Related Product

Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Nyala

Nyala

Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

ONe Mobile

ONe Mobile

6 Ide Usaha Kecil Menengah Paling Menjanjikan & Bermodal Kecil

28 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Usaha Kecil Menengah (UKM) rupanya bisa memberi untung miliaran, ini contohnya.

UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil Menengah. Hal tersebut merupakan program pemerintah untuk mengelola berbagai usaha berskala kecil dan menengah yang tersebar di beragam daerah Indonesia.

Lantas, apa sebenarnya yang bisa dikategorikan sebagai UKM? Apa saja contoh usaha kecil menengah dengan omset menjanjikan? Nah, jika Anda penasaran, yuk simak penjelasannya sampai habis!


Apa itu UKM (Usaha Kecil Menengah)

Pemerintah membuat sebuah peraturan yang menjelaskan apa itu UKM. Menurut UU Nomor 20 Tahun 2008, pengertian UKM adalah usaha di Indonesia yang terklasifikasi berdasarkan jumlah aset dan omzet setiap tahun. Penjabarannya sebagai berikut:

  • Usaha Kecil
    Jumlah maksimal aset yang dimiliki usaha kecil dalam setahun adalah 50 hingga 500 juta rupiah. Sedangkan omzet yang dimiliki per tahun adalah 300 juta hingga 2,5 miliar rupiah.

  • Usaha Menengah
    Jumlah maksimal aset yang dipunyai usaha menengah dalam setahun adalah 500 juta hingga 10 miliar. Sedangkan omzet usaha menengah dalam setahun adalah 2,5 hingga 50 miliar rupiah.


Jenis UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia

Berdasarkan tingkat perkembangannya, terdapat 4 jenis usaha kecil menengah yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Livelihood Activities
    UKM yang tergolong Livelihood Activities umumnya bergerak dalam sektor informal untuk mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan sehari-hari saja. Contoh yang sering Anda temui adalah pedagang kaki lima.

  • Micro Enterprise
    Dalam kategori Micro Enterprise, bisnis UKM memiliki pola usaha pengrajin, tapi masih belum melaksanakan operasi kewirausahaan. Sehingga, usaha yang dijalankan hanya sekadar membuat dan menjual jika ada yang beli saja.

  • Small Dynamic Enterprise
    UKM yang tergolong kategori tersebut sudah memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga usahanya lebih berkembang cepat. Usaha tersebut juga sudah mampu menerima pesanan atau pekerjaan subkontrak dan ekspor.

  • Fast Moving Enterprise
    Untuk kategori Fast Moving Enterprise, UKM berjiwa kewirausahaan baik dan sudah menjajaki proses transformasi menjadi Usaha Besar (UB).


Peran UKM untuk Ekonomi Indonesia

UKM di Indonesia memiliki 3 peran utama dalam perekonomian Indonesia, yaitu:

  1. Penyumbang devisa negara
    UKM adalah salah satu entitas di Indonesia yang mampu menjadi penyumbang devisa negara. Contohnya, saat sebuah UKM mampu merambah pasar global, ia akan kerap melakukan ekspor. Proses ekspor tersebut memiliki biaya pajak yang harus dibayarkan pada pemerintah. Sehingga, pemerintah juga meraih pendapatan.

  2. Meningkatkan kekuatan ekonomi Indonesia
    Salah satu entitas penting yang berhasil menyelamatkan negara Indonesia dari krisis pada tahun 1997 adalah UKM. Usaha Kecil Menengah adalah kekuatan besar yang harus tetap dijaga Indonesia agar ekonomi negeri ini tetap terjaga.

  3. Pemerataan kesejahteraan
    Masyarakat mampu memberdayakan diri sendiri, mengurangi kecurangan atau monopoli dalam kompetisi, dan mengembangkan kesejahteraan masing-masing. Hal tersebut juga merupakan salah satu peran UKM untuk perekonomian Indonesia.


Ide Bisnis untuk Usaha Kecil Menengah

Sobat OCBC NISP sudah siap modal, tapi tidak tahu ingin membuat bisnis seperti apa? Intip 6 ide bisnis untuk usaha kecil menengah di bawah ini:

  1. Fashion
    Fashion menjadi salah satu opsi yang menarik untuk membuat bisnis baru. Sebab, industri tersebut semakin digemari oleh berbagai kalangan, khususnya dalam toko daring.

    Anda juga bisa memberikan variasi seperti menjual baju, celana, rok, pakaian dalam, aksesori, alas kaki, dan sebagainya. Dengan demikian, sobat OCBC NISP bisa menyajikan produk yang beragam sesuai dengan kebutuhan pasar.

