Related Product

Nyala

Nyala

Wealth Management

Wealth Management

Pengertian Pasar Uang, Manfaat & Jenis Instrumennya Terlengkap

29 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Tertarik untuk berinvestasi? Pilih salah instrumen di pasar uang ini.

Pasar uang adalah sarana investasi jangka pendek yang tepat. Para investor pemula lebih memilih pasar uang sebagai tempat terbaik untuk berinvestasi pasalnya jenis tersebut minim modal dan risiko.

Lanta apa itu pasar uang? Apa perbedaan pasar uang dan pasar modal? Untuk mengetahui hal-hal seputar pasar uang, silahkan simak artikel berikut ini.


Pengertian pasar uang

Apa itu pasar uang? Pasar uang adalah tempat perdagangan melakukan transaksi jual beli dalam bentuk surat berharga atau sekuritas keuangan dalam jangka waktu yang pendek. Instrumen pasar uang adalah produk investasi jangka pendek karena periodenya hanya 1-3 tahun.

Berinvestasi di pasar uang dilakukan dengan membeli instrumen pasar uang atau membuka rekening pasar uang. Banyak orang menganggap pasar uang sama dengan pasar modal. Padahal keduanya memiliki perbedaan. Apa perbedaan pasar modal dan pasar uang? Ini penjelasannya.


Perbedaan apsar uang dan pasar modal

Terdapat perbedaan pasar uang dan pasar modal yang jarang diketahui. Perbedaan pasar modal dan pasar uang adalah periode waktunya.

Seperti yang disinggung sebelumnya, pasar uang adalah produk investasi jangka pendek. Sedangkan pasar modal merupakan investasi jangka panjang.

Karena tergolong investasi jangka pendek, pasar uang adalah investasi dengan risiko minim. Berbeda dengan pasar modal yang cenderung beresiko tinggi.

Fungsi pasar uang

Adanya pasar uang adalah akibat dari kebutuhan pengusaha akan sejumlah modal dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, fungsi pasar uang adalah:

  • Membantu pengusaha dalam memperoleh suntikan dana untuk kebutuhan bisnisnya dalam waktu pendek.
  • Membuka peluang investasi.
  • Agar masyarakat memperoleh keuntungan.
  • Masyarakat dapat turut berkontribusi dalam pembangunan dengan membeli Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU).
  • Mendorong realisasi program pemerataan penghasilan masyarakat.

Instrumen pasar uang

Ada banyak jenis instrumen pasar uang yang dapat dipilih. Berikut instrumen pasar uang adalah:

  1. Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
    Sertifikat Bank Indonesia (SBI) adalah surat berharga yang diterbitkan oleh Bank Indonesia kepada investor sebagai pengakuan utang berjangka 1 sampai 3 bulan. Sistem keuntungan diberikan berupa bunga.

    Adanya SBI diharapkan dapat mengontrol kestabilan nilai rupiah. Karena dengan penjualan SBI, maka Bank Indonesia dapat menyimpan kelebihan uang primer yang beredar. SBI merupakan salah satu contoh pasar uang yang dikeluarkan oleh negara.

  2. Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
    Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) adalah surat berharga yang dikeluarkan bank untuk ditandatangani nasabah sebagai bukti surat jaminan pelunasan utang. Fungsi diterbitkan SBPU untuk meningkatkan likuiditas bank dan menekan laju inflasi.

  3. Call Money
    Call money adalah instrumen pasar uang yang dimanfaatkan ketika bank akan mengalihkan kelebihan dana secara sementara. Periode call money sangat pendek, hanya satu minggu saja.

  4. Sertifikat deposito
    Sertifikasi deposito adalah surat berharga yang diterbitkan oleh bank karena Anda menyimpan sejumlah dana di bank. Tetapi nama yang tercantum dalam sertifikat deposito bukan perorangan. Sehingga siapapun yang memilikinya dapat memperjualbelikannya kepada pihak lain.

  5. Tagihan Tresuri (Treasury Bills)
    Tagihan tresuri atau T-Bills adalah surat obligasi pemerintah dengan jatuh tempo sangat pendek kurang dari satu tahun.

  6. Surat berharga komersial
    Surat berharga komersial merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan agar mampu membayar kewajiban utang jangka pendek. Contohnya pada utang dagang. Instrumen ini tidak memiliki jaminan. Akibatnya perusahaan yang mendapatkan keuntungan dari instrumen ini berasal dari perusahaan yang mempunyai kredit sangat baik.

  7. Rekening pasar uang
    Rekening pasar uang adalah rekening yang diterbitkan oleh bank atau credit union dimana dapat menghasilkan suku bunga. Instrumen ini berfungsi untuk menyimpan dana, bukan sebagai pembayaran pembelian atau tagihan.

    Terdapat syarat saldo minimal dalam rekening pasar uang. Apabila jumlah saldo di bawah batas saldo yang sudah ditetapkan, Anda harus membayar biaya bulanan.

  8. Reksa dana pasar uang
    Reksa dana pasar uang adalah jenis reksadana dimana aktivitas investasi dilakukan dalam satu instrumen sekaligus. Resikonya jauh lebih rendah sebab menawarkan pengembalian yang lebih rendah juga.

  9. Aksep bank
    Aksep bank adalah kredit jangka pendek oleh pihak bank yang digunakan dalam sistem jual beli internasional. Instrumen pasar uang ini terjamin dari pihak bank sehingga aman.

  10. Catatan kota
    Catatan kota sama dengan dengan tagihan treasury, tetapi hanya diterbitkan oleh pemerintah federal bukan pemerintah Indonesia. Waktu jatuh temponya selama satu tahun. Dana di catatan kota akan digunakan untuk membiayai berbagai proyek.

  11. Transaksi repo
    Transaksi Repo adalah bentuk transaksi dimana bank menjual sekuritas keuangan dalam waktu singkat. Tujuannya untuk mengumpulkan dana sementara. Setelah jatuh tempo, bank berjanji akan kembali membeli lagi.


Manfaat pasar uang

Beberapa manfaat pasar uang adalah:

  • Sebagai tempat perdagangan surat-surat berharga dalam jangka waktu pendek.
  • Sebagai sarana mengumpulkan modal dari masyarakat.
  • Untuk membantu lembaga negara atau perusahaan yang memerlukan dana cepat.
  • Sebagai sumber dana investasi dalam jangka waktu pendek. Misalnya untuk kebutuhan dana darurat.
  • Sebagai fasilitator dan mediator dalam memberikan kredit jangka pendek ke investor asing.
  • Sebagai tempat menanamkan modal untuk meraih keuntungan dalam waktu singkat.
  • Dana dapat dicairkan dalam waktu singkat.
  • Sebagai sumber passive income.
  • Tempat berinvestasi yang menguntungkan.

Nah itulah uraian lengkap terkait pasar uang. Pasar uang adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam waktu singkat. Silahkan memilih instrumen pasar uang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Sobat OCBC NISP ya. Selamat mencoba!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All