Related Product

Nyala

Nyala

Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Endorsement Adalah Trik Marketing Terampuh, Apa Maksudnya?

5 May 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Ingin bisnis Anda berkembang pesat dan cepat? Endorsement adalah jawabannya.

Pengusaha memang tidak pernah kehabisan akal, mereka bisa memanfaatkan apa saja sebagai sarana memasarkan produk. Salah satu sarana pemasaran yang sedang populer saat ini adalah endorsement.

Sobat OCBC NISP, endorsement adalah salah satu strategi yang dapat meningkatkan brand awareness dengan cepat. Akan tetapi apa itu endorsement? Bagaimana cara kerjanya? Bagaimana agar kita dapat endorsement dari orang lain? Ini bahasan lengkapnya untuk Anda.


Apa itu Endorsement?

Endorsement adalah teknik marketing yang meminta orang lain mempromosikan produk milik pengusaha

Biasanya orang yang dimintai endorse adalah sosok berpengaruh di masyarakat, entah itu artis, musisi, atlet, atau siapapun yang punya massa pengikut besar (influencer).

Semakin tinggi jumlah pengikutnya, semakin tinggi pula seorang influencer dihargai. Contohnya Christiano Ronaldo, pesepakbola asal Spanyol yang Instagram endorsement-nya seharga 105 juta dollar (sekitar 1,5 triliun) per kerjasama.

Pengaruh endorsement ke peningkatan brand awareness dan penjualan terbukti sangat ampuh. Inilah yang menjadi alasan banyak perusahaan rela menggelontorkan ratusan bahkan milyaran rupiah untuk endorsement artis.


Cara Kerja Endorsement Dalam Memasarkan Produk

Proses endorsement membutuhkan durasi yang tidak singkat. Untuk mencapai tahap kesepakatan, endorsement dapat memakan waktu sampai 1-2 bulan sebab ada beberapa dokumen dan negosiasi yang perlu diselesaikan. Selain itu, pengukuran kesuksesan endorsement juga tidak dapat instan.

Bagi Anda yang tertarik melakukan endorsement artis atau mengajukan diri untuk itu, berikut ini alur cara kerja endorsement pada umumnya.

  1. Tahap Penawaran
    Tahap pertama endorsement adalah tahap penawaran kepada influencer. Di tahap ini, pengusaha perlu menanyakan rate card dan memastikan apakah itu sesuai dengan budget marketing perusahaan.

  2. Tahap Negosiasi
    Tahap berikutnya dalam proses endorsement adalah tahap negosiasi. Di tahap ini, pengusaha dapat menanyakan opsi-opsi endorsement dengan tarif yang bervariasi.

    Misalnya tarif Instagram endorsement untuk story sebesar Rp350.000 per story, sedangkan untuk konten feed sebesar Rp1.500.000.

  3. Tahap Kesepakatan dan Briefing
    Tahap ketiga endorsement adalah tahap kesepakatan dan briefing. Setelah kesepakatan dicapai, pengusaha perlu menyediakan surat kesepakatan untuk ditandatangani kedua belah pihak.

    Selain itu, pihak pengusaha juga wajib menyediakan arahan storyline untuk endorsement. Pengusaha bisa meminta influencer memasarkan produk seperti biasa, membuat skenario, atau sekadar foto dengan menggunakan produk.

  4. Tahap Pelaksanaan Endorsement
    Di tahap ini, pengusaha tinggal menunggu proses produksi konten endorsement dari influencer. Sebaiknya di tahap pelaksanaan, pihak pengusaha sudah tidak mengajukan revisi-revisi lagi.

  5. Tahap Evaluasi
    Setelah konten endorse diposting oleh influencer/disimpan oleh pihak pengusaha (sesuai kesepakatan), selanjutnya adalah tahap evaluasi. Di tahap ini, pengusaha perlu menganalisa hasil endorsement.

    Hasil endorsement meliputi engagement rate konten, traffic yang didapat, dan konversi sales.


Keuntungan Endorsement Bagi Pengusaha dan Influencer

Dilihat dari proses dan biaya yang dikeluarkan, endorsement adalah strategi yang tampak rumit dilakukan. Akan tetapi, ada banyak keuntungan yang dapat dicapai, baik dari sisi pengusaha maupun influencer.

Keuntungan Endorsement Bagi Pengusaha

Ada beberapa keuntungan endorsement bagi pengusaha, terutama dari sisi tiga funnel besar marketing (branding, traffic, dan sales conversion). Selengkapnya tentang keuntungan endorsement bagi pengusaha sebagai pihak endorser adalah sebagai berikut.

  • Memperkenalkan Produk ke Konsumen Tertarget
    Sebelum memutuskan endorsement, pengusaha pasti melihat dulu apakah influencer yang dipilih cocok dengan target konsumen produknya.

    Misalnya untuk produk kecantikan, influencer idealnya tentu adalah artis-artis atau tokoh yang dikenal kecantikannya/kreator konten di bidang kecantikan.

