8 Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah & Cepat

7 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Cara mendapat passive income rupanya mudah, contohnya dengan memiliki kos-kosan.

Sesuai dengan istilahnya, passive income adalah pendapatan pasif yang bisa dihasilkan dengan aktivitas seminim mungkin.

Bahkan, terkadang Anda tidak perlu melakukan aktivitas sama sekali untuk mendapatkan pasif income. Contohnya seperti bisnis indekos yang bisa menghasilkan pendapatan bulanan atau tahunan tanpa harus bekerja sedikitpun.

Menarik, bukan? Nah, jika ingin memperoleh pemasukan pasif seperti itu, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.


Apa itu passive income

Sebelum membahas tentang cara mendapatkan passive income, ada baiknya bagi Anda untuk memahami pengertiannya terlebih dahulu.

Melihat aktivitas yang kerap sobat OCBC NISP lakukan sehari-hari, mungkin Anda lebih familiar dengan active income dibanding pasif income. Active income adalah pendapatan yang dihasilkan lewat pekerjaan yang ditekuni dan dilakukan secara intens. Contohnya seperti gaji bulanan, honor, upah kerja setelah melakukan jasa tertentu, dan sebagainya.

Sementara itu, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, pasif income artinya pendapatan pasif. Passive income adalah kebalikan dari active income. Anda tidak perlu melakukan banyak hal untuk mendapatkan penghasilan pasif.

Namun, pasif income tidaklah instan karena pendapatan jenis ini merupakan pendapatan untuk jangka panjang. Sehingga, sobat OCBC NISP dituntut agar memiliki usaha atau pekerjaan lain sebelum akhirnya menghasilkan pasif income.

Misalkan, jika Anda ingin memperoleh pendapatan dari penyewaan indekos, maka yang perlu dilakukan terlebih dulu adalah memiliki indekos tersebut, mulai dari membeli tanah, membuat bangunan khusus untuk indekos, melengkapi perabotan yang diperlukan, serta membuat promosi pada calon penghuni.

Harga tanah dan membuat bangunan tidaklah murah. Perlu modal besar untuk membangunnya. Tapi, setelah Anda berhasil meraihnya, sobat OCBC NISP tidak perlu bekerja lagi karena pendapatan bisa datang setiap bulan dari biaya sewa indekos.


Mengapa perlu memiliki passive income

Jika Anda tertarik, namun bingung dengan alasan mengapa perlu memiliki pasif income, Anda bisa mempelajari 5 poin penting yang membuat pasif income diperlukan untuk kesejahteraan finansial jangka panjang. Berikut penjelasannya:

  1. Aktivitas minim
    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda bisa meraup penghasilan tanpa harus banyak aktivitas dalam sebuah usaha.

  2. Hasil yang berlipat
    Hasilnya juga bisa berlipat-lipat jika Anda mengelolanya dengan baik. Tidak hanya satu, Anda bisa memiliki beberapa pasif income sekaligus dan melipatgandakan pendapatan sobat OCBC NISP setiap bulan.

  3. Menghindari pekerjaan stagnan dan membosankan
    Anda juga tidak harus terperangkap dalam aktivitas kerja yang stagnan dan membosankan. Cukup duduk di rumah dan menikmati pendapatan pasif yang hadir setiap bulan.

  4. Nilai aset terus berkembang
    Nilai aset biasanya akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Contohnya, seperti nilai indekos sebelumnya, setiap tahun biaya sewa bisa mengalami kenaikan sesuai dengan kondisi ekonomi Indonesia. Sehingga, pendapatan Anda juga bisa bertambah.

  5. Keamanan finansial
    Karena passive income adalah pendapatan untuk jangka panjang, maka hal tersebut akan memberikan keamanan finansial di masa mendatang untuk Anda.


8 Cara mendapatkan passive income

Seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian, pasif income adalah pendapatan jangka panjang. Agar bisa memulainya sejak dini, Anda bisa mencoba 8 ide dan cara mendapatkan passive income di bawah ini:

  1. Investasi
    Cara mendapatkan passive income termudah dan paling umum adalah menggunakan instrumen investasi seperti reksadana, saham, emas, dan sebagainya. Sobat OCBC NISP perlu menginvestasikan dana Anda pada instrumen tertentu, kemudian menunggu selama beberapa tahun sebelum menjadi pasif income yang menguntungkan.

