Related Product

Wealth Management

Wealth Management

8 Cara Main Saham Bagi Pemula Paling Mudah & Tetap Untung

22 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Cara main saham yang benar wajib dipelajari jika ingin dapat keuntungan tinggi.

Sobat OCBC NISP, sudah ada niat investasi saham tapi bingung bagaimana cara memulainya? Bermain saham memang susah-susah gampang, kok. Asalkan Anda tahu cara main saham yang benar, sobat OCBC NISP bisa meminimalisir risiko dan memperoleh cuan secara maksimal.

Saham adalah sebuah instrumen investasi yang bergerak dalam pasar modal dan paling diminati oleh investor. Kenapa? Karena potensi keuntungan yang ditawarkan saham sangat tinggi.

Menggiurkan bukan? Jadi, sudah siap untuk belajar hal baru? Kalau iya, yuk simak penjelasan terkait cara bermain saham di artikel ini!


Apa itu saham?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), saham adalah sebuah surat berharga sebagai bukti pemilikan bagian modal suatu perseroan terbatas yang dapat memberikan hak atas dividen sesuai dengan besar kecilnya nilai kepemilikan modal.

Sementara itu, menurut ahli, pengertian saham adalah sebagai berikut:

  1. Sapto (2006: 31)
    Berdasarkan yang disampaikan Sapto, saham adalah suatu surat berharga yang dijadikan bukti kepemilikan individu atas kepemilikan sebuah perusahaan.

  2. Fahmi (2012: 81)
    Menurut penjelasannya, saham adalah instrumen pasar modal yang paling banyak diminati investor, karena imbal balik keuntungannya tinggi. Saham adalah kertas berharga yang mencantumkan secara jelas nilai nominal, nama perusahaan, dan juga hak serta kewajiban sesuai yang sudah dijelaskan pada pemilik/pemegang.

Sehingga, pengertian saham adalah sebuah surat berharga yang diterbitkan oleh perusahaan dan diperjualbelikan secara luas kepada masyarakat sebagai upaya penanaman modal. Saham memiliki tingkat risiko yang tinggi dan pembagian keuntungan disesuaikan dengan nilai kepemilikan pemegang saham.


Mengapa perlu belajar cara main saham

Saham adalah instrumen investasi dengan keuntungan tinggi. Keuntungan tinggi tersebut diiringi dengan risiko yang juga tinggi. Nah, agar Anda mampu menghadapi potensi risiko sekaligus menghitung potensi keuntungan yang bisa diraih, maka Anda perlu belajar cara main saham yang tepat.


Bagaimana cara main saham bagi pemula

Nah, Anda telah memahami pengertian apa itu saham dan mengapa perlu belajar cara main saham. Sekarang saatnya mempelajari bagaimana cara main saham bagi pemula yang efektif dan menguntungkan.

Terdapat 8 cara investasi saham yang bisa Anda pelajari. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  1. Memahami apa itu saham
    Cara main saham atau cara nabung saham yang pertama adalah memahami apa itu saham terlebih dahulu. Nah, pada artikel ini sobat OCBC NISP telah mempelajari apa itu saham, bagaimana potensi keuntungannya dan apa tingkat risiko yang harus dihadapi.

    Namun, bukan berarti hanya sampai di situ saja. Anda juga perlu mempelajari soal jenis-jenis saham, jenis harga saham, dan berbagai hal lain yang dapat mendukung proses investasi Anda.

  2. Kumpulkan informasi yang dibutuhkan
    Di samping mempelajari cara main saham yang pertama, sobat OCBC NISP juga perlu mengumpulkan dan menggunakan informasi yang dibutuhkan dalam investasi saham.

    Contohnya seperti penggunaan teknologi yang dapat membantu Anda mengecek harga saham dan melakukan jual-beli surat berharga tersebut. Jadi, jangan hanya mengikuti omongan orang saja, tapi pahami setiap hal dengan benar dan dapatkan informasi yang esensial.

  3. Manfaatkan modal secara bijak
    Dalam melakukan investasi, sobat OCBC NISP pasti memiliki modal investasi yang terbatas. Cara menabung saham atau cara main saham bagi pemula adalah memanfaatkan modal yang dimiliki secara bijak.

