Apa itu QRIS? Begini Cara Pakai & Manfaatnya bagi Pedagang dan Konsumen

19 May 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

QRIS adalah salah satu inovasi terkeren Bank Indonesia, ini bahasan lengkapnya.

Berbelanja memang menyenangkan. Saat ini, metode berbelanja semakin dipermudah dengan berbagai inovasi teknologi yang dikembangkan di Indonesia. Salah satu teknologi tersebut adalah Quick Response Indonesia Standard (QRIS). QRIS adalah teknologi QR Code yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi pembayaran.

Misalkan, jika Anda menggunakan dompet digital, sobat OCBC NISP bisa memanfaatkan teknologi ini untuk melakukan pembayaran. Transaksi menjadi cashless atau tanpa uang tunai. Praktis bukan?

Jika demikian, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan? Bagaimana cara daftar QRIS dan cara menggunakannya? Simak jawabannya di artikel ini dan bawa bisnis Anda berkembang!


Apa itu QRIS Code

QRIS adalah sistem integrasi berbagai macam QR Code yang dibuat pemerintah Indonesia untuk memudahkan transaksi online. Tak lain dan tak bukan, lembaga yang mengembangkan QRIS adalah Bank Indonesia.

Penciptaan QRIS adalah salah satu upaya memudahkan konsumen Indonesia dalam melakukan transaksi digital. Harapannya implementasi teknologi ini dapat membentuk ekosistem belanja yang lebih mudah, cepat, hemat, dan terjaga keamanannya.

Selain ramah konsumen, teknologi ini juga menawarkan berbagai kemudahan bagi para penjual. QRIS Indonesia memastikan semua penjual mulai dari UKM sampai korporat dapat menerapkan teknologi ini ke bisnis mereka.


Manfaat Penerapan QR Code untuk Konsumen

Bagi konsumen, QRIS adalah sistem pembayaran yang akan membantu transaksi selesai tanpa menggunakan cash, selengkapnya berikut ini.

  1. Transaksi Lebih Cepat Tuntas
    Implementasi teknologi QR Code dapat membantu konsumen menyelesaikan transaksi dengan lebih cepat, karena hanya tinggal scan QR Code saat melakukan pembelian. Dengan demikian, transaksi yang biasanya membutuhkan 5 - 10 menit dapat diselesaikan hanya dalam 1 - 3 menit saja.

  2. Tidak Perlu Repot Membawa Uang Cash
    Transaksi QR Code akan membantu masyarakat melakukan transaksi cashless yang jauh lebih mudah dan aman dari pencurian. Sebagai konsumen, penggunaan QR Code akan membantu Anda lebih ringkas saat bepergian karena tidak membawa terlalu banyak uang di kantong/dompet.

  3. Lebih Higienis
    Sarana persebaran kuman dan virus tertinggi salah satunya adalah melalui uang. Apabila konsumen beralih menggunakan QR Code, transaksi yang dilakukan akan jadi lebih higienis, sehingga kualitas hidup pun meningkat.

  4. Terlindungi dari Penipuan
    Implementasi QRIS BI sangatlah aman, sehingga konsumen akan terlindungi dari penipuan saat bertransaksi di mana pun di Indonesia. BI menjamin semua merchant yang menerapkan pembayaran QRIS jujur dan transparan sehingga transaksi di merchant akan lebih aman.

  5. Sesuai dengan Perkembangan Teknologi Kekinian
    Bagi konsumen, manfaat terakhir QRIS adalah peningkatan kualitas diri karena selangkah lebih depan dalam penerapan teknologi. Seseorang aktif menggunakan pembayaran QRIS jelas lebih kekinian dan modern dibanding yang bersikukuh tetap pakai uang cash di mana saja.


Manfaat Penerapan QR Code untuk Pedagang

Sementara itu bagi pedagang, manfaat-manfaat teknologi QR adalah sebagai berikut.

  1. Transaksi Jual Beli Semakin Cepat dan Efisien
    Kecepatan transaksi mempengaruhi kualitas pelayanan sebuah usaha. Apabila Anda mendaftar sebagai merchant pengguna sistem QR buatan BI, transaksi jual beli yang dilakukan akan semakin cepat. Anda pun tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama untuk melayani pembeli. Operasional usaha Anda pun akan semakin efisien.

  2. Potensi Kepuasan Konsumen Meningkat
    Selain lebih efisien dan minim tenaga, transaksi jual beli yang lebih cepat akan meningkatkan kepuasan konsumen. Tidak ada orang suka pelayanan toko lambat, sehingga implementasi teknologi QR Code BI akan membantu Anda memberikan pelayanan lebih baik pada pelanggan.

  3. Konsumen Loyal Semakin Banyak
    Manfaat berikutnya QRIS adalah meningkatkan loyalitas konsumen. Kalau konsumen sudah nyaman berbelanja menggunakan QR code di toko Anda, mereka akan semakin loyal. Jika ingin membeli sesuatu, mereka tidak akan memikirkan tempat lain. Sebab mereka merasa Anda telah menyediakan pelayanan terbaik dan modern untuk mereka.

