15 Peluang Bisnis Digital Menjanjikan yang Wajib Dicoba

21 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Tak perlu buka toko, peluang bisnis digital ini bisa dijalankan dengan gadget.

Seiring kemajuan teknologi, inovasi bisnis semakin berkembang. Yup, apalagi jika bukan bisnis digital. Apa itu bisnis digital? Bisnis digital adalah salah satu bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk memasarkan dan memperoleh keuntungan usaha.

Saat ini ada banyak macam bisnis digital yang bermunculan. Bahkan bisnis ini mulai diminati masyarakat, pasalnya sangat mudah dan praktis. Lantas, apa saja daftar peluang bisnis digital yang menjanjikan? Simak jawabannya pada artikel ini.


Pengertian bisnis digital

Apa itu bisnis digital? Bisnis digital adalah bisnis berbasis digital untuk memperoleh keuntungan dan menggaet masa di dunia maya. Seluruh aktivitas bisnis tersebut dijalankan secara online. Oleh sebabnya, pemilik bisnis harus mempunyai kemampuan digital agar usahanya dapat berjalan lancar dan meraup cuan berlipat.


Peluang bisnis digital yang menjanjikan

Ada banyak peluang bisnis digital yang menjanjikan dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga. Apa saja itu? Yuk intip peluang bisnis digital berikut ini.


  1. Bisnis dropship
    Dropship adalah bisnis dimana penjual tidak perlu menyediakan produk untuk memulai usaha. Sebab bisnis dropship hanya memasarkan produk orang lain yang telah mendapat izin. Sehingga bisnis ini tidak memerlukan modal. Risiko kerugiannya sangat kecil bahkan tidak ada.

    Anda hanya memasarkan produk dengan foto-foto yang telah disediakan oleh penjual. Kebanyakan cara pemasaran yang dilakukan melalui online yaitu via sosial media atau marketplace.

  2. Bisnis reseller
    Berbeda dengan dropship, bisnis reseller adalah Anda sebagai reseller menjual kembali produk yang telah dibeli dari suatu brand. Anda bisa menjual produk kembali dengan brand asli atau membuat merek sendiri.

    Pembelian produk reseller juga sangat mudah, hanya dilakukan secara online. Begitu pula penjualan dan pemasaran produk tidak perlu membuka toko offline, hanya dengan memanfaatkan sosial media atau marketplace sebagai media promosi.

  3. Bisnis Afiliasi
    Afiliasi adalah bisnis digital dengan memasarkan produk atau jasa milik orang lain atau brand tertentu dengan imbalan berupa komisi.

    Bisnis ini berbeda dengan dropship. Jika pada dropship Anda bisa menawarkan produk atas nama atau merek pribadi, bisnis afiliasi mengharuskan pelakunya memasarkan dengan nama produk asli. Selain itu, transaksi pembelian dilakukan pada media online dari produk tersebut bukan melalui media pemasaran yang dibuat sendiri.

    Cara kerja bisnis afiliasi digital sangat mudah. Anda hanya perlu memasarkan produk menggunakan kode referral atau link tertentu pada target market. Kode atau link akan diperoleh saat Anda mendaftar pada program afiliasi. Jika ada konsumen yang membeli produk dengan mencantumkan kode referral tersebut, maka Anda akan memperoleh keuntungan atau komisi.

  4. Menjadi seorang blogger
    Jika Anda gemar menulis, jangan simpan tulisan Anda pada buku atau laptop saja. Ubah tulisan tersebut menjadi cuan. Caranya dengan menerbitkan tulisan pada blog alias menjadi seorang blogger.

    Rupanya tulisan yang diposting pada blog dapat mendatangkan penghasilan. Misalnya pada adsense yang telah didaftarkan blogger, adanya endorsement untuk menulis produk tertentu, atau menulis review suatu barang atau jasa.

  5. Menjadi seorang youtuber
    Sekarang banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi youtuber. Pasalnya profesi youtuber mampu mendatangkan cuan sangat besar. Hanya memanfaatkan platform youtube dengan memposting aneka video, Anda sudah bisa memperoleh penghasilan dari adsense dan endorsement.

  6. Menjadi Instagram Influencer dan Content Creator
    Jika Anda mempunyai banyak followers pada akun Instagram, kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan.

