5 Cara Investasi Emas untuk Pemula dengan Modal Kecil

16 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Tak harus saham, investasi emas juga wajib dicoba. Pelajari caranya di sini.

Emas bukanlah instrumen investasi baru di Indonesia. Sejak dulu, logam berharga ini telah menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan harta kekayaan. Orang-orang berbondong-bondong menyimpan emas, baik berbentuk emas batangan ataupun dalam rupa perhiasan. Namun, apakah cara investasi emas hanya begitu saja?

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan meningkatnya kesadaran berinvestasi masyarakat Indonesia, cara investasi emas semakin berkembang mengikuti permintaan.

Lalu, bagaimanakah cara investasi emas yang benar dan menguntungkan? Apa seorang pemula bisa mempelajari cara investasi emas? Temukan jawabannya dalam artikel ini ya, sobat OCBC NISP!


Apa itu investasi emas?

Emas sudah ditemukan sejak zaman dahulu. Dari segi kimiawi, emas adalah unsur kimia bersimbol Au yang berasal dari bahasa latin “Aurum” artinya cahaya fajar. Ia bernomor atom 79.

Sejak dulu, emas digali dari Bumi dan diperjualbelikan dalam bentuk koin, perhiasan, serta benda seni karena ketangguhan dan keindahannya. dan Berdasarkan yang disampaikan oleh ahli, emas murni memikat manusia dengan warna kuning cerah dan berkilau.

Dengan semakin berharganya emas, mineral tersebut dijadikan sebagai instrumen investasi yang dinilai dengan uang. Harga jual dan belinya diukur berdasarkan dengan berat emas serta kondisi yang mempengaruhi investasi.


Keunggulan dan kekurangan investasi emas

Sebagai instrumen investasi, emas memiliki berbagai keunggulan dan kekurangan yang perlu diperhatikan oleh calon investor. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  1. Keunggulan:
    1. Perlindungan
      Investasi emas memiliki kemampuan untuk memberikan perlindungan terhadap harta Anda. Sobat OCBC NISP bisa terhindar dari inflasi dan deflasi jika mengkonversi harta ke emas.

    2. Likuiditas tinggi
      Jika Anda ingin menjual emas demi mendapatkan dana segar, sobat OCBC NISP bisa langsung berkunjung ke toko emas terdekat atau menjualnya secara online.

    3. Tahan lama
      Emas memiliki ketangguhan dibanding surat berharga, kendaraan, properti dan sebagainya. Sebab, emas sulit rusak jika terkena api, air, atau hal-hal yang bersifat merusak.

    4. Bisa dijangkau berbagai kalangan
      Siapapun bisa membeli logam ini asalkan memiliki dana yang cukup dan tahu cara investasi emas yang benar.

    5. Portabel
      Emas adalah logam mulia yang bisa dipindahkan kemana-mana. Contohnya, emas 1kg bisa Anda bawa dan memasukkannya ke kantong baju karena ukurannya kecil. Hal tersebut bisa melindungi Anda dari kejahatan.

    6. Bersifat pribadi
      Hak kepemilikan emas bersifat pribadi. Untuk jenis emas tertentu, sobat OCBC NISP akan mendapatkan sertifikat emas dari penjual sebagai tanda kepemilikan.

    7. Bebas pajak
      Khusus untuk jenis emas batangan, sobat OCBC NISP tidak perlu khawatir dengan biaya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) karena emas tersebut dianggap bahan baku bagi perhiasan.

    8. Aset yang bisa dipegang (tangible)
      Sobat OCBC NISP tidak harus menitipkan emas yang dimiliki ke lembaga tertentu karena Anda bisa menyimpannya sendiri.

    9. Risiko rendah
      Nilai emas kemungkinan besar akan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Nilai emas tidak akan mengalami penyusutan karena logam tersebut tidak akan terkena biaya administrasi ataupun pajak. Namun, jika Anda menyimpan dalam deposit box di bank, maka akan ada biaya penyimpanan.

  2. Kekurangan
    1. Risiko kehilangan
      Emas memiliki risiko kehilangan yang cukup tinggi karena siapapun bisa mengambilnya.

    2. Harga fluktuatif
      Harga yang tidak tentu membuat Anda perlu mengecek harga secara berkala. Terutama pada saat hendak membelinya. Sehingga, saat dijual kembali, margin keuntungan yang didapatkan bisa cukup besar.

    3. Perubahan harga melambat ketika ekonomi stabil
      Jika kondisi sistem ekonomi di Indonesia cukup stabil, maka perubahan harga jual dan beli emas akan cenderung melambat.

