Related Product

Nyala

Nyala

ONe Mobile

ONe Mobile

Wealth Management

Wealth Management

Cash Management

Cash Management

10 Manfaat Hidup Hemat Sejak Muda agar Lebih Bahagia

2 Jun 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Siapa sangka, manfaat hidup hemat ada banyak lho. Berikut penjelasannya.

Membeli banyak barang favorit memang menyenangkan. Akan tetapi, hidup hemat lebih membahagiakan kok, baik untuk masa sekarang atau masa tua nanti. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bersama-sama manfaat hidup hemat yang jarang kita sadari.


10 Manfaat Hidup Hemat Agar Lebih Bahagia Saat Tua

Masih ingat dengan pepatah yang mengatakan “hemat pangkal kaya”? Ternyata tak sekedar kaya yang dirasakan dari manfaat hidup hemat. Selain itu, terdapat banyak manfaat hidup hemat dan sederhana lainnya lho yang bisa dituai saat tua nanti. Apa saja? Cek uraiannya di bawah ini.

  1. Tekanan Hidup Berkurang
    Manfaat hidup hemat dan sederhana pertama adalah mengurangi tekanan hidup. Saat kita menerapkan kebiasaan hemat, maka kebutuhan hidup akan lebih tercukupi. Karena kita tidak menghabiskan uang untuk membeli barang yang diinginkan tapi tidak dibutuhkan.

    Selain itu, dengan berhemat Anda juga tidak perlu pusing mencari dana tambahan atau pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhan. Karena pendapatan Anda sudah cukup untuk keperluan sehari-hari. Sehingga hidup jauh lebih tenang dan tanpa beban.

  2. Jarang Terkena Stres
    Hidup hemat dan sederhana berpengaruh pada kesehatan fisik dan jiwa. Berdasarkan penemuan sains, ternyata berhemat mampu menekan stres. Karena kita tidak dituntut terus memenuhi gaya hidup sesuai lingkungan sekitar. Kondisi keuangan Anda pun akan teralokasi pada pos-pos sesuai keperluan.

    Sebaliknya jika Anda hidup boros, Anda akan jauh lebih stres. Karena selain berusaha memenuhi tuntutan gaya hidup tiada habisnya, Anda masih harus membayar biaya-biaya lebih di luar kebutuhan hidup sehari-hari.

  3. Pikiran Lebih Positif
    Menjalani hidup hemat dan sederhana akan membantu pikiran Anda lebih positif. Sebab, Anda tidak perlu terbebani memenuhi tuntutan gengsi dan prestise. Hidup Anda akhirnya akan fokus digunakan melakukan hal-hal lebih bijak seperti mengejar cita-cita dan bermanfaat bagi orang lain.

  4. Gaya Hidup Lebih Simpel, Tidak Ribet
    Selanjutnya, manfaat hidup hemat adalah gaya hidup lebih simpel. Saat Anda berhemat, Anda akan menerapkan kebiasaan yang mengutamakan simplisitas dan anti-ribet. Karena Anda hanya membeli barang-barang atau kebutuhan seperlunya saja.

    Kondisi demikian sering disebut juga sebagai gaya hidup minimalis. Gaya minimalis adalah perpaduan antara hidup hemat dan sederhana. Jika menerapkan ini, hidup Anda terjamin lebih tenang sebab menggunakan sesuatu secukupnya saja.

  5. Jarang Membuang Barang
    Gaya hidup hemat menanamkan kebiasaan untuk membeli barang yang dibutuhkan saja. Oleh sebab itu, Anda hanya akan menyimpan barang yang memiliki nilai dan manfaat saja. Sehingga tidak perlu membuang barang sia-sia, sebab Anda hanya membeli barang saat benar-benar membutuhkannya saja.

  6. Rumah Lebih Rapi
    Hidup hemat berarti Anda akan membeli barang-barang penting saja. Akibatnya rumah Anda akan tampak lebih rapi, tanpa dipenuhi barang-barang yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

    Berbeda halnya ketika Anda hidup boros dan membeli barang-barang sesuai keinginan bukan kebutuhan. Rumah Anda akan dipenuhi lebih banyak barang sehingga terlihat tidak rapi. Rumah lebih rapi akan membuat hidup Anda lebih tenang dan teratur. Sebab tata letak yang rapi membuat pandangan dan hati lebih dingin.

  7. Pintar Mengatur Keuangan
    Manfaat hidup hemat berikutnya adalah Anda menjadi pintar dalam mengatur keuangan. Hidup boros membuat Anda tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik. Berbeda saat menerapkan manfaat hidup hemat dan sederhana, penghasilan akan selalu terasa cukup. Sebab Anda mengetahui cara mengelola uang secara bijak.

    Selain itu, hidup hemat dan sederhana akan mendorong Anda berhati-hati dalam mengatur keuangan. Anda sadar pentingnya skala prioritas dalam hidup. Sehingga selalu mengutamakan keperluan dibandingkan keinginan.

  8. Punya Tabungan Saat Darurat
    Menghindari kebiasaan boros membuat Anda terdorong untuk senantiasa menabung. Sebab, Anda hanya membeli barang sesuai kebutuhan, sehingga uang Anda akan selalu bersisa di akhir bulan. Jika Anda terus konsisten menyisakan dana seperti ini tiap bulan, maka tabungan Anda semakin banyak. Dan saat terjadi hal-hal darurat secara mendadak, Anda tidak akan kaget karena dananya sudah tersedia.

  9. Terhindar dari Hutang
    Manfaat hidup hemat berikutnya adalah Anda terhindar dari hutang. Sebab, Anda akan selalu punya tabungan untuk kondisi-kondisi mendesak. Sehingga Anda tidak perlu kebingungan mencari pinjaman dana. Selain itu, hidup tanpa hutang akan membuat Anda lebih tenang. Karena Anda tidak perlu merasa terbebani membayar berbagai tagihan tiap bulannya.

  10. Lebih Sukses di Masa Depan
    Hidup tidak selalu tentang hari ini, tapi juga mengenai masa mendatang. Oleh karena itu, manfaat hidup hemat dan sederhana salah satunya adalah mengamankan masa depan Anda.

    Saat berhemat, Anda dapat mengalokasikan kelebihan dana demi hal-hal lebih bermanfaat, misalnya untuk mempelajari hal baru, investasi, dan semacamnya. Akhirnya masa depan pun lebih cerah, karena Anda telah mempersiapkannya dengan baik.


Banyak bukan manfaat hidup hemat yang bisa kita dapatkan? Bukan hanya untuk masa ini, kebiasaan berhemat akan membuat kita lebih bahagia di masa depan. Oleh karena itu, yuk belajar hidup hemat dari sekarang! OCBC NISP siap membantu sobat mengatur keuangan agar dapat lebih hemat serta bahagia saat tua. Jadi nasabah kami sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All