    Jika produk kecantikan Anda muncul di feed seorang influencer di bidang serupa, maka otomatis Anda sedang melakukan promosi langsung ke target pasar yang tepat (peminat kecantikan).

  • Meningkatkan Brand Exposure
    Keuntungan endorsement selanjutnya yang diterima pengusaha adalah peningkatan brand exposure, atau penambahan orang yang dikenalkan pada brand.

    Masih ingat dengan laga catur antara Dewa Kipas dan Grandmaster Irene di awal tahun 2021? Laga catur tersebut disiarkan langsung di Youtube, dan disponsori oleh beberapa brand ternama, salah satunya brand marketplace.

    Apa hubungannya marketplace dengan permainan catur? Mungkin tidak ada hubungannya. Akan tetapi brand marketplace tersebut berhasil mendapat brand exposure tinggi dari acara tersebut.

  • Menambah Traffic ke Funnel Bisnis
    Apabila Anda melakukan endorsement artis dengan tujuan traffic, Anda dapat memasang akun media sosial perusahaan bersamaan saat konten endorse diunggah artis pilihan Anda.

    Selain itu jika yang Anda lakukan adalah Instagram endorsement, maka Anda dapat meminta artis pilihan Anda menggunakan fitur “Swipe Up” menuju website produk.

  • Membuat Bisnis Menjadi Viral
    Viral adalah kondisi saat seseorang membuat heboh media sosial dan kontennya disebarkan berulang kali ke lebih banyak penonton.

    Jika strategi endorsement Anda ampuh dan benar-benar disukai, maka konten endorse Anda akan menjadi “buah bibir” di media sosial.

    Contohnya saat salah satu aplikasi di Indonesia melakukan endorsement ke grup band Korea Selatan. Nama aplikasi tersebut langsung populer dan menjadi bahasan di banyak sosial media.


Keuntungan Endorsement Bagi Influencer

Setelah membahas keuntungan endorsement bagi pengusaha, kali ini akan dibahas keuntungan dari sisi influencer (penerima endorsement), berikut penjelasannya.

  1. Meningkatkan Penghasilan
    Bagi influencer, endorsement adalah salah satu pundi penghasilan terbesar. Jumlah pendapatan dari endorsement bahkan dapat mengalahkan pendapatan dari Youtube atau TV.

    Pertambahan jumlah followers juga akan mempengaruhi besar penghasilan. Influencer dengan pengikut 100 ribu orang tentu berbeda harga endorsement-nya dengan yang berpengikut 10 juta orang.

    Tapi perlu diingat, harga endorsement adalah hak prerogatif tiap influencer. Anda mungkin akan menemukan influencer dengan pengikut sama, tapi rate card-nya berbeda.

  2. Dapat Mencoba Beragam Produk dengan Gratis
    Keuntungan endorsement bagi influencer selanjutnya adalah mendapatkan berbagai sampel produk secara gratis.

    Saat menggarap endorsement, pengusaha pada umumnya akan mengirimkan contoh produk untuk dikonsumsi/digunakan oleh influencer.

  3. Alternatif Pengisi Konten
    Keuntungan terakhir endorsement bagi influencer adalah sebagai alternatif pengisi konten. Bagi kreator konten yang pusing memikirkan ide konten selanjutnya, endorsement dapat menjadi pengganti.

    Influencer tidak perlu pusing memikirkan ide konten endorsement karena sudah ada konsep dari pihak pengusaha.


Cara Mengajukan Endorsement Ke Influencer

Bagi Anda yang ingin menawarkan endorsement ke influencer, di bawah ini ada langkah-langkah cara mengajukan endorsement yang dapat Anda lakukan.

  1. Lakukan Riset Influencer
    Cara paling pertama untuk mengajukan endorsement adalah riset influencer terlebih dulu. Buat daftar influencer potensial yang akan Anda tawari kerjasama. Jangan lupa cek engagement rate dari tiap influencer, mulai dari like harian sampai interaksi dengan pengikut.

    Faktanya, tidak jarang influencer memiliki jutaan pengikut, tapi sebagian besar tidak aktif berinteraksi.

  2. Ajukan Penawaran pada Influencer Terpilih
    Setelah memilih influencer, lakukan penawaran kerjasama. Selama proses penawaran, tanyakan juga berapa rate card influencer tersebut. Berikan juga informasi singkat tentang produk yang akan dijadikan konten endorsement.

  3. Negosiasikan Rate Card
    Setelah rate card diterima, Anda dapat menegosiasikan rate card tersebut dan fasilitas-fasilitas endorsement yang dapat Anda terima. Di tahap ini, pastikan mengomunikasikan semuanya dengan jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman.

  4. Buat Surat Kesepakatan Kerjasama
    Selanjutnya setelah harga dan fasilitas disepakati, buat surat kesepakatan tertulis sebagai dokumentasi. Apabila diperlukan, gunakan materai untuk menjamin kesepakatan di atas hukum.

  5. Lakukan Briefing Influencer
    Setelah kesepakatan ditandatangani, persiapkan bahan briefing untuk influencer. Pastikan draft briefing sudah siap sebelum dikirimkan. Jika memungkinkan, jadwalkan pertemuan dengan influencer sebelum pelaksanaan shooting endorsement.

