapa langkah agar Anda menjadi seorang freelancer antara lain:

  1. Riset Platform Penyedia Freelance
  2. Untuk memperoleh projek atau pekerjaan dari klien, Anda harus mengenalkan diri di berbagai platform pekerja lepas agar mudah dijumpai oleh klien. Sebaiknya Anda melakukan riset mendalam. Dengan mencari referensi dan rating dari berbagai situs penyedia pekerjaan lepas.

  3. Registrasi
  4. Ketika sudah menentukan pilihan platform terbaik, berikutnya Anda diharuskan melakukan registrasi. Caranya cukup mudah hanya dengan mendaftarkan email, mengisi data diri dan memilih sistem pembayaran.

    Jangan lupa untuk melampirkan portofolio dan riwayat pengalaman jika ada agar klien tertarik untuk memilih Anda. Anda juga harus memilih jenis atau bidang pekerjaan yang tepat sesuai dengan keahlian dan skill yang dimiliki.

    Selain melalui situs online, sebenarnya Anda juga dapat melamar ke pihak pertama langsung dengan cara mengirim lamaran serta data diri.

  5. Klien atau Pemilik Bisnis Mencari Freelancer
  6. Setelah melakukan registrasi dan mengenalkan profil Anda melalui situs-situs terpercaya. Kemudian klien atau pemilik bisnis akan mencari freelancer di situs tersebut sesuai dengan jenis keahlian yang dibutuhkan. Klien akan memilih sesuai kriteria yang dibutuhkan.

    Tak jarang juga klien membuat thread pada situs-situs marketplace pekerjaan lepas tentang jenis pekerjaan yang dibutuhkan. Berikutnya Anda sebagai seorang pekerja lepas dapat menawarkan jasa.

  7. Freelancer Mengerjakan Pekerjaan
  8. Apabila klien telah memilih Anda sebagai freelancer yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan. Anda harus mengerjakan projek sesuai dengan kesepakatan. Biasanya kesepakatan akan disetujui oleh kedua belah pihak terkait durasi waktu mengerjakan tugas dan jumlah biaya atas pekerjaan tersebut.

  9. Mengerjakan Pekerjaan Sesuai Kesepakatan
  10. Anda harus menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kesepakatan. Pekerjaan harus selesai tepat waktu dan jenis projek harus diselesaikan sesuai permintaan klien. Jangan sampai Anda salah mengerjakan projek tersebut. Apabila masih bingung, lebih baik bertanya sampai jelas dan paham kepada klien.

  11. Mengirimkan Hasil Projek ke Klien
  12. Hasil projek yang telah diselesaikan dalam waktu tertentu, kemudian akan dikirim kepada klien untuk dilihat hasilnya. Pengiriman file bisa melalui email ataupun lainnya. Apabila klien setuju dan puas dengan hasil pekerjaan Anda, maka projek dianggap selesai.

    Tetapi apabila klien meminta revisi, Anda harus segera memperbaikinya. Kemudian mengirimkan hasilnya kembali pada klien. Biasanya pada awal kesepakatan, Anda harus menentukan jumlah layanan revisi maksimal berapa kali.

  13. Mendapatkan Pembayaran
  14. Apabila tugas yang diberikan selesai, maka Anda akan memperoleh pembayaran. Pembayaran akan dikirimkan oleh klien melalui transfer atau akun pekerja lepas. Besaran uang yang diterima sesuai dengan kesepakatan awal kedua belah pihak.

Contoh Pekerjaan Freelance

Beberapa bidang pekerjaan dapat dilakukan secara lepas. Yuk simak contoh pekerjaan freelance yang sering dibutuhkan klien.

  • Freelance Writer
  • Desaigner
  • Programmer
  • Web Desaigner
  • SEO specialist
  • Social Media Specialist
  • Voice Over
  • Pembuat Aplikasi
  • Jasa Editing Video

Nah itulah uraian lengkap terkait pekerjaan freelance. Freelancer bekerja secara lepas kapanpun dan di manapun. Setelah mengetahui penjelasan di atas, apakah Sobat OCBC NISP tertarik untuk bekerja secara freelance?

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All