5 Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis & Contoh Laporannya

29 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Ada 5 manfaat laporan keuangan dalam bisnis yang utama. Pelajari sekarang juga.

Setiap perusahaan idealnya membuat dan menggunakan laporan keuangan dalam proses mengatur keuangan perusahaan. Sebab, ada berbagai manfaat laporan keuangan yang bisa didapat, salah satunya adalah bahan dasar evaluasi suatu bisnis.

Di samping itu, ada taruhan besar karena mengatur keuangan merupakan salah satu poin penting dalam operasional perusahaan. Jika laporan keuangan tidak dibuat, maka divisi keuangan akan kesulitan mencari rekam jejak dan mengatur pengeluaran serta pemasukan dana.

Lantas, bagaimana cara membuat laporan keuangan yang dimaksud? Yuk, langsung saja intip contoh laporan keuangan di bawah ini.


Pengertian laporan keuangan

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian laporan keuangan adalah laporan terkait data keuangan yang asalnya dari pembukuan.

Sementara itu, berdasarkan yang disampaikan oleh ahli, pengertian laporan keuangan sebagai berikut:

  • Harahap (2013: 105)
    Harahap menyampaikan bahwa pengertian laporan keuangan adalah laporan yang menggambarkan kondisi finansial/keuangan serta hasil usaha sebuah perusahaan pada kurun waktu tertentu.

  • Ikatan Akuntan Indonesia (2015)
    Berdasarkan Ikatan Akuntan Indonesia dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK) No. 1, pengertian laporan keuangan adalah suatu bagian dari pelaporan keuangan yang disajikan secara terstruktur untuk menyampaikan posisi dan kinerja keuangan dari suatu entitas.

Sehingga, dari pengertian-pengertian di atas, pengertian laporan keuangan adalah sebuah berkas dari bagian pelaporan keuangan untuk mengutarakan kondisi dan kinerja keuangan entitas tertentu.


Tujuan laporan keuangan

Tujuan laporan keuangan adalah menyampaikan informasi terkait posisi keuangan, arus kas, serta kinerja keuangan dari suatu entitas yang bisa bermanfaat bagi pemegang kepentingan.

Di samping itu, pembuatan laporan keuangan juga bertujuan untuk memberikan pertanggungjawaban manajemen atas pengalokasian sumber daya dalam pengelolaan dan operasional perusahaan.

Laporan dibuat tertulis dan dicetak agar terdapat bukti fisik yang nantinya bisa dijadikan arsip perusahaan. Jadi, jika suatu saat dibutuhkan kembali, terdapat rekam jejak yang bisa dicari dan digunakan.


4 Jenis laporan keuangan

Dalam sebuah operasional perusahaan, terdapat 4 jenis laporan keuangan yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  1. Neraca keuangan
    Neraca keuangan adalah sebuah laporan yang menggambarkan posisi keuangan sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Umumnya, neraca disebut per tanggal, seperti “per 30 April 2021”, “per 1 Januari 2021”, dan sebagainya.

    Posisi keuangan dibagi menjadi dua bagian, yaitu debit yang berisi Aset dan kredit yang berisi Liabilitas/Kewajiban Perusahaan. Tujuannya adalah untuk memahami jumlah harta, modal, dan utang perusahaan dalam kurun waktu yang ditentukan.

    Cara membuat laporan keuangan neraca adalah dengan mengumpulkan data terkait aktiva dan kewajiban perusahaan. Neraca keuangan yang dibuat harus seimbang antara debit dan kreditnya. Contoh laporan keuangan neraca sebagai berikut:

  2. Laporan laba rugi
    Laporan laba rugi adalah suatu berkas/laporan yang detail berisi setiap pendapatan serta biaya agar pemegang kepentingan bisa mengetahui kondisi laba rugi perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya adalah memahami apakah suatu perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan dalam kurun waktu tertentu.

    Cara membuat laporan keuangan laba rugi adalah dengan mengumpulkan data terkait pendapatan dan beban perusahaan. Isi laporan laba rugi bergantung pada kondisi perusahaan masing-masing. Contoh laporan keuangan laba rugi sebagai berikut:

  3. Laporan arus kas
    Sesuai dengan namanya, laporan arus kas menunjukkan arus kas perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya untuk mengetahui seberapa pertambahan maupun pengurangan kas perusahaan dalam rentang waktu yang ditentukan.

    Cara membuat laporan keuangan arus kas adalah mencatat arus keuangan yang berhubungan dengan operasional, investasi, dan pendaaan. Contoh laporan keuangan arus kas:

  4. Laporan perubahan modal
    Laporan ini menunjukkan apakah modal perusahaan berkurang atau bertambah dalam kurun waktu tertentu.

    Cara membuat laporan keuangan perubahan modal adalah mencatat modal awal, tambahan investasi jika ada, laba bersih jika ada, dan menguranginya dengan penarikan modal. Contoh laporan keuangan perubahan modal:


5 Fungsi dan manfaat laporan keuangan dalam bisnis

Di samping tujuan dibuatnya laporan, terdapat 5 manfaat laporan keuangan yang bisa Anda dapatkan dalam menjalankan bisnis. Manfaat laporan keuangan dipecah berdasarkan siapa mendapatkan manfaat apa. Agar tidak bingung, pelajari penjelasannya di bawah ini:

  1. Sebagai bahan evaluasi perusahaan
    Penerima manfaat laporan keuangan yang pertama adalah manajemen. Fungsi laporan keuangan bagi manajemen adalah sebagai pendasaran untuk mengambil keputusan perusahaan serta evaluasi perusahaan.

    Misalkan, perusahaan A telah membuat laporan keuangan untuk bulan April 2021. Maka, manajemen mampu menggunakan laporan tersebut untuk membuat anggaran pada bulan berikutnya.

  2. Untuk pertimbangan risiko penanaman modal
    Penerima manfaat laporan keuangan berikutnya adalah pemilik perusahaan/pemegang saham/investor. Fungsi laporan keuangan bagi pemilik/investor adalah mengukur tingkat risiko penanaman modal pada masa mendatang.

  3. Dijadikan bukti taat pajak
    Penerima manfaat laporan keuangan yang ketiga adalah pemerintah. Fungsi laporan keuangan untuk pemerintah adalah mengamati kemampuan sebuah perusahaan dalam membayar pajak. Sehingga, saat ada kewajiban pajak yang harus dibayar, pemerintah bisa menagih perusahaan tersebut.

  4. Sebagai bukti pembayaran hutang
    Penerima manfaat laporan keuangan selanjutnya adalah pemasok/supplier. Fungsi laporan keuangan terhadap pemasok atau supplier adalah memahami kemampuan perusahaan dalam membayar utang jangka pendek.

  5. Untuk melihat kemampuan perusahaan melunasi pinjaman dana
    Penerima manfaat laporan keuangan yang terakhir adalah kreditur atau pemberi pinjaman. Fungsi laporan keuangan bagi kreditur/pemberi pinjaman adalah mengetahui kemampuan sebuah perusahaan dalam membayar utang dan bunga secara tepat waktu.


Mengatur uang memang rumit, tapi bukan berarti tidak mungkin. Dengan memahami manfaat laporan keuangan dan mempelajari berbagai hal yang melingkupinya, sobat OCBC NISP bisa menciptakan sistem keuangan yang sehat dalam perusahaan. Selamat membuat laporan keuangan!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 12 Jul 2021

Mengenal Apa itu P2P Lending, Manfaat dan Cara Kerjanya

Read

Education - 12 Jul 2021

Risiko Usaha: Pengertian, Jenis, dan Cara Identifikasinya

View All