Related Product

KPR Easy Start

KPR Easy Start

syariah - pembiayaan

syariah - pembiayaan

9 Cara Beli Rumah Tanpa Riba, Lebih Aman & Terjangkau

20 May 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Punya rumah tanpa riba? Jelas bisa! Ini tips untuk Anda.

Dalam Islam, riba adalah sesuatu yang tidak diperbolehkan. Akan tetapi di zaman sekarang, menghindari riba dalam transaksi sehari-hari cukup sulit dilakukan, salah satunya saat membeli rumah. Akan tetapi, di bawah ini OCBC NISP punya 9 cara beli rumah tanpa riba untuk Anda.


9 Cara Beli Rumah Tanpa Riba yang Bisa Anda Lakukan

Meskipun sulit menghindari riba di zaman sekarang, bukan berarti Anda tak bisa membeli rumah tanpa riba. Yuk terapkan beberapa cara beli rumah tanpa riba sebagai berikut.

  1. Rajin Menabung Sejak Usia Muda
    Sebenarnya riba dapat dihindari jika kita membeli rumah secara tunai. Agar Anda bisa membeli rumah secara tunai tanpa harus kredit, mulailah rajin menabung sejak usia muda.

    Cara menabung untuk beli rumah tanpa riba bisa dilakukan dengan membuat perencanaan keuangan secara matang. Alokasikan dana sebesar 30% dari total pendapatan tiap bulan untuk ditabung.

    Selain itu, menetapkan target waktu dan biaya beli rumah juga penting. Sehingga Anda akan selalu terdorong untuk menabung secara rutin agar membeli rumah impian segera terwujud.

  2. Menyisihkan Gaji untuk Investasi Rutin
    Terkadang sudah menabung tetapi impian membeli rumah tak kunjung tiba. Apalagi harga rumah semakin meningkat tiap tahun. Agar uang tabungan Anda untuk membeli rumah tidak tergerus inflasi, sebaiknya investasikan gaji Anda ke instrumen yang tepat.

    Anda juga bisa menyisihkan gaji untuk diinvestasikan secara rutin. Walaupun keuntungan investasi tidak bisa diprediksi, setidaknya dengan cara ini dapat menambah nilai yang lebih besar daripada sekedar menabung.

    Untuk menghindari riba, Anda bisa memilih instrumen investasi berbasis syariah. Sebelum berinvestasi, Anda harus mempelajari produk investasi tersebut dan mengetahui profil risiko. Sehingga uang Anda akan terkelola dengan tepat.

  3. Membuka Usaha Sampingan di Rumah
    Tak cukup dengan gaji yang ada, mungkin Anda harus menambah pemasukan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka usaha sampingan di rumah. Saat ini, banyak sekali peluang untuk mulai berbisnis dari rumah.

    Tak perlu modal besar, Anda sudah bisa menghasilkan keuntungan besar dari bisnis rumahan. Bahkan usaha tanpa modal juga dapat dicoba, misalnya menjadi reseller atau dropshipper.

    Keuntungan dari usaha sampingan di rumah dapat ditabung untuk menambah biaya beli rumah tanpa riba. Sisihkan waktu sebaik mungkin dan tingkatkan ketekunan diri agar dapat membagi waktu untuk mengurus usaha di rumah sepulang kerja.

  4. Membuat Alternatif Passive Income
    Jika selama ini, Anda bekerja untuk uang, sekarang saatnya membuat uang bekerja untuk Anda. Caranya dengan membuat passive income. Passive income adalah penghasilan yang tidak membutuhkan usaha lebih atau hanya mengeluarkan sedikit energi untuk memperoleh keuntungan.

    Tentu passive income akan sangat membantu Anda dalam mewujudkan beli rumah tanpa riba. Di sisi lain Anda bekerja untuk mendapatkan uang, passive income juga memberikan keuntungan tanpa harus mengeluarkan usaha ekstra.

    Contoh passive income yang dapat dicoba adalah membuka akun Youtube sendiri. Apabila akun Anda diterima Adsense, konten-konten Anda dapat menghasilkan uang terus menerus.

  5. Membangun Rumah Sendiri Secara Bertahap
    Solusi beli rumah tanpa riba berikutnya adalah membangun rumah sendiri secara bertahap. Jika dana untuk membeli rumah belum cukup, sebaiknya memanfaatkan budget yang tersedia untuk mencicil membangun rumah.

    Anda bisa mulai dengan membeli lahan terlebih dahulu. Biasanya harga tanah relatif lebih murah dibandingkan langsung membeli rumah sekaligus. Apabila sudah ada dana yang terkumpul lagi, selanjutnya mulai membangun rumah hingga bangunan siap huni.

    Tips beli rumah tanpa riba ini cukup memakan waktu lama, tetapi bisa diterapkan untuk menghindari riba.

  6. Meminjam Uang ke Bank Syariah
    Sebenarnya, tidak ada salahnya dalam mengajukan kredit untuk beli rumah. Namun yang menjadi masalah adalah biasanya kredit rumah membebankan bunga sehingga transaksinya mengandung riba.

    Untuk menghindari riba, Anda bisa mengajukan pinjaman dana kepada Bank Syariah. Biasanya lembaga keuangan syariah menerapkan akad sesuai prinsip Islam. Sehingga dalam transaksinya tidak mengandung riba.

    Terdapat banyak akad syariah tergantung dari jenis kredit. Anda bisa memilih jenis pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Meski demikian, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pihak penyedia pinjaman syariah agar Anda memperoleh kredit yang tepat.

  7. Beli Rumah Via Saudara/Kerabat
    Solusi beli rumah tanpa riba secara ampuh adalah dengan membeli rumah melalui saudara atau kerabat. Apabila kerabat Anda memiliki rumah yang akan dijual, cobalah untuk bernegosiasi dalam hal pembayaran.

    Mintalah keringanan dalam membeli rumahnya dengan cara mencicil tanpa adanya bunga. Agar lebih aman dan terjamin, lakukan proses jual-beli rumah melalui notaris.

  8. Mencari Kontraktor yang Menjual Rumah Tanpa Riba
    Beberapa kontraktor atau developer menerima angsuran tanpa riba. Sebab transaksi hanya dilakukan oleh dua pihak saja yaitu kontraktor sebagai penjual dan pembeli rumah. Dalam hal ini tidak ada perantara dari lembaga keuangan.

    Sehingga Anda bisa mengajukan negosiasi dalam cicilan rumah tanpa riba. Sayangnya, durasi angsuran dengan kontraktor tidak berlangsung lama. Biasanya pihak penjual hanya memberikan waktu selama 1-1,5 tahun. Tetapi cara ini patut dicoba untuk menghindari riba.

  9. Mengajukan KPR dengan Akad Syariah
    Di era sekarang, Kredit Perumahan Rakyat (KPR) tidak hanya dijumpai pada lembaga keuangan konvensional saja. Anda bisa mengajukan KPR dengan akad syariah untuk menghindari riba dalam membeli rumah.

    Terdapat banyak sekali jenis akad dalam KPR syariah, namun yang umum digunakan adalah akad murabahah. Dalam akad ini, pihak bank akan membeli rumah idaman Anda terlebih dahulu. Kemudian bank akan menjualnya pada Anda sesuai dengan harga dan tambahan biaya saat kesepakatan.


Demikian cara beli rumah tanpa riba yang bisa Anda usahakan guna menjemput rumah idaman nan berkah! Jika Anda memang bertekad tidak terlibat dalam transaksi konvensional, OCBC NISP juga memiliki program pembiayaan Syariah untuk Anda. Cek informasi KPR syariah selengkapnya di website OCBC NISP.

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All