Apa Itu Virtual Account? Ini Arti, Manfaat, & Cara Kerjanya

18 May 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Virtual account adalah alat pembayaran via digital yang ampuh, ini bahasannya.

Kemajuan era digital membuat transaksi keuangan lebih mudah. Virtual account adalah salah satu inovasi yang lahir dari kemajuan tersebut. Tapi, apa itu virtual account? Bagaimana cara kerjanya? Apa saja jenis virtual account yang ada sekarang? Berikut penjelasan lengkapnya.


Apa itu Virtual Account?

Virtual account adalah akun pembayaran yang dibuat khusus untuk tiap pengguna. Akun ini umumnya dibuat otomatis saat Anda melakukan pembayaran online, dan tidak dapat digunakan orang lain kecuali Anda sendiri.

Bentuk virtual account bisa berbeda-beda sesuai provider/bank penggunanya. Akan tetapi umumnya virtual account berbentuk kombinasi angka atau angka-huruf unik.

Saat ini, hampir semua bank memiliki virtual account agar nasabah lebih mudah bertransaksi secara online, salah satu bank dengan fitur virtual account terbaik adalah OCBC NISP.


Perbedaan Virtual Account dengan Rekening Biasa

Setelah membahas apa itu virtual account, kali ini kita akan membahas perbedaan virtual account dan rekening biasa.

Meski sudah ada sejak belasan tahun lalu, virtual account adalah konsep baru bagi masyarakat awam. Oleh karena itu, banyak yang menyamakan transaksi virtual account dan rekening biasa.

Padahal ada beberapa perbedaan signifikan antara virtual account dan rekening biasa lho, berikut penjelasannya.

  1. Dari Segi Penggunaan Internet
    Saat menggunakan rekening biasa, ada dua cara bertransaksi paling umum, yaitu dengan setor/terima tunai via teller atau melalui ATM. Kedua jenis transaksi ini sama-sama punya kelemahan. Transaksi via teller mewajibkan Anda datang langsung ke bank. Sedangkan kalau via ATM, Anda wajib mencari ATM terdekat sesuai akun bank Anda.

    Akan tetapi, Anda tidak perlu ke mana-mana jika menggunakan virtual account (VA). Anda hanya perlu memasang aplikasi m-banking di ponsel, membeli barang, memilih pembayaran via (VA), dan memasukkan kode pembayaran VA ke fitur m-banking Anda. Pembelian produk online melalui internet pun sukses dilakukan.

  2. Dari Segi Pelayanan
    Selanjutnya dari segi pelayanan, pengguna VA melakukan self-service (pelayanan terhadap diri sendiri). Ini tentu berbeda dengan Anda datang ke bank lalu segala kebutuhan pun dilayani teller.

    Cara kerja VA adalah dengan membuat kode otomatis bagi pengguna yang ingin bertransaksi online. Jika ingin transaksinya berhasil, pengguna VA harus melakukan self-service dengan memasukkan kode tersebut sesuai petunjuk pembayaran.

  3. Dari Segi Alur Transaksi
    Cara kerja virtual account memang lebih rumit dibandingkan rekening biasa, karena Anda perlu menangani pembayaran sendiri. Akan tetapi selama informasi alur transaksi yang disediakan jelas dan lengkap, Anda tidak akan kesulitan melakukan pembayaran melalui VA.

  4. Dari Segi Pencatatan Transaksi
    Pernah kelabakan saat kehilangan bukti pembayaran melalui rekening biasa? Hal ini tidak akan menimpa Anda jika bertransaksi dengan akun VA.

    Setiap kode buatan akun virtual account adalah kode unik yang hanya bisa dipakai satu orang. Oleh karena itu saat melakukan pembayaran melalui VA, bank akan langsung mengetahui pengirimnya adalah Anda.


Manfaat Virtual Account

Virtual account adalah produk financial technology (fintech) luar biasa yang telah mengubah gaya bertransaksi masyarakat. Ada banyak manfaat virtual account bagi para penggunanya, lebih detailnya dijelaskan di bawah ini.