    Biasanya instagram influencer atau content creator dengan banyak followers memiliki peluang untuk diajak bekerja sama dengan suatu brand. Bentuk kerja sama juga tidak sulit, Anda hanya memasarkan produk mereka di akun instagram pribadi.

  7. Menjadi seorang podcaster
    Podcast adalah platform sosial media dengan konten audio. Mirip seperti youtube namun podcast hanya menyajikan audio saja tanpa visual. Spotify dan Anchor merupakan platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat podcast. Keuntungan menjadi podcaster dapat diperoleh melalui adsense, iklan, dan kerjasama endorsement.

  8. Membuka toko online
    Bisnis digital berikutnya dengan membangun toko online. Caranya dengan membuat website khusus untuk menawarkan produk dan berlangsungnya kegiatan transaksi jual beli. Adanya website akan meningkatkan branding dan value bisnis Anda.

  9. Menulis di media online
    Ada banyak media online atau website yang bersedia membayar penulis jika menulis tulisan pada platform mereka. Jika Anda memiliki skill menulis, kesempatan tersebut harus dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan.

  10. Bisnis Edutech
    Edutech merupakan singkatan education technology. Maksudnya adalah bisnis digital yang bergerak di bidang edukasi. Jadi Anda membuat berbagai video terkait edukasi dalam suatu website atau aplikasi kemudian orang yang ingin mengaksesnya harus membeli atau berlangganan.

    Bisnis digital ini sangat menjanjikan, sebab video yang telah diproduksi tetap bisa menghasilkan uang di masa depan jika ada yang membeli atau berlangganan.

  11. Membuka kursus atau bimbingan belajar online
    Pandemi membuat seluruh aktivitas dilakukan secara daring, termasuk pendidikan. Walau begitu, masih banyak pelajar yang masih membutuhkan bimbingan belajar atau kursus di tengah pandemi. Anda dapat memanfaatkan momen tersebut dengan membuka jasa kursus online.

  12. Menawarkan jasa pembuatan website dan aplikasi
    Keperluan website dan aplikasi meningkat seiring dunia digital berkembang. Tidak semua orang bisa membuat website dan aplikasi. Jika Anda memiliki keahlian dalam dunia pemrograman, manfaatkan skill tersebut dengan menawarkan jasa pembuatan website dan aplikasi.

    Bisnis digital ini bisa meraup keuntungan besar. Pasalnya biaya jasa pembuatannya bisa sampai berjuta-juta.

  13. Konsultan SEO
    SEO atau Search Engine Optimization adalah cara pemasaran dengan menaikkan rangking website pada halaman pertama mesin pencari. Dalam bisnis, SEO sangat penting untuk meningkatkan pemasaran dan brand-awareness. Sebab setiap orang mengandalkan mesin pencari untuk membeli produk.

    Sayangnya skill ini hanya dimiliki oleh sebagian orang saja. Jika Anda salah satunya, menjadi konsultan SEO sangat menguntungkan.

  14. Berjualan di e-commerce
    Industri digital semakin berkembang dengan bermunculan e-commerce. E-commerce atau marketplace banyak digunakan untuk membeli suatu produk. Dengan adanya marketplace ini, Anda bisa berjualan secara mudah. Selain itu banyak fitur yang ditawarkan untuk menarik perhatian konsumen. Salah satunya fitur free ongkir.

  15. Menjual produk digital
    Produk digital adalah produk berbentuk non-fisik dan dijual secara online. Contoh produk digital yang marak dicari adalah video, lagu, dan e-book.

    Jika Anda memiliki kemampuan menghasilkan tulisan, video atau lagu yang berkualitas, manfaatkan hal tersebut dengan menjualnya untuk meraup keuntungan. Produk digital tidak memerlukan modal, hanya membutuhkan skill dan kreativitas.


Saat ini memperoleh keuntungan atau penghasilan melalui bisnis digital sangat mudah. Di mana peluangnya sudah banyak tersedia dan tidak memerlukan modal yang besar. Jadi, tunggu apalagi? Yuk mulai bisnis digital Anda sekarang juga!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Perjanjian Pra Nikah: Proses, Fungsi, Isi dan Cara Membuat

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Cek! Ini Dia Daftar Biaya Rontgen Lengkap dan terbaru

View All