  2. Bisnis properti
    Mengontrakkan hunian atau properti seperti indekos, rumah, dan apartemen bisa menjadi salah satu cara mendapatkan passive income.

    Sobat OCBC NISP perlu mencari atau membuat bangunannya, kemudian menyewakannya. Tentu modalnya tidak sedikit, sehingga sobat OCBC NISP bisa mengumpulkan modal sejak sekarang.

  3. Membuat blog
    Cara mendapatkan passive income yang ketiga adalah dengan membuat sebuah blog. Jika Anda tertarik dengan dunia kreatif, sobat OCBC NISP bisa menggunakan blog untuk menghasilkan pendapatan pasif tersebut.

    Contohnya, sobat OCBC NISP bisa membuat blog soal fashion, makanan, traveling, cerita pribadi, sastra, dan sebagainya. Seperti yang lain, membuat blog membutuhkan kerja keras terlebih dahulu sebelum mendapatkan penghasilan pasif.

    Pasif income blog biasanya berasal dari iklan yang ditempel di bagian laman blog. Setiap seseorang mengunjungi blog Anda, maka sobat OCBC NISP akan mendapatkan penghasilan. Semakin banyak yang mengunjungi maka semakin menguntungkan.

  4. YouTuber
    Siapa yang tidak ingin menjadi YouTuber? Pekerjaan tersebut semakin digandrungi di era digital seperti sekarang. Sobat OCBC NISP bisa mendapatkan penghasilan dari tiga sumber:

    • Pendapatan langsung
      Sobat OCBC NISP bisa mendapatkan pendapatan setelah jumlah penonton dalam sebuah video sudah memenuhi standar yang ditentukan Google. Semakin banyak orang yang menonton, maka pendapatan Anda juga semakin tinggi.

    • Adsense
      Adsense adalah sebuah program yang dikelola Google dan berkaitan dengan penayangan iklan dalam konten online. Biasanya, jika subscriber Anda banyak dan jumlah tontonan video semakin besar, maka video tersebut akan ditambahkan iklan secara otomatis.

    • Paid promotion
      Cara mendapatkan passive income dari YouTube berikutnya adalah paid promotion. Dalam sebuah video, sobat OCBC NISP bisa mempromosikan sebuah brand atau produk tertentu setelah melakukan proses kerjasama serta kontrak. Sehingga, Anda meraih pendapatan dari brand tersebut.

  5. Tutorial online
    Cara mendapatkan passive income satu ini hampir sama seperti YouTube, tapi konten yang dibuat spesifik pada tutorial online. Contohnya seperti cara memasak, cara membetulkan sesuatu, dan sebagainya. Sobat OCBC NISP bisa memanfaatkan media sosial yang sedang hits seperti Instagram dan TikTok.

    Instagram dan TikTok sudah menyediakan fitur kepada pembuat konten untuk mendapatkan penghasilan dari video yang diunggah. Setelah selesai mengunggah, Anda juga tetap bisa mendapatkan penghasilan pasif. Semakin banyak yang menonton, maka semakin memberi keuntungan.

  6. Buku digital
    Sobat OCBC NISP tertarik dengan dunia menulis? Yuk manfaatkan hobi tersebut menjadi cara mendapatkan passive income.

    Buku digital semakin populer karena aksesnya mudah dan pembuatannya tidak memakan biaya besar. Anda bisa menulis buku, kemudian menjualnya pada platform digital.

  7. Menjual hasil karya foto dan desain
    Jika dunia fotografi ataupun desain adalah minat sobat OCBC NISP, maka hal tersebut bisa dijadikan cara mendapatkan passive income. Langsung saja iklankan hasil foto serta desain Anda di platform penjualan online.

  8. Dropshipper
    Cara mendapatkan passive income yang terakhir adalah dengan melakukan dropship. Dropship adalah membeli barang orang lain secara grosir, kemudian menjualnya lagi secara online.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu passive income, mengapa perlu menghasilkan pendapatan pasif, serta bagaimana cara mendapatkan passive income.

Perlu diingat bahwa sebelum bisa meraih pendapatan tersebut, Anda wajib berusaha terlebih dulu. Sebagaimana dijelaskan dalam peribahasa berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Jadi, tetap semangat, ya!

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC NISP
ONe Mobile
ONe Mobile

ONe Mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama ONe Mobile yang baru.
Wealth Management

Wealth Management

Download ONe Mobile