  4. Branding Modern dan Kekinian
    Implementasi QRIS adalah salah satu bukti usaha Anda jauh lebih modern dan kekinian dibanding usaha lain yang belum menggunakannya. Di zaman sekarang, segala sesuatu terkait teknologi dianggap lebih menarik dan melambangkan kemajuan, sehingga orang-orang akan lebih menyukainya.

  5. Terhindar dari Uang Palsu
    Di samping branding dan kepuasan konsumen, QRIS adalah sistem yang akan melindungi Anda dari penipuan berupa uang palsu. Bagi seorang pedagang, uang palsu adalah salah satu sumber kerugian terbesar. Implementasi QRIS adalah solusi agar Anda terhindar dari kejahatan oknum penyebar uang palsu.


Cara Daftar Sistem QR Code Bank Indonesia

Berdasarkan penjelasan oleh Bank Indonesia, terdapat 6 tahapan cara daftar sistem QR Code BI yang harus dijalankan oleh pembeli. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  1. Membuat Akun Baru
    Cara daftar QRIS yang pertama adalah membuat akun baru. Sobat OCBC NISP bisa datang ke kantor cabang PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) atau mendaftar secara online.

    Jika masih bingung, Anda bisa mengunjungi kantor cabang bank OCBC NISP terdekat untuk mendaftarkan usaha Anda. OCBC NISP telah memiliki izin sebagai PJSP sejak 13 Januari 2020.

  2. Melengkapi Data dan Dokumen Usaha
    Cara daftar berikutnya adalah melengkapi dokumen pendaftaran. Sobat OCBC NISP perlu menyiapkan dan melengkapi data serta dokumen usaha yang akan diminta saat melakukan pendaftaran. Baik itu secara offline maupun online.

  3. Verifikasi Data
    Pihak PJSP akan melakukan verifikasi data dan Anda bisa menunggunya. Saat proses verifikasi sudah selesai, sobat OCBC NISP akan mendapatkan Merchant ID dan pencetakan kode QR sudah bisa dilakukan.

  4. Pengiriman Sticker
    Sobat OCBC NISP juga akan dikirim sticker yang bisa digunakan untuk implementasi QR Code Bank Indonesia pada usaha Anda.

  5. Instalasi Aplikasi
    Anda juga bisa menginstall aplikasi QRIS Bank Indonesia dari Google Play Store atau App Store jika memang diperlukan.

  6. Pelajari dan Manfaatkan Informasi QRIS dari Bank Indonesia
    Agar tetap bisa menikmati QR Code standar Indonesia, sobat OCBC NISP bisa mempelajari dan memanfaatkan informasi terkini yang biasanya diberikan oleh Bank Indonesia. Jadi, jika ada perubahan atau perkembangan tertentu, Anda tidak akan ketinggalan.


Cara Menggunakan Sistem QR Code Bank Indonesia

Nah, setelah memahami cara daftarnya, alangkah baiknya Anda juga mempelajari cara menggunakan QR Code buatan BI, khususnya sebagai pembeli. Ada 5 tahapan yang perlu dijalankan agar bisa menggunakan QR Code buatan BI saat berbelanja. Ini dia penjelasannya:

  1. Masuk ke Aplikasi
    Aplikasi untuk melakukan pembayaran menggunakan metode QR Code sangat beragam. Sobat OCBC NISP bisa masuk ke aplikasi perbankan atau dompet digital yang hendak digunakan. Pastikan juga bahwa saldo Anda cukup untuk membayar barang yang dibeli.

  2. Scan QR
    Buka menu scan QR Code yang tersedia di halaman utama. Umumnya tombol untuk membuka menu scan QR tertera pada bagian atas aplikasi.

  3. Arahkan Kamera ke Sticker QR Code
    Sobat OCBC NISP bisa mengarahkan kamera untuk memindai atau scan sticker QRIS BI yang sudah disediakan oleh penjual.

  4. Masukkan Nominal Dana dan PIN
    Aplikasi akan memberikan kolom untuk mengisi nominal dana yang hendak ditransfer pada penjual atau pemilik usaha. Anda akan diminta memasukkan kode PIN aplikasi agar transaksi bisa berlanjut.

  5. Bayar
    Jika dana sudah terkirim, aplikasi akan memberikan sebuah notifikasi dan bukti transaksi. Sobat OCBC NISP bisa menunjukkan bukti transaksi tersebut kepada penjual bahwa pembayaran telah selesai dilakukan.


QRIS adalah salah satu inovasi yang akan memberi sobat OCBC NISP beragam manfaat saat digunakan. Jika Anda tertarik, silakan datang ke kantor cabang OCBC NISP terdekat untuk mendapatkan pelayanan pendaftaran QR Code buatan resmi Bank Indonesia. Selamat bertransaksi!

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

ONe Mobile
ONe Mobile

ONe Mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama ONe Mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC NISP

Download ONe Mobile