Related Product

Cash Management

Cash Management

ONe Mobile

ONe Mobile

7 Cara Menghemat Listrik Rumah Agar Tagihan Tak Membengkak

5 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Cara menghemat listrik perlu diterapkan setiap hari agar tagihan tak membengkak.

Seperti yang telah diketahui bersama, hampir seluruh kegiatan rumah tangga memerlukan listrik. Mulai dari mencuci, menyetrika, hingga memasak. Sayangnya, penggunaan alat-alat elektronik dapat membuat tagihan listrik bulanan membludak jika tidak terkelola dengan baik.

Nah, sebelum hal itu terjadi, alangkah baiknya apabila sobat OCBC NISP mengantisipasinya melalui 7 cara hemat listrik token maupun pascabayar yang efektif di bawah ini. Simak sampai habis, ya!


7 Cara Menghemat Listrik di Rumah

Berikut ini beberapa cara menghemat listrik yang dapat dilakukan dari rumah. Pastikan Anda dan keluarga menerapkannya setiap hari, ya.

  1. Mencabut kabel dan peralatan yang tidak digunakan
    Pasti Anda sering membiarkan charger handphone masih tertancap pada stop kontak walaupun sudah tidak digunakan, bukan? Nah saat ini Anda harus mengubah kebiasaan buruk tersebut.

    Walaupun charger sudah tidak digunakan, namun arus listrik tetap akan mengalir pada kabel-kabel yang masih terhubung dengan stop kontak. Tentunya listrik yang mengalir terbuang sia-sia kan?

    Jadi, agar tagihan per bulannya tak bertambah, cara menghemat listrik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyabut kabel dan peralatan yang sudah tidak digunakan dari stop kontak.

  2. Mematikan lampu saat siang hari
    Jika ditanya sebutkan perilaku hemat energi listrik, maka cara termudah yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menyalakan lampu seperlunya. Saat siang hari, manfaatkan sinar matahari untuk dijadikan penerangan utama.

    Lalu, pada malam hari, Anda dapat menyiasatinya menggunakan lampu hemat energi seperti lampu LED (Light Emitting Diode). Selanjutnya, matikan lampu ketika Anda tidur. Selain menghemat energi, tidur dalam keadaan gelap rupanya dapat meningkatkan rasa nyenyak.

  3. Menggunakan peralatan elektronik sesuai kebutuhan
    Cara menghemat listrik juga dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan elektronik yang diperlukan saja. Contohnya, hidupkan kipas angin atau AC ketika Anda merasa sumuk atau kepanasan dan matikan ketika sudah tak membutuhkannya.

    Pemilihan alat elektronik yang efisien juga diperlukan. Misalnya dengan memilih setrika yang dilengkapi dengan alat pengatur panas otomatis. Aktivitas menyetrika biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama. Jika alat setrika tidak memiliki alat pengatur panas otomatis, maka dapat mengakibatkan aliran listrik mengalir secara terus menerus.

    Terakhir, kurangi penggunaan alat elektronik yang tidak terlalu penting seperti dispenser dan pemanas air. Alih-alih memakai listrik, Anda bisa memanaskan air menggunakan kompor gas. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi tagihan listrik setiap bulannya.

  4. Tidak membuka kulkas terus menerus
    Apakah Anda sering membuka kulkas tanpa alasan yang jelas? Jika iya, maka kebiasaan tersebut harus dihilangkan dari sekarang.

    Membuka kulkas terlalu sering atau dalam waktu yang lama rupanya membuat kulkas mengeluarkan energi lebih besar. Di mana hal tersebut berimbas pada tagihan listrik di akhir bulan.

  5. Manfaatkan jendela dan ventilasi udara
    Air conditioner atau AC adalah peralatan elektronik yang menguras banyak energi listrik. Selain boros energi, AC dapat membuat lapisan ozon menipis.

    Untuk menghemat energi, minimalkan penggunaan AC dengan membuka seluruh ventilasi dan jendela agar udara segar bisa masuk ke dalam rumah. Dijamin, Anda pun tak memerlukan AC lagi.

  6. Menggunakan air mendidih saat memasak nasi
    Tahukah Anda bahwa memasak nasi menggunakan air mendidih adalah salah satu cara menghemat listrik yang efektif?

    Rupanya, penggunaan air mendidih pada rice cooker mampu mempercepat proses pematangan nasi. Sehingga, energi listrik yang dikeluarkan pun lebih sedikit.

  7. Mengganti listrik dengan sumber energi alternatif
    Cara menghemat listrik yang terakhir yaitu dengan memanfaatkan sumber energi alternatif seperti panel surya. Panel surya atau pembangkit listrik tenaga alam adalah metode menghemat listrik dengan memanfaatkan energi matahari. Sehingga, Anda tak perlu lagi membayar tagihan setiap bulan.


3 Hal Pentingnya Menghemat Listrik

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus berhemat listrik, yakni mulai dari menghindari pemborosan hingga menjaga atmosfer bumi. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak uraian di bawah ini.

  1. Agar tagihan listrik tidak terlalu besar
    Alasan pertama mengapa Anda harus menghemat listrik adalah agar pengeluaran rumah tangga tidak terlalu besar. Sehingga sobat OCBC NISP bisa mengurangi pengeluaran bulanan dan dana dapat dialokasikan ke kebutuhan yang lain.

  2. Mengurangi penggunaan energi fosil
    Listrik berasal dari batu bara yang terbuat dari fosil. Energi fosil adalah energi yang tidak dapat diperbaharui, sehingga menghemat listrik berarti mengurangi penggunaan energi fosil pula.

  3. Menjaga atmosfer bumi
    Pembangkit listrik, khususnya tenaga uap, mampu menimbulkan pencemaran udara sebab banyak gas karbon dioksida yang dihasilkan. Di mana gas tersebut dapat memengaruhi lapisan ozon. Oleh sebab itu, cara menghemat listrik perlu diberlakukan sedini mungkin demi menjaga atmosfer bumi tetap dalam kondisi baik.


Itulah beberapa cara menghemat listrik yang bisa Anda terapkan di rumah. Menghemat listrik rupanya tak hanya memberi manfaat pada diri sendiri, tetapi juga kepada bumi. Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajak keluarga, kerabat, dan anak-anak untuk mengurangi penggunaan listrik sekarang juga!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All