6 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Dengan Cepat Tanpa Molor

25 May 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Bagaimana cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat? Lakukan tips berikut.

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran termudah saat kita kekurangan dana untuk membeli barang. Akan tetapi, dibalik kemudahannya banyak pula orang kesulitan membayar tagihan kartu kredit dan akhirnya menunggak. Jadi, bagaimana cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat? Simak langkah-langkahnya berikut ini.


6 Cara Menlunasi Hutang Kartu Kredit Dengan Cepat

Agar dapat melunasi hutang kartu kredit, ada beberapa cara melunasi hutang kartu kredit yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  1. Perhitungkan Jumlah Pendapatan Bulanan
    Cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat pertama adalah dengan memperhitungkan jumlah pendapatan bulanan. Anda bisa membuat skala prioritas alokasi keuangan dari pemasukan bulanan, berapa yang digunakan untuk bayar tagihan, angsuran, dan biaya sehari-hari.

    Alokasi ideal perbandingan biaya sehari-hari, hutang, dan tabungan sebenarnya adalah 50%/30%/20%. Akan tetapi jika tidak memungkinkan memakai hitungan ideal ini, Anda dapat mengecilkan jumlah tabungan menjadi 5 - 10%.

  2. Bayar Hutang Kartu Kredit Begitu Gajian
    Cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat berikutnya adalah dengan membayar tagihan tepat setelah gajian.

    Agar gaji di awal bulan dapat dialokasikan dengan tepat, sebaiknya Anda melakukan pembayaran kredit secepat mungkin setelah gaji cair. Dengan demikian, Anda dapat segera melepaskan beban membayar tagihan tanpa menunggu kondisi keuangan menipis.

    Bahkan apabila memungkinkan, bayar hutang kartu kredit melebihi jumlah tagihan seharusnya. Dengan demikian, Anda dapat hidup lebih tenang jika suatu hari nanti terjadi pengeluaran mendadak yang harus memotong jatah pembayaran kredit.

  3. Prioritaskan Hutang Berdasarkan Tanggal Jatuh Tempo
    Disiplin membayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu merupakan cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat. Dengan melunasi tagihan sebelum jatuh tempo akan membuat Anda terhindar dari biaya denda sebagai sanksi keterlambatan.

    Apabila Anda menunda pembayaran hutang kartu kredit, beban biaya angsuran pada bulan depan akan semakin membengkak. Sebab bunga kartu kredit bersifat mengembang, akibatnya tagihan bunga di bulan depan menjadi dua kali lipat.

  4. Kerja Sampingan untuk Menambah Pendapatan
    Apabila cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat telah dicoba tetapi hutang kartu kredit masih belum teratasi, mungkin Anda bisa mencari penghasilan tambahan. Bagi Anda yang memiliki waktu selepas pulang kerja, Anda dapat mencari pekerjaan sampingan.

    Pekerjaan sampingan seperti freelance merupakan salah satu cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk. Dengan adanya tambahan pemasukan, maka penyelesaian tunggakan kartu kredit dapat dilakukan secara lebih cepat.

    Di zaman sekarang, mencari kerja sampingan sangatlah mudah dan bahkan bisa sesuai hobi. Anda bisa menjadi seorang desainer, penulis, driver transportasi online, influencer media sosial, reseller produk, dan sebagainya.

  5. Berhenti Pakai Kartu Kredit sampai Tagihan Lunas
    Menghentikan pemakaian kartu kredit sementara hingga tagihan sebelumnya lunas adalah salah satu cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk.

    Selama masa jeda tidak menggunakan kartu kredit ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk melunasi tagihan kartu kredit sebelumnya, sehingga hutang tidak menumpuk. Selama berhenti menggunakan kartu kredit, Anda dapat menyusun ulang rencana penggunaan kartu kredit agar hutang tidak menumpuk.

  6. Ajukan Pinjaman Online
    Meskipun memiliki tagihan, tak ada salahnya mengajukan pinjaman online untuk membayar hutang kartu kredit secara lunas. Istilah peribahasanya, gali lubang kecil untuk tutup lubang besar.