  2. Kosmetik dan skincare
    Berbagai beauty vlogger mampu mempromosikan berbagai macam kosmetik yang beredar di pasaran. Hal ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk berbisnis kosmetik. Sebab, permintaan dari masyarakat semakin besar.

    Bukan hanya kosmetik, produk kecantikan seperti skincare juga semakin digemari oleh berbagai kalangan, baik wanita maupun pria. Oleh karena itu, industri ini sangat sesuai untuk menjadi ide bisnis Anda.

  3. Furniture
    Rumah-rumah minimalis semakin banyak beredar di berbagai penjuru Indonesia. Namun, apa gunanya rumah jika tidak ada isinya. Oleh karena itu, industri furniture juga bisa menjadi ide tepat untuk dipertimbangkan saat ingin membuka bisnis baru.

  4. Kuliner
    Tidak ada orang yang tidak tertarik dengan makanan. Wisata kuliner juga semakin viral dengan kehadiran media sosial. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka bisnis kuliner baru.

  5. Agribisnis
    Agribisnis adalah bisnis perkebunan yang biasanya mudah ditemukan di dataran tinggi. Jika memiliki lahan dengan tanah berkualitas, sobat OCBC NISP bisa mencoba membuka bisnis dalam sektor agribisnis.

  6. Penginapan
    Terakhir, apabila Anda memiliki beberapa kamar kosong atau rumah kosong yang bisa disewakan, bisnis penginapan juga bisa menjadi pilihan. Sobat OCBC NISP bisa memanfaatkan platform digital yang menyediakan kesempatan untuk mempromosikan tempat baru Anda.


Contoh Binis UKM yang Sukses

Anda telah memahami pengertian Usaha Kecil Menengah. Agar sobat OCBC NISP semakin tergambar dengan contoh bisnis usaha kecil menengah yang sukses, Anda bisa melihat tiga contoh yang dijelaskan di bawah ini:

  1. Kebab Pisang Pusing
    Kebab Pisang Pusing merupakan bisnis UKM perniagaan kuliner yang dirintis dan dijalankan oleh Ida Ambarwati. Ceritanya bermula ketika ia berjualan nasi bebek dan karena ia memiliki ide, nasi bebek berubah menjadi kebab. Dagangannya yang kecil terus ia kembangkan bersama suami hingga menjadi produk besar seperti saat ini.

    Kebab Pisang Pusing telah menerapkan bisnis franchise, sehingga terdapat berbagai cabang yang bisa Anda temui di beberapa kota. Bagi Ida, kunci utama dalam membesarkan bisnis adalah kemauan dan kemampuan untuk belajar. Dengan ilmu baru setiap usaha bisa beradaptasi, memecahkan masalah, dan berinovasi.

  2. Dhenisa Mozaik
    Berbeda dengan bisnis UKM sebelumnya, bisnis UKM satu ini bergerak dalam produksi kerajinan mozaik berbahan limbah kaca. Bisnis tersebut dimulai oleh Sunarti, wanita asal Bandung dan suaminya, Herru Rezequin. Produknya beragam, mulai dari vas bunga, pot, kaca, dan lainnya.

    Awalnya, Sunarti tertarik dengan kerajinan mozaik yang dijumpainya di Bali. kemudian, ia berinisiasi untuk melahirkan produk sendiri. Saat ini, produk kerajinan tersebut telah memiliki banyak pembeli, bahkan tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga mancanegara.

    Negara yang menggemari produk Dhenisa Mozaik adalah turis Belanda, Italia, Pakistan, dan sebagainya.

  3. Boboko Snack
    Bisnis UKM selanjutnya adalah Boboko Snack. Bisnis tersebut digawangi oleh pria bernama Irpan Salim yang berasal dari Bandung. Pria yang akrab disapa Ivan tersebut mengawali bisnis pada akhir tahun 2015. Awalnya, ia hanya membuka bisnis rumahan kecil yang bernama Jank Snack, hingga akhirnya semakin sukses.

    Boboko merupakan makanan dengan berbagai varian yang membawa kekhasan Sunda. Contohnya seperti seblak kering, bakso goreng, kicimpring, basreng, makaroni, dan ramen Sunda.

Itulah penjelasan terkait apa itu UKM hingga macam-macam usaha kecil menengah yang terbukti membuahkan hasil Jadi, sudah siapkah Anda untuk membuka Usaha Kecil Menengah baru?

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All