  • Transaksi Dapat Dilakukan Dimana & Kapan Saja
    Pernah ingat betapa susahnya minta izin ke kantor saat harus ke bank? Atau mengalami letak ATM sangat jauh dari rumah?

    Manfaat virtual account yang akan kita bahas pertama adalah fleksibilitas transaksi. Dengan adanya VA, Anda tidak perlu mengalami dua kejadian tadi. Jika ingin melakukan pembayaran, Anda tinggal membuka m-banking dan memasukkan kode VA, tidak perlu repot-repot ke bank atau ATM.

  • Birokrasi Lebih Singkat
    Manfaat berikutnya virtual account adalah birokrasi lebih singkat dan tidak memakan waktu. Saat ke bank/ATM, kita mungkin perlu mengantri terlebih dulu sebelum bisa bertransaksi. Ini belum menghitung risiko menunggu pelayanan teller terlalu lama atau kerusakan ATM. Hal-hal semacam ini tidak perlu Anda hadapi saat menggunakan VA.

  • Melayani Segala Jenis Transaksi
    Saat ini, berbagai provider virtual account telah mengembangkan fitur-fitur inovatif agar transaksi Anda lebih mudah. Sebagian besar layanan VA yang ada saat ini sudah bisa Anda akses di berbagai marketplace dan aplikasi. Sehingga jika Anda ingin membeli produk/menarik dana secara online, Anda tinggal memakai VA.

  • Tidak Perlu Konfirmasi Pembayaran
    Manfaat terakhir virtual account adalah pengguna tidak perlu susah payah menyimpan bukti atau melakukan konfirmasi pembayaran. Akun VA adalah akun khusus satu pengguna. Sehingga tiap nasabah bank yang memiliki VA sudah terdeteksi identitasnya secara otomatis oleh bank, tanpa harus membuktikan pembayaran.


Cara kerja Virtual Account

Cara kerja virtual account adalah relatif, sesuai providernya dan di mana akun VA tersebut dipasang. Akan tetapi secara umum, berikut ini alur kerja VA mulai dari awal pembayaran sampai konfirmasinya:

  • Pertama, akun VA yang terpasang di suatu aplikasi akan memberikan kode pembayaran unik
  • Pengguna membuka aplikasi m-banking dan mencari opsi pembayaran yang menerima VA (biasanya fitur non-transfer)
  • Kode pembayaran disalin dan dimasukkan ke dalam proses pembayaran via VA
  • Pembayaran akan diproses dan terkonfirmasi setelah beberapa menit.

Cara Membayar dengan Virtual Account

Seperti yang sudah dijelaskan di cara kerja virtual account tadi, tiap provider VA bisa berbeda alur pembayarannya. Berikut ini yang kami jadikan contoh adalah cara membayar dengan virtual account OCBC NISP.

  • Pertama, salin kode pembayaran dari VA OCBC NISP di aplikasi pembelian Anda
  • Buka aplikasi m-banking OCBC NISP, cari fitur “Multipayment” atau sesuai kebutuhan (bisa angsuran, pembelian pulsa, pendidikan, dan sebagainya)
  • Masukkan kode pembayaran ke laman pembayaran yang muncul
  • Nominal pembayaran akan ter-generate secara otomatis
  • Klik tombol bayar dan tunggu sampai proses pembayaran terkonfirmasi

Singkatnya, virtual account adalah masa depan sistem pembayaran bank. Semakin besar basis pengguna virtual account, proses kerja bank akan lebih efisien dan nyaman bagi nasabah. Dan sebagai informasi, Anda juga bisa merasakan kemudahan bertransaksi dengan OCBC NISP Virtual Account lho! Yuk, bergabung dengan OCBC NISP dan rasakan kemudahan pembayaran melalui virtual account kami!

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

ONe Mobile
ONe Mobile

ONe Mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama ONe Mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC NISP
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu

Download ONe Mobile