Related Product

Private Banking

Private Banking

Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

Fakta Keistimewaan Black Card, Fungsi, & Cara Mendapatkannya

18 May 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Black card adalah kartu yang sempat buat gempar dunia, ini informasi lengkapnya.

Black card sempat jadi bahasan populer media sosial karena konon hanya bisa dimiliki para milyarder saja. Padahal, black card adalah kartu yang jauh lebih eksklusif dari itu. Jadi apa itu black card dan bagaimana cara mendapatkannya? Mungkinkah Anda dapat memiliki kartu semacam ini di kantong Anda? Simak artikel ini untuk tahu jawabannya.


Apa itu Black Card?

Black Card adalah kartu hitam super eksklusif keluaran American Express, sebuah bank Amerika legendaris yang namanya sudah populer selama 170 tahun. Nama resmi untuk black card adalah Centurion Card from American Express.

Black card adalah kartu kredit luar biasa yang dapat memberikan berbagai macam privilege mustahil bagi penggunanya, misalnya tidur di hotel elit tanpa membayar.

Anda bisa menggunakan black card untuk membayar tagihan apa saja, mulai dari belanja mewah sampai jalan-jalan ke luar negeri. Bukan hanya tidak terbatas, kartu kredit satu ini akan membuat Anda dapat prioritas nomor satu di mana saja.

Akan tetapi hingga sekarang, cara mendapatkan black card masih misterius. Namun, bukan berarti Anda tidak berkesempatan memperolehnya.


Fakta-Fakta Tentang Keistimewaan Black Card

Saat ini, sebagian besar pemilik black card adalah musisi, aktor, politisi, dan atlet ternama. Akan tetapi fakta tentang keistimewaan black card tidak berhenti sampai di situ. Berikut ini beberapa fakta lain black card.

  1. Hanya Ada 20 Ribu Kartu di Seluruh Dunia
    American Express tidak memberikan pengumuman resmi tentang jumlah black card. Akan tetapi berdasarkan hasil investigasi media, saat ini ada sekitar 20 ribu black card diproduksi sampai sekarang.

    Meski jumlah total black card sudah diketahui, belum ada yang bisa memastikan berapa jumlah total pemegang kartu tersebut.

  2. Berat Kartu Mencapai 22 Gram
    Kartu kredit umumnya memiliki bobot seberat kurang lebih 5 gram, akan tetapi black card 4 kali lipat lebih berat dari itu, yakni sekitar 22 gram. Selain beratnya yang tidak biasa, penerima black card juga akan mendapat sertifikat kepemilikan, sebuah kotak piagam, dan dompet khusus.

  3. Eksklusif untuk Orang-Orang Tertentu
    Di atas tadi sudah disebutkan bahwa tidak semua milyarder berkesempatan menjadi pengguna black card. American Express selaku provider melakukan penilaian sendiri terhadap orang-orang yang berhak menerima black card.

    Beberapa artis diketahui memiliki black card, seperti Oprah Winfrey, Beyonce, artis Korea G-Dragon, dan Jungkook BTS.

  4. Menggunakan Sistem Undangan
    Satu-satunya cara mendapatkan black card adalah dengan menerima undangan dari American Express. Tidak seperti kartu kredit lain, Anda tidak bisa melakukan pengajuan ke American Express untuk memiliki black card.

    Jika ditakdirkan menjadi pemegang black card, bank inilah yang nanti akan menghubungi Anda. Akan tetapi syarat punya black card paling utama perlu Anda penuhi terlebih dulu, yaitu menjadi nasabah American Express.

  5. Biaya Tahunan Mencapai 71,4 Juta Rupiah
    Eksklusivitas black card setara dengan biaya yang dikeluarkan untuk memilikinya. Berdasarkan informasi dari American Express, seorang pemilik black card perlu menyetorkan initiation fee sebesar $10,000 atau setara Rp142,8 juta. Selain itu, pemilik black card juga wajib membayar biaya tahunan sebesar 50% dari initiation fee, yakni sekitar Rp71,4 juta.

  6. Kartu Tanpa Limit
    Tak diragukan lagi, black card adalah kartu kredit tanpa limit, sehingga penggunanya bebas mengeluarkan biaya sebanyak apa pun dan memasukkannya ke tagihan kredit. Meski demikian, karena American Express memilih sendiri pemilik black card, bank tersebut sudah memastikan bahwa orang yang diundangnya mampu melunasi seluruh tagihan dalam waktu 1 bulan.

  7. Pengguna Mendapat Berbagai Privilege Elit
    Fakta terakhir keistimewaan black card adalah pemiliknya mendapat berbagai privilege elit yang mustahil diterima pengguna kartu kredit biasa. Misalnya saat seorang pemilik black card ketinggalan pesawat, dia dapat langsung naik penerbangan selanjutnya dan mendapat kelas nomor satu tanpa membayar apa-apa.


Selain itu, ada beberapa fungsi black card lain yang luar biasa eksklusif bagi penggunanya, yaitu sebagai berikut.

  • Pelayanan elit khusus pemilik black card di bandara seluruh dunia
  • Masuk kelas elit secara otomatis di semua hotel seluruh dunia
  • Fasilitas kursi kehormatan otomatis di berbagai acara dan konser
  • Fasilitas khusus sewa mobil elit seperti Lamborghini, Tesla, dan F1
  • Bebas transaksi valuta asing tanpa tarif pertukaran kurs
  • Undangan eksklusif ke acara privat American Express

Syarat & Cara Mendapatkan Black Card

Seperti telah disebutkan di awal tadi, cara mendapatkan black card masih tidak diketahui dengan jelas hingga sekarang. Meski demikian, ada beberapa syarat punya black card mutlak yang wajib Anda penuhi jika ingin diundang menjadi pemilik black card, yaitu:

  • Telah menjadi nasabah American Express
  • Aktif menggunakan kartu kredit selama minimal 1 tahun
  • Memiliki pengeluaran minimal $250,000 atau Rp3,6 milyar per tahun (semakin banyak pengeluaran, semakin besar kemungkinan diundang)

Akan tetapi perlu diingat, tiga poin di atas hanyalah syarat punya black card agar American Express paham portofolio keuangan Anda. Keputusan memilih pemilik black card sepenuhnya ada di tangan American Express.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa black card adalah kartu yang tidak bisa dimiliki sembarang orang. Akan tetapi jika Anda ingin punya kartu kredit setara dengan black card ini, OCBC NISP memiliki kartu kredit OCBC Premier Visa Infinite! Ada berbagai macam hadiah khusus dan privilege disediakan untuk pemilik kartu tersebut, jadi segera daftarkan diri Anda!

Baca Juga:

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 25 May 2022

$name

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

View All