    4. Investasi jangka panjang
      Emas adalah investasi jangka panjang. Sobat OCBC NISP perlu mengecek harga jual secara berkala agar tetap mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

    5. Dampak investasi kecil terhadap ekonomi Indonesia
      Emas kurang bisa memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan sistem ekonomi di Indonesia karena tidak adanya pungutan pajak sebagai penghasilan negara.


Jenis-jenis investasi emas

Nah, karena Anda telah memahami apa saja keunggulan dan kekurangan investasi, selanjutnya sobat OCBC NISP bisa mempelajari berbagai jenis emas yang dijual di pasaran. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  1. Investasi emas perhiasan
    Investasi emas sering dibentuk sebagai perhiasan untuk memperindah diri. Contohnya seperti cincin, kalung, gelang, dan sebagainya. Jika Anda tertarik berinvestasi sekaligus mempercantik diri, investasi emas berupa perhiasan bisa jadi solusinya.

  2. Investasi emas lantakan
    Bentuk lain yang kerap digunakan investor emas adalah emas lantakan/batangan. Sobat OCBC NISP bisa memilih ukuran mulai dari 1 gram hingga 1000 gram.

  3. Investasi koin emas
    Di Indonesia juga terdapat emas berbentuk koin yang bisa dijadikan instrumen investasi logam mulia. Namun, umumnya ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan emas lantakan.

  4. Investasi emas online
    Salah satu cara investasi emas dengan modal kecil adalah dengan memilih jenis emas online. Anda tidak harus mampir ke toko tertentu untuk membeli emas, karena sudah banyak platform marketplace online yang kini menyediakan emas online.

    Sobat OCBC NISP juga tidak harus menyimpan emasnya sendiri karena jumlah emas yang dimiliki sudah tertera dalam data platform marketplace. Jika ingin menjualnya, Anda tinggal memilih menu penjualan di marketplace yang sama.


Bagaimana cara investasi emas untuk pemula?

Setelah memahami apa itu investasi emas, keunggulan dan kekurangannya, serta 4 jenis investasi emas, sobat OCBC NISP perlu melengkapi pemahaman dengan mempelajari cara investasi emas untuk pemula.

Mengapa perlu mengetahui bagaimana cara investasi emas yang menguntungkan? Karena walaupun proses jual-belinya cukup mudah, sobat OCBC NISP tetap perlu merencanakan investasi tersebut agar tidak merugi.

Nah, sudah siap? Berikut caranya:

  1. Tujuan investasi
    Pertama, cara investasi emas untuk pemula selalu berawal dari sebuah tujuan keuntungan. Sobat OCBC NISP perlu menetapkan tujuan keuntungan saat hendak membeli emas agar terdapat tolak ukur yang bisa dijadikan pijakan dalam membuat keputusan.

  2. Mencari tempat beli emas yang kredibel
    Kedua, cara investasi emas untuk pemula adalah mencari tempat jual-beli emas yang kredibel. Sobat OCBC NISP perlu mengecek beberapa toko terlebih dahulu, bertanya pada orang yang sudah berpengalaman, ataupun mencari informasi toko emas kredibel di internet agar Anda tidak merugi.

    Hal ini juga merupakan cara investasi emas batangan. Sebab, emas batangan harganya cukup tinggi dan jika salah tempat membeli, ada potensi kerugian yang perlu dihadapi.

  3. Memeriksa fluktuasi harga emas secara berkala
    Berikutnya, cara investasi emas untuk pemula adalah memeriksa harga emas yang umumnya fluktuatif secara berkala. Hal ini diperlukan agar saat Anda mendapatkan margin keuntungan terbaik dan tidak bertemu dengan kerugian.

    Contohnya, jika Anda menjual emas saat harga jualnya lebih tinggi dibanding harga beli, maka Anda akan mendapatkan keuntungan.

  4. Pilih waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas
    Selanjutnya, cara investasi emas yang benar adalah memilih waktu terbaik untuk membeli emas. Perhatikan kondisi ekonomi, politik, serta hal lain yang berkaitan dengan proses pembelian emas.

  5. Simpan emas di tempat aman
    Terakhir, cara investasi emas yang benar adalah menyimpan emas di tempat aman. Setelah membelinya, sobat OCBC NISP perlu menyimpan di tempat aman seperti deposit box milik bank, brankas di rumah, atau tempat aman lainnya. Hal ini diperlukan agar Anda tidak kecurian.

Itulah penjelasan terkait, apa itu investasi emas, keunggulan dan kekurangan, jenis-jenis yang bisa Anda pilih, serta bagaimana cara investasi emas untuk pemula. Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai investasi Anda sekarang!

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

Wealth Management

Wealth Management

Download ONe Mobile