3 Cerita Motivasi Kerja yang Bisa Menambah Semangat

21 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Kembalikan semangat kerja Anda lewat cerita motivasi kerja singkat di bawah ini.

Sobat OCBC NISP pernah mengalami rasa bosan dan jenuh di sela-sela pekerjaan yang padat? Turunnya semangat dan motivasi kerja bisa disebabkan karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan, deadline menumpuk, atau adanya target yang harus dicapai sehingga menjadi beban tersendiri bagi Anda.

Jika dibiarkan terus menerus, tentu hal ini dapat memengaruhi kinerja yang dapat membuat Anda semakin sulit berkembang. Lantas apa yang harus dilakukan saat merasa penat dan bad mood dalam bekerja?

Salah satu cara mengatasinya dengan membaca cerita motivasi kerja. Untuk itu, yuk isi kembali energi dan semangat Anda melalui cerita motivasi kerja singkat di bawah ini.


Cerita motivasi kerja, jangan takut bermimpi tinggi

Cerita motivasi kerja singkat yang pertama dari kisah Ayan, seorang pemimpi. Ayan adalah anak lelaki yang tinggal di desa terpencil. Namun Ayan dan teman-teman masih mendapatkan akses sekolah.

Suatu hari, sang guru memberikan materi tentang cita-cita. Setiap murid diminta untuk menggambar cita-cita dan impian yang ingin dicapai pada selembar kertas. Kemudian, masing-masing murid harus mempresentasikan dihadapan teman-teman.

Teman-teman Ayan banyak memamerkan impiannya seperti menjadi seorang guru, menjadi petani yang sukses, tinggal di kota besar, dan beragam lainnya. Berbeda dengan Ayan, ia memiliki mimpi yang jarang terpikirkan oleh anak seusianya.

Saat giliran Ayan mempresentasikan mimpinya, teman-teman dan guru tertawa akan mimpinya. Ayan bermimpi ingin menjadi seorang presiden. Seluruh orang di kelas mengejek mimpi Ayan yang tidak masuk akal. Katanya, menjadi seorang presiden itu sulit, anak desa seperti Ayan tak mungkin bisa mewujudkannya.

Tetapi Ayan dengan sabar menerima cercahan tersebut. Ia tetap berusaha dan belajar dengan keras. Sampai akhirnya Ayan bisa menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi dan menjalani program magister. Dua puluh tahun kemudian, cita-cita Ayan terwujud. Ia menjadi seorang presiden di negara tersebut.

Saat Ia mengunjungi desanya kembali, Ayan membangun dan memperbaiki sarana prasarana desanya menjadi lebih baik.

Nah cerita motivasi kerja keras ini sangat menginspirasi. Kisah tersebut mengajarkan bahwa jangan takut bermimpi besar. Dengan usaha, kerja keras, dan doa, impian setinggi apapun tetap dapat tercapai.


Cerita motivasi kerja dalam menemukan passion

Passion adalah suatu pekerjaan atau aktivitas yang disukai. Terkadang rasa jenuh hadir karena pekerjaan yang dilakukan tidak disukai. Nah bagaimana cara menemukan kerja sesuai passion? Simak cerita motivasi kerja dalam menemukan passion ini.

Cerita motivasi kerja ini diadopsi dari kisah nyata Fellexandro Ruby atau bisa dipanggil Ruby. Pada awal karirnya, Ia bergelut pada industri alat berat. Tetapi semakin hari, Ia merasa tidak nyaman dan tidak suka dengan pekerjaan saat ini. Tetapi Ruby tidak serta merta langsung resign.

Di luar waktu bekerjanya, Ia menyempatkan diri untuk belajar dan melakukan pekerjaan yang digemari. Ia suka dengan dunia fotografi. Selepas pulang kerja, waktu istirahatnya digunakan untuk belajar dan mengumpulkan portofolio di bidang fotografi.

Akhirnya Ruby memiliki skill fotografi dan portofolio yang cukup, Ia mulai mendapatkan klien. Sampai pada titik dimana aktivitas favoritnya ini menghasilkan cukup uang, Ruby memutuskan untuk resign dari pekerjaan.

Mengapa Ruby tidak langsung resign ketika tidak suka dengan pekerjaannya? Karena Ruby ingin menyiapkan pekerjaan baru setelah resign. Tidak mungkin langsung resign tanpa adanya pegangan pekerjaan. Sebab kehidupan membutuhkan uang.

Nah itulah cerita motivasi kerja singkat dari seorang Ruby dalam menemukan passion. Jika Anda belum bekerja sesuai passion, mungkin cara seperti Ruby dapat Anda coba.


Cerita motivasi kerja keras, banyak jalan untuk meraih mimpi

Cerita motivasi kerja terakhir berasal dari murid yang memiliki nilai ujian nasional terendah. Namanya Deni. Karena nilainya yang buruk, Ia dikucilkan oleh guru dan teman-temannya. Semua orang menganggap Deni bodoh dan tidak bisa sukses.

Di kala teman-temannya bisa melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, Deni tidak tinggal diam. Ia memilih untuk bekerja pada suatu pabrik. Selama bekerja, Ia memiliki sifat sungguh-sungguh dan pekerja keras. Hasil pekerjaannya selalu terbaik diantara kawan-kawan lainnya.

Dalam waktu singkat tidak sampai enam bulan bekerja, Deni dipercaya untuk menjadi asisten manager. Gaji Deni dirasa cukup untuk melanjutkan kuliah. Sehingga Deni sambil bekerja dan kuliah.

Manager Deni mengetahui hal tersebut dan salut dengan kegigihan Deni untuk menuntut ilmu. Akhirnya Deni disekolahkan oleh perusahaan tersebut secara gratis. Setelah lulus S1, Deni diangkat menjadi seorang manajer dalam perusahaan tersebut.

Cerita motivasi kerja keras ini mengajarkan kepada kita bahwa ada banyak cara meraih mimpi. Tidak selalu lulus sekolah langsung kuliah untuk meraih mimpi. Apapun yang terjadi dalam kehidupan, karakter yang tak pantang menyerah dan kerja keras akan membawa Anda kepada kesuksesan.

Ketiga cerita motivasi kerja di atas sangat inspiratif. Ada banyak hikmah dan pelajaran yang dapat diambil serta diterapkan dalam kehidupan.

Setiap orang pasti pernah mencapai titik terendah. Sehingga motivasi dibutuhkan untuk bangkit kembali. Tidak ada salahnya kita mencari-cari motivasi salah satunya dengan membaca cerita motivasi kerja yang inspiratif.

Jika semangat bekerja terisi kembali, tentunya membuat sobat OCBC NISP lebih mudah menjadi financial fit di masa muda. Nah untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa bergabung dengan OCBC NISP dan mulai jadikan nyata setiap mimpi yang ada. Semangat!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Perjanjian Pra Nikah: Proses, Fungsi, Isi dan Cara Membuat

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Cek! Ini Dia Daftar Biaya Rontgen Lengkap dan terbaru

View All