6 Tips Mencapai Financial Freedom Agar Masa Depan Terjamin

6 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Banyak orang berkerja keras untuk mencapai financial freedom di usia muda.

Namun, apa itu financial freedom? Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, financial freedom adalah situasi di mana seseorang sudah bebas secara finansial.

Bebas seperti apakah yang dimaksud? Apakah setiap orang wajib mencapai financial freedom? Jika iya, bagaimana caranya? Yuk temukan jawabannya pada artikel berikut.


Pengertian financial freedom

Financial freedom adalah suatu kondisi dimana seseorang bebas secara keuangan sehingga dapat mencukupi kebutuhan hidupnya tanpa harus bekerja. Biasanya orang yang mencapai fase ini telah memiliki berbagai aset berharga yang menghasilkan pendapatan secara rutin.

Apabila Anda tidak terbebani dari sisi keuangan, sebanyak apapun aset dan penghasilan yang dimiliki, maka bebas finansial telah tercapai. Kebebasan finansial dapat dicapai oleh siapa saja dengan profesi beragam tanpa harus menjadi pengusaha .


Apa indikator seseorang telah mencapai financial freedom

Sebenarnya financial freedom bersifat subjektif bagi setiap orang karena tujuan keuangan, kebutuhan, dan pendapatannya pun berbeda-beda. Namun ada beberapa indikator yang secara umum bisa dijadikan ukuran apakah Anda telah mencapai financial freedom atau belum, diantaranya:

  1. Tidak mengeluarkan banyak tenaga dan waktu
    Seseorang dapat dikatakan bebas secara keuangan apabila tidak lagi mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk mencukupi kebutuhan.

  2. Jumlah penghasilan tiga kali lipat dari pengeluaran
    Indikator kedua adalah besaran penghasilan berkali lipat dari pengeluaran sebulan. Biasanya, seseorang dengan penghasilan tiga kali lipat dari pengeluaran artinya sudah aman secara finansial.

    Sebab jarak atau gap yang jauh antara penghasilan dan pengeluaran dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk mengembangkan uang melalui instrumen investasi.

  3. Terpenuhinya kebutuhan hidup
    Dalam kehidupan, ada banyak alokasi keuangan yang harus direncanakan dan dipenuhi. Apabila seseorang telah mampu mencukupi kebutuhan pokok, dana pendidikan, dana pensiun, dana darurat, alokasi liburan, dan alokasi keuangan lainnya, maka kondisi tersebut termasuk bebas secara finansial .

  4. Tidak terbebani cicilan hutang
    Bebas finansial bukan berarti tidak berutang. Jika kalkulasi aset bisa menutup angsuran utang dan membuat Anda tidak terbebani utang, maka hal tersebut termasuk bebas secara finansial.

    Hutang yang dimaksud juga bersifat produktif, bukan konsumtif. Hutang produktif adalah dana yang dijadikan modal usaha agar mendapat keuntungan lebih besar.


Tips mencapai financial freedom

Merencanakan kebebasan keuangan penting bagi setiap orang. Pasalnya suatu saat Anda akan kehilangan kemampuan bekerja seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda sejak dini untuk mencapai financial freedom. Berikut adalah tips mencapai financial freedom yang bisa dicoba:

  1. Memahami kondisi financial sekarang
    Sebelum mampu mencapai financial freedom, Anda perlu mengukur kemampuan pendapatan, pengeluaran bulanan dan kebutuhan jangka panjang.

    Mengapa demikian? Sebab bebas secara finansial tidak diukur dari seberapa besar penghasilan, tetapi apakah penghasilan tersebut mampu memenuhi seluruh kebutuhan.

    Dengan mengenali kondisi keuangan pribadi, Anda dapat mengetahui apakah pendapatan yang dimiliki mampu memenuhi kebutuhan hidup baik jangka pendek maupun panjang.

  2. Menetapkan tujuan keuangan (financial goal)
    Dalam mencapai financial freedom, Anda juga harus memiliki financial goal. Financial goal adalah tujuan keuangan.

    Menentukan tujuan keuangan dapat memudahkan Anda dalam menyusun strategi mencapai kebebasan finansial. Tujuan keuangan setiap orang berbeda-beda, maka cara dan usahanya juga perlu disesuaikan dengan tujuan masing-masing.

  3. Mengelola cash flow
    Cash flow adalah dana yang diperoleh dari penghasilan lalu dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan dalam jangka waktu tertentu.

    Mengelola cash flow akan membuat keuangan menjadi stabil. Sehingga Anda dapat mengetahui secara jelas, pengeluaran apa saja yang dibutuhkan.

    Cara mengelola cash flow yang baik:

    • Mengelola hutang
      Utang bisa membantu Anda mengembangkan aset sehingga menghasilkan keuntungan.
    • Hidup sesuai kemampuan
      Pastikan pengeluaran Anda tidak lebih besar dari pendapatan.
  4. Mencari Sumber Pendapatan Lain
    Walaupun sudah berhemat, namun pemasukan dan pengeluaran masih cepat habis. Maka cara yang dapat dilakukan untuk mencapai kebebasan secara finansial adalah dengan menambah sumber pendapatan.

    Hasil dari sumber pendapatan lain bisa Anda manfaatkan untuk menambah aset baru. Di mana hasil aset tersebut nantinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    Terdapat dua cara untuk menghasilan pendapatan baru, antara lain:

    • Mengembangkan usaha
      Mengembangkan usaha seperti berjualan atau menjajakan jasa bisa Anda coba untuk menghasilkan pendapatan baru.
    • Passive income
      Passive income adalah memperoleh penghasilan tanpa melakukan banyak aktivitas. Passive income bisa diperoleh melalui investasi, menyewakan properti, atau membuat video di youtube.
  5. Investasi
    Merencanakan masa depan adalah salah satu usaha mencapai financial freedom. Uang yang dimiliki sekarang akan memiliki nilai yang berbeda pada 5 tahun mendatang. Hal ini terjadi karena adanya inflasi.

    Untuk menjaga nilai uang yang dimiliki, Anda dapat melakukan investasi mulai dari investasi emas, saham, properti, dan reksadana. . Pilihlah instrumen investasi yang cocok dan sesuai kebutuhan.

    Namun, sebelum itu pastikan Anda telah memahami risiko instrumen investasi yang dipilih dan investasikan dana secara rutin.

  6. Mendaftarkan diri ke asuransi
    Masa depan memang penuh ketidakpastian, sehingga Anda perlu melindungi aset yang dimiliki saat ini. Jangan sampai Anda telah bekerja keras mengumpulkan dana untuk mencapai financial freedom, tapi dana tersebut hilang karena hal tak terduga.

    Mendaftar asuransi adalah salah satu bentuk proteksi untuk melindungi diri dari sesuatu tak terduga di masa depan. Pilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.


Anda telah mengetahui berbagai hal terkait financial freedom dan cara mencapainya. Dengan meraih hal tersebut, Anda bisa bebas memutuskan jalan hidup tanpa perlu khawatir dengan kondisi finansial.

Jika tertarik mempersiapkannya dari sekarang, Anda bisa mendatangi kantor cabang bank OCBC NISP terdekat untuk mencoba program Financial Fitness. Jangan sampai terlewatkan, ya!

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

Wealth Management

Wealth Management

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC NISP
ONe Mobile
ONe Mobile

ONe Mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama ONe Mobile yang baru.
Tanda 360

Tanda 360

Savings for daily transactions with 12 currency options in 1 account
TAKA

TAKA

Manage finances to meet needs and ease of transactions

Download ONe Mobile