Related Product

Nyala

Nyala

ONe Mobile

ONe Mobile

Reksa Dana

Reksa Dana

Usia 25th, kamu sudah punya asset apa, hayoo..?

31 May 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Masih ingat gak, gaji pertama kamu habis untuk beli apa aja?

Handphone baru, tab baru, fashion terbaru, perawatan wajah, atau travelling? Wajar kok… Namanya juga gaji pertama ya kannn… pastinya semua wishlist dari jaman kuliah tuh satu per satu idealnya mau kita wujudkan.

Eh tapi, ingat jangan sampe kebablasan, lho.. Apalagi kalau dari semua wishlist tersebut bersifat konsumtif dan tidak ada nilai investasinya. Punya penghasilan sendiri, artinya harus mandiri mengatur keuangan pribadi. Beli baju baru boleh aja, tapi di jaman canggih seperti sekarang, banyak banget vendor penyewaan baju dengan langganan per hari, per minggu, atau per bulan, sehingga pengeluaran kamu sudah terukur. Kira-kira deh, pendapatan bulanan sebesar Rp 7,5juta, yuk simak tips menuju kaya saat usia 25 tahun nanti.



Setiap penghasilan rutin yang kamu terima, dipisahkan 50% untuk kebutuhan inti (needs), kurang lebih sebesar Rp 3,75juta harus mencukupi untuk biaya transportasi kamu per bulan, sewa tempat tinggal, kebutuhan kesehatan, dan biaya cicilan. Kalau gak cukup, artinya harus ada yang dikurangi yang sifatnya konsumtif, misalnya gak perlu nyicil sesuatu untuk saat ini.

Kemudian, 30% dipergunakan untuk dinikmati (wants), kurang lebih sebesar Rp 2,25juta. Nah kan, ada budgetnya juga untuk kamu hura-hura toh, misalnya untuk belanja bulanan, makan di resto kece, member gym, nonton bioskop, dan jalan-jalan. Kalau gak cukup, member gym ditunda dulu, sebagai ganti, lari pagi depan rumah aja, atau pilih-pilih event untuk makan di luar.

Terakhir, ini yang paling wajib, bukan disisakan paling akhir, tapi wajib hukumnya untuk disisihkan di awal sebesar 20% untuk ditabung (savings), kurang lebih sebesar Rp 1,5juta. Ini untuk persiapan pensiun, dana darurat, dan investasi kamu yang memang bersifat jangka panjang.

Karena memang tujuannya untuk jangka panjang, maka sebaiknya kamu mencari investasi yang tidak tergerus inflasi dan bertumbuh, misalnya reksa dana saham.



Andaikan kamu sudah mulai investasi dari tahun lalu, 29 May 2020, maka 20% dari pendapatan bulanan kamu selama setahun sudah bertumbuh menjadi Rp 19 jutaan lho! Keren kan… Jangan sedih, belum telat kok untuk memulai investasi. Berinvestasi pada reksa dana saham pun tidak harus dengan nominal besar, bahkan kamu bisa mulai dengan minimum Rp20 ribu. Kita lihat pilihan fund yang bisa kamu pilih di One Mobile yuk!

Semua resiko yang berpotensi terjadi pada reksa dana dapat dimitigasi jika kamu melakukan perencanaan dan manajemen investasi yang baik. Maka kuncinya adalah rutin dalam berinvestasi dan tentukan jangka waktu investasi kamu. Selamat berinvestasi!


Yuk langsung buka rekening investasi/SID:


Ikut langkah berikut, untuk berli reksa dana dengan mudah:



Nikmati Promo Investasi Reksa Dana pertama mu dengan cara berikut:

Dapatkan Promo Reksa Dana Pertama:
Periode Program: 1 - 31 Mei 2021

Reksa Dana Berjangka – Min. Pembelian Rp 100.000,-

Dapatkan cash rebate senilai Rp50.000,- untuk pembelian Reksa Dana Berjangka (RDB) minimal Rp100.000,- per bulan dengan jangka waktu minimal 12 bulan

 

Reksa Dana Berjangka – Min. Pembelian Rp 20.000 – Rp 99.000,-

Dapatkan cash rebate senilai Rp 20,000,- untuk pembelian Reksa Dana Berjangka (RDB) mulai dari Rp 20.000 - Rp 99.999,- per hari atau per minggu dengan jangka waktu minimal 12 bulan

 

Reksa Dana Lump Sum (Pembelian Satu Waktu) – Min. Pembelian Rp 25.000,-

Dapatkan Cash Rebate senilai Rp25.000,- untuk pembelian Reksa Dana minimal Rp 25.000,- melalui ONe Mobile

 

Syarat dan Ketentuan:

  1. Berlaku untuk transaksi subscription/ pembelian Reksa Dana pertama kali dalam 1 CIF
  2. Untuk 1 CIF hanya berhak 1 cash rebate (tidak berlaku kelipatan)
  3. Hanya berlaku jika subscription/ pembelian Reksa Dana dilakukan melalui ONe Mobile
  4. Cash rebate akan dikreditkan ke rekening tabungan Nasabah pada bulan berikutnya

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All