KTA Syariah, Pinjaman Dana yang Halal Tanpa Bunga &Jaminan

30 Apr 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Butuh pinjaman dana tapi takut riba? Jangan khawatir, KTS syariah solusinya.

KTA Syariah atau Kredit Tanpa Agunan Syariah adalah jenis kredit yang tidak memerlukan jaminan tetapi aturan dan prinsipnya masih dengan standar Islam. Mudah, bukan? Tetapi, terdapat beberapa syarat yang harus diketahui. Berikut penjelasannya.


Apa itu pinjaman KTA syariah?

Pinjaman kta syariah adalah salah satu produk pinjaman yang menawarkan kredit tanpa meminta jaminan dari nasabah. Sehingga kreditur dapat mengajukan pinjaman tanpa adanya jaminan kepada pihak bank.

Kredit pada umumnya meminta peminjam untuk memberikan jaminan berupa aset yang dimiliki. Tetapi bagaimana jika nasabah tidak memiliki aset? Sehingga kredit tanpa agunan syariah merupakan solusi tepat, terlebih menggunakan sistem syariah.


Perbedaan KTA syariah dan KTA konvensional

Terdapat perbedaan antara pinjaman KTA konvensional dan syariah, meliputi:

  1. Suku bunga
    KTA konvensional membebankan nasabah berupa suku bunga. Sehingga peminjam harus membayar bunga saat mencicil sebagai jasa terima kasih kepada bank. Tingkat suku bunga berbeda-beda sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Berbeda dengan pinjaman kredit tanpa agunan syariah tidak mengenal prinsip bunga. Suku bunga dianggap sebagai riba. Sistem syariah ini menggunakan prinsip syariah dengan berbagai akad.

  2. Berbagi risiko
    Pada kredit konvensional, pihak yang menanggung resiko sepenuhnya adalah nasabah. Jika nasabah tidak dapat membayar angsuran maka nasabah tetap harus membayar pinjaman pokok ditambah bunga pinjaman.

    Sementara pada kredit syariah, pihak bank ikut menanggung sebagian risiko. Proses penanggungan risiko pihak bank juga menanggung kerugian sebagian kecil dari risiko nasabah. Risiko yang ditanggung tergantung dengan permasalahan nasabah.

  3. Hanya untuk bidang yang halal
    Kredit syariah mewajibkan nasabah untuk memanfaatkan dana pinjaman dan pemakaiannya pada hal-hal yang halal dan tidak boleh menyimpang syariat Islam.


Keuntungan KTA Syariah

Terdapat beberapa keuntungan KTA syariah, antara lain:

  1. Fasilitas yang ditawarkan sama dengan KTA konvensional
    Keuntungan yang pertama adalah produk syariah ini tetap menawarkan fasilitas dan keuntungan seperti KTA Konvensional. Seperti kemudahan dalam membayar cicilan, fasilitas internet banking, dan sebagainya. Anda tetap memperoleh benefit KTA pada umumnya tetapi sistem yang digunakan masih syariah.

  2. Zakat
    Saat mengajukan kredit tanpa agunan syariah berarti Anda telah berpartisipasi aktif membayar zakat. Sebab setiap keuntungan yang didapatkan penyedia kredit syariah harus menyalurkan sekitar 2,5% untuk zakat. Jadi dapat dikatakan Anda meminjam sambil beribadah.

  3. Halal
    Hukum kehalalan produk syariah ini tidak perlu diragukan lagi. Sebab tidak ada riba atau bunga dalam kredit. Selain itu telah dilindungi dan diakui oleh ulama Indonesia.


Sistem akad KTA syariah

Dalam pinjaman konvensional, nasabah diharuskan membayar bunga sebagai keuntungan penyedia pinjaman kredit. Berbeda dengan pinjaman kredit tanpa agunan syariah menggunakan prinsip bagi hasil. Beberapa jenis akad kta prinsip syariah antara lain:

  1. Murabahah (Jual Beli)
    Akad murabahah digunakan saat nasabah ingin membeli barang tertentu tetapi dana yang dimiliki belum cukup. Dengan akad murabahah maka pihak bank akan membeli barang tersebut, kemudian akan dijual kembali kepada nasabah dengan harga lebih tinggi sebagai keuntungan bank. Setelah itu, nasabah akan mengangsur pada pihak bank tanpa bunga.

  2. Ijarah Wa Iqtina (Sewa dengan Perubahan Kepemilikan)
    Akad Ijarah adalah akad syariah penyedia kredit membeli barang yang dibutuhkan oleh nasabah. Kemudian dipinjamkan kepada nasabah dengan akad sewa dalam jangka waktu tertentu. Setelah angsuran berakhir, maka hak milik barang sepenuhnya dimiliki nasabah dan akad sewa berakhir.

  3. Mutanaqishah (Capital Sharing/Join Modal)
    Akad ini bentuk kerja sama dengan menggabungkan modal untuk mendapatkan barang tertentu. Pihak bank membeli barang terlebih dahulu lalu menjual kembali dengan harga lebih tinggi. Kemudian nasabah membeli dengan dana yang dimiliki. Sisanya akan diangsur tanpa bunga.


Syarat pengajuan KTA syariah

Sebelum mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan syariah, yuk penuhi terlebih dahulu persyaratannya sebagai berikut:

  • Memiliki rekening bank
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun atau sudah menikah.
  • KTP (asli dan fotocopy) peminjam dan suami/istri jika sudah menikah
  • Kartu Keluarga
  • Buku nikah, jika sudah menikah
  • Rekening koran 3 bulan terakhir
  • Berstatus WNI
  • Memiliki penghasilan
  • Slip gaji atau surat keterangan penghasilan
  • Laporan keuangan usaha bagi pemilik usaha

Cara pengajuan KTA syariah online

Berikut merupakan tata cara pengajuan kta syariah secara online:

  1. Silahkan membuka situs website penyedia layanan pinjaman kta syariah online.
  2. Melakukan registrasi akun dan lakukan sign in.
  3. Melengkapi foto profil dan informasi data diri.
  4. Kemudian pilih opsi pengajuan KTA syariah
  5. Anda akan diminta mengisi informasi data diri secara lengkap dan benar.
  6. Upload scan dokumen yang diminta sebagai bukti.
  7. Isikan dana pinjaman yang diajukan.
  8. Tunggu hingga mendapatkan notifikasi status pengajuan apakah diterima atau tidak. Biasanya akan dihubungi oleh pihak penyedia pinjaman untuk proses selanjutnya.

Nah itulah uraian lengkap terkait KTA syariah dan tata cara pengajuannya. Apabila Anda membutuhkan dana namun tidak memiliki aset yang dijadikan jaminan, kredit tanpa agunan syariah ini bisa menjadi solusi terbaik.

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

KTA

KTA

Solusi memenuhi kebutuhan finansial
Syariah - Pembiayaan

Syariah - Pembiayaan

Financial management is more comfortable with Sharia principles

Download ONe Mobile