  6. Evaluasi Performa Endorsement
    Setelah proses shooting endorsement selesai dan konten sudah diunggah, evaluasi performa konten endorsement Anda. Masa evaluasi performa ini dapat bervariasi sesuai kebijakan perusahaan.


Cara Mendapatkan Endorsement dari Orang Lain

Di bagian ini, kita akan membahas cara mendapat endorsement dari orang lain. Faktanya, siapapun dapat memperoleh endorsement, bukan hanya aktor dan atlet saja. Lengkapnya, cara mendapatkan endorsement adalah sebagai berikut.

  1. Bangun Personal Branding yang Baik
    Langkah pertama cara mendapatkan endorsement adalah bangun personal branding yang baik. Buktikan bahwa Anda pantas mendapat endorsement dengan jadi seseorang yang berpengaruh, utamanya di media sosial.

    Cara membangun personal branding bermacam-macam, Anda dapat menjadi kreator microblog, videografer, model, atau Youtuber. Berangkatlah dari hobi/passion Anda, lalu konsisten berkarya dengan hal tersebut.

  2. Tingkatkan Pengikut di Media Sosial
    Cara kedua mendapatkan endorsement adalah dengan meningkatkan pengikut di media sosial. Tanpa pengikut, Anda berpeluang kecil mendapatkan endorsement, tidak peduli sebagus apa pun konten Anda.

    Oleh karena itu, buatlah konten yang disukai pengguna media sosial. Dengan ini, pengguna media sosial pun akan tertarik menjadi pengikut Anda.

  3. Sesuaikan Rate Card dengan Influence Rate
    Saat baru memulai karir sebagai influencer, sebaiknya Anda tidak memasang rate card terlalu tinggi. Sesuaikan rate card yang ditetapkan dengan jumlah pengikut dan engagement akun media sosial Anda.

    Rate card ini dapat dinaikkan sewaktu-waktu mengikuti perkembangan pengaruh Anda di mata publik (influence rate).

  4. Bersikap Kooperatif terhadap Klien
    Cara mendapatkan endorsement selanjutnya yang wajib Anda ingat adalah bersikap ramah dan kooperatif. Komunikasikan kepentingan Anda pada klien dengan cara yang baik dan tidak semena-mena.

    Apabila nama Anda terkenal baik di mata klien, maka lebih banyak klien yang akan datang untuk menawarkan endorsement.

  5. Optimalkan Pengerjaan Endorsement
    Endorsement adalah aktivitas bisnis, sehingga harus menguntungkan kedua belah pihak yang terlibat.

    Saat kesepakatan endorsement terjadi, klien mempercayai Anda untuk membuat konten terbaik bagi mereka. Oleh karena itu, kerjakan konten endorsement pesanan klien seoptimal mungkin.


Contoh Surat Permohonan Endorsement

Surat permohonan endorsement adalah sarana pengajuan penawaran endorsement yang wajib Anda kirim pada influencer sebagai salam pembuka.

Di bawah ini, ada satu template contoh surat permohonan endorsement yang dapat Anda tiru saat ingin menghubungi influencer. Bentuknya sebenarnya tidak harus surat, jadi silahkan Anda kreasikan sesuai kebutuhan.


“Yth, Manajemen Kak [Nama Influencer].

Perkenalkan, saya [masukkan nama], Marketing dari PT. Tekno Future Abadi. Kami bermaksud mengajukan penawaran endorsement kepada Kak [Nama Influencer] untuk mempromosikan aplikasi terbaru kami, DayaFinance.

DayaFinance adalah aplikasi manajemen keuangan dan investasi yang dibuat khusus untuk anak muda berusia 18 - 30 tahun. Investasi yang dilakukan dalam aplikasi adalah investasi ke UKM-UKM di Indonesia.

Keunggulan utama DayaFinance adalah transparansi sistem investasi, mulai dari nominal yang dapat diinvestasikan, identitas UKM penerima investasi, sampai pelaporan dividen.

Selain itu, investasi di DayaFinance dapat dilakukan mulai dari nominal Rp.1.000/lot, sehingga dapat diikuti pengguna yang masih kuliah/fresh graduate.

Selengkapnya tentang DayaFinance dijelaskan dalam lampiran di surat ini.

Kami berharap Kak [Nama Influencer] bersedia bekerjasama dengan kami dalam bentuk endorsement. Apabila berkenan, kami tunggu kabar lebih lanjutnya melalui email ini, berikut dengan informasi rate card-nya.

Terimakasih atas perhatiannya, salam untuk Kak [Nama Influencer]

Hormat kami,

PT. Tekno Future Abadi”


Sobat OCBC NISP, dapat disimpulkan bahwa endorsement adalah salah satu strategi marketing yang perlu dicoba, terutama jika Anda sedang mengembangkan bisnis dan butuh meningkatkan brand awareness. Jadi selamat mencoba! Semoga strategi endorsement yang Anda terapkan sukses!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All