    Jika modal Anda besar, sobat OCBC NISP bisa mengukur mana saham yang paling menguntungkan. Jika sudah siap, Anda juga bisa berinvestasi pada saham yang perubahan harganya fluktuatif dan mencoba menjadi trader saham.

    Sebaliknya, cara main saham modal kecil adalah mencari saham dengan modal yang harganya stabil. Dengan demikian, tingkat risiko bisa diperkecil dan Anda tetap bisa menikmati keuntungan yang diinginkan.

  4. Beli saham ketika harga rendah
    Cara main saham atau cara menaman saham berikutnya adalah membeli saham ketika harga rendah. Bagaimana maksudnya? Dalam proses jual beli, harga beli saham terus berubah seiring waktu. Maka, agar mendapatkan keuntungan maksimal Anda bisa membeli saham yang diincar saat harganya rendah.

    Kemudian, dengan menyimpan saham tersebut, jika kinerja perusahaan berjalan dengan baik, harga saham tersebut bisa meningkat. Jika Anda berniat menjadi trader, maka saham tersebut bisa dijual dan sobat OCBC NISP bisa mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga beli dan harga jual.

    Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari dividen atau pendapatan perusahaan, maka sobat OCBC NISP bisa menyimpan saham tersebut dan sabar menunggu.

  5. Tetapkan pilihan pada perusahaan dengan keuangan stabil
    Cara main saham untuk pemula yang kelima adalah dengan menetapkan pilihan pada perusahaan berkeuangan stabil.

    Luangkan waktu untuk melakukan riset terhadap perusahaan yang hendak Anda tanami modal. Sebab, tidak semua perusahaan memiliki portofolio yang baik. Di samping itu, jika saat ini harga sahamnya naik, belum tentu besok akan tetap demikian. Sehingga, Anda juga perlu memprediksi naik-turunnya harga.

    Dengan begitu, sobat OCBC NISP bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan dan meminimalisir risikonya.

  6. Periksa kondisi ekonomi secara berkala
    Cara main saham pemula selanjutnya adalah memeriksa kondisi ekonomi secara berkala, baik itu dari dalam maupun luar negeri. Mengapa demikian? Karena, data tersebut dapat digunakan untuk memprediksi fluktuasi harga saham yang hendak dibeli.

    Misalkan, jika kondisi harga saham di pasar modal sedang normal, maka sobat OCBC NISP bisa menanamkan modal baru pada perusahaan yang diinginkan. Di sisi lain, jika ternyata harga saham sedang anjlok di pasar modal, maka sobat OCBC NISP bisa menahan diri untuk melakukan jual-beli saham.

  7. Tentukan indeks saham yang sesuai
    Cara main saham berikutnya adalah menentukan indeks saham yang sesuai. Indeks saham adalah suatu portofolio atau data imajiner terkait pengukuran perubahan harga dari sebagian atau seluruh pasar modal.

    Saat indeks saham meningkat, maka harga mayoritas saham-saham yang diukur dengan indeks tersebut juga ikut naik. Di sisi lain, apabila indeks saham menurun, maka mayoritas saham dalam indeks tersebut juga menurun.

    Sebagai pemula, Anda bisa mencoba saham-saham yang termasuk dalam indeks LQ45 atau IDX30. Indeks LQ45 adalah sebuah indeks saham yang mengukur performa harga dari 45 saham-saham dengan likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, serta memiliki kredibilitas perusahaan yang baik.

    Indeks IDX30 adalah indeks saham yang bertugas mengukur performa harga milik 80 saham-saham dengan likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, dan memiliki kredibilitas perusahaan yang baik.

  8. Targetlah saham milik industri barang konsumsi atau perusahaan perbankan
    Nah, cara main saham atau cara menanam saham terakhir adalah membidik saham milik industri barang konsumsi atau perusahaan perbankan.

    Mengapa demikian? Sebab, kedua bisnis tersebut adalah bisnis yang bertahan lama dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga, harga yang ditawarkan umumnya lebih stabil. Risiko yang akan dihadapi juga lebih minim dan sobat OCBC NISP bisa mendapatkan keuntungan dengan lebih pasti.

Bagaimana, sobat OCBC NISP? Tidak begitu susah bukan memahami apa itu saham, mengapa perlu belajar cara main saham bagi pemula, dan bagaimana cara main saham bagi pemula yang benar. Jadi, sudah siap berinvestasi saham?

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All