    Langkah ini dapat dilakukan sebagai salah satu cara menyelesaikan tunggakan kartu kredit dengan cepat. Dengan catatan, hutang baru dari pinjaman online memiliki suku bunga jauh lebih kecil dibandingkan bunga dari tagihan kartu kredit.


Cara Cerdas Penggunaan Kartu Kredit Agar Aman Dari Tunggakan

Setelah membahas cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat, kali ini kita akan membahas cara menggunakan kartu kredit dengan cerdas agar bebas tunggakan dan denda. Silahkan mencoba tips-tips penggunaan kartu kredit dari OCBC NISP di bawah ini ya!

  • Gunakan Kartu Kredit Hanya di Waktu Tertentu
    Memiliki kartu kredit bukan berarti seluruh transaksi harus dilakukan melalui kartu kredit. Hal tersebut dapat mengakibatkan pemborosan kartu kredit sehingga tunggakan tagihan menjadi bengkak.

    Usahakan untuk memanfaatkan kartu kredit sebaik mungkin. Gunakan fasilitas ini pada waktu tertentu saja. Misalnya saat promo atau diskon yang mensyaratkan pembayaran melalui kartu kredit atau saat Anda lupa membawa uang cash.

    Perlu diingat bahwa setiap transaksi menggunakan kartu kredit memiliki bunga, dan Anda wajib membayarkan biaya tambahan ini setiap bulan.

  • Buat Limit Kartu Kredit Sendiri
    Saat menerbitkan kartu kredit, bank juga mengeluarkan limit transaksi bagi Anda per bulannya. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda juga membuat limit transaksi sendiri, agar Anda juga punya pedoman pengeluaran.

    Untuk menentukan limit kartu kredit sendiri, pertama-tama Anda perlu membuat perkiraan pengeluaran tiap bulan. Susunlah skala prioritas tentang barang mana yang harus dibeli terlebih dulu. Setelah itu, tetapkan limit kartu kredit pribadi dengan jumlah di bawah limit bank. Dengan demikian, Anda akan lebih bijak menggunakan kartu kredit, dan tidak terancam melakukan transaksi over limit.

  • Selalu Sedia Uang Tunai Di Dompet
    Agar dapat mengontrol penggunaan kartu kredit, usahakan untuk meminimalisir pemakaiannya. Gunakan kartu kredit pada waktu yang dibutuhkan saja, misalnya saat ada diskon atau promo yang mensyaratkan menggunakan kartu kredit.

    Untuk bertransaksi kebutuhan sehari-hari, sebaiknya menggunakan uang cash atau tunai. Selain lebih terasa pengeluarannya, transaksi cash biasanya tidak memiliki bunga, sehingga Anda bisa lebih hemat.

  • Jangan Bergantung Pada Kartu Kredit
    Kartu kredit adalah sarana pembayaran yang memudahkan. Tetapi tidak selamanya Anda harus menggunakannya dalam bertransaksi. Jangan sampai kenyamanannya membuat Anda bergantung dengan kartu kredit.

    Sembari mencari cara melunasi tunggakan kartu kredit, pelajari juga cara agar tidak terlalu bergantung kepadanya. Ini memang butuh proses, tapi jika Anda terus berusaha mengerem pengeluaran, maka lambat laun Anda dapat melepaskan diri dari penggunaan kartu kredit berlebihan.


Itulah alternatif cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat versi OCBC NISP. Ingat, selalu gunakan kartu kredit dengan bijak dan hemat agar tidak terjebak dalam hutang di luar kemampuan. Yuk mulai terapkan penggunaan kartu kredit secara cerdas di atas!

Cerita untuk inspirasi

Read

Daily Update, Education, Tips & Trick - 28 Jun 2022

Hati-Hati Dering Jelang Tengah Malam

Read
Investasi Reksa Dana

Education, Daily Update, Investment - 23 Jun 2022

Berinvestasi dengan Reksa Dana

View All

Related Product

Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

A means of payment for all transactions
Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

Jadikan setiap tahapan kehidupan sebagai pengalaman baru yang penuh makna
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC NISP

Download ONe Mobile