10 Cara Belajar Bisnis bagi Pemula, dari Nol Hingga Sukses

3 Jun 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Bagaimana cara belajar bisnis yang efektif? Baca artikel ini untuk tahu caranya.

Belajar bisnis sebenarnya mudah, tapi sayang, mayoritas orang melakukannya dengan cara salah. Akhirnya yang dikuasai hanya teori-teori bisnis saja, tanpa tahu bagaimana mempraktekkannya. Agar ini tidak terjadi pada Anda, simak cara belajar bisnis bagi pemula dari OCBC NISP di bawah ini!


10 Cara Belajar Bisnis Bagi Pemula

Tertarik untuk memulai bisnis? Sebelum terjun langsung dalam berbisnis, sebaiknya Sobat OCBC NISP mengetahui lebih dalam tentang ilmu bisnis. Ini cara-cara belajar bisnis yang dapat Anda lakukan.

  1. Cari Tahu Dulu Ingin Buka Usaha Apa
    Cara belajar bisnis bagi pemula pertama adalah menentukan jenis usaha yang ingin Anda jalankan. Dengan menetapkan produk atau jasa di awal, Anda akan lebih mudah dalam membuat perencanaan bisnis.

    Mencari ide usaha bisa dimulai dengan hal-hal sesuai minat atau ketertarikan. Misalnya Anda menyukai kerajinan tangan. Anda dapat membuka toko online penjual kerajinan buatan tangan sendiri. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis.

  2. Jangan Terlalu Muluk Saat Pilih Ide
    Memilih ide tepat dan tidak bertele-tele merupakan cara belajar bisnis bagi pemula yang perlu Anda jalankan. Saat baru memulai, sebaiknya Anda fokus ke satu ide bisnis saja, agar bisa lebih mudah mengembangkannya. Nanti setelah satu ide bisnis tersebut berkembang, Anda dapat berpindah mencoba ide bisnis lainnya.

  3. Pelajari Cara Buat Business Plan Di Awal
    Mempelajari cara buat business plan adalah cara belajar bisnis sebelum terjun secara langsung dalam dunia bisnis. Sebab, bisnis yang direncanakan secara matang akan membuat potensi keberhasilannya semakin tinggi.

    Anda bisa belajar membuat business plan melalui berbagai sumber, mulai dari internet, buku, dan sebagainya. Setelah itu, segera praktikkan ilmu dengan menyusun business plan untuk usaha Anda.

  4. Setelah Business Plan, Pelajari Cara Hitung Modal & Omset
    Setelah memahami business plan, cara belajar bisnis berikutnya dengan mempelajari perhitungan modal dan omset. Jangan sampai tidak ada perhitungan akurat dalam bisnis, karena hal tersebut berpotensi mengakibatkan kerugian.

    Selain modal dan omzet, ada beberapa komponen keuangan lain yang perlu Anda pelajari, misalnya cara menghitung BEP, profit, profit setelah pajak, dan sebagainya.

  5. Belajar Konsep dari Buku-Buku Bisnis Terbaru
    Saat ini, akses untuk belajar bisnis terbuka lebar. Membaca buku-buku bisnis terkini merupakan cara belajar bisnis bagi pemula yang ampuh. Karena pada faktanya, buku adalah jendela dunia yang membuat wawasan Anda semakin luas. Semakin banyak buku bisnis Anda baca, wawasan bisnis Anda juga akan semakin luas.

  6. Jangan Lupa Juga untuk Belajar Teknis
    Cara belajar bisnis bagi pemula berikutnya adalah mempelajari teknis, tidak hanya terkungkung pada teori saja.

    Setelah mempelajari teori, Anda bisa mulai mempraktikkan teori bisnis yang telah dipelajari dengan belajar bisnis modal kecil. Sehingga bila terjadi kerugian, Anda tidak kehilangan uang dalam jumlah besar.

  7. Cari Mentor Pebisnis yang Sudah Sukses
    Tidak selamanya kita harus belajar bisnis secara sendirian. Dengan adanya bantuan dari orang lain, Anda akan semakin cepat dalam menggapai tujuan. Untuk itu, memiliki mentor adalah salah satu cara belajar bisnis bagi pemula terbaik.

    Ada banyak keuntungan yang didapatkan jika Anda berhasil menemukan mentor bisnis. Anda akan memperoleh arahan, masukan, dan pengetahuan terkait bisnis. Selain itu, Anda juga bisa belajar dari pengalaman mentor Anda, baik pengalaman pahit atau manis.

  8. Sering Datangi Seminar Bisnis & Kewirausahaan
    Cara belajar bisnis berikutnya adalah dengan mendatangi seminar bisnis. Di luar sana, ada banyak seminar bisnis dan kewirausahaan yang memfasilitasi orang-orang untuk belajar bisnis, baik secara online atau offline. Anda bisa menemukan seminar bertopik apa saja, mulai dari topik belajar bisnis rumahan hingga belajar bisnis online shop.

  9. Aktif Berpartisipasi di Pameran Bisnis
    Cara belajar bisnis kesembilan dalam artikel ini adalah dengan secara langsung melihat aktivitas bisnis, salah satunya adalah pameran. Dengan mengunjungi pameran, Anda dapat mempelajari produk apa saja yang sedang tren saat ini. Selain itu, Anda juga dapat memperbanyak jaringan bisnis dengan peserta pameran.

  10. Lakukan Evaluasi Bisnis Berkelanjutan
    Pebisnis pemula 99% akan melakukan kesalahan dalam berbisnis. Akan tetapi, tidak perlu khawatir, karena ini merupakan hal wajar. Justru dengan melakukan trial and error, kita dapat lebih memahami kekurangan dan kelebihan produk di mata masyarakat.

    Semua kegagalan yang terjadi saat berbisnis dapat dijadikan bahan evaluasi secara berkelanjutan. Gagal, evaluasi, gagal, evaluasi. Begitu seterusnya sampai Anda menemukan proses bisnis paling sesuai dengan produk Anda.


Itulah cara-cara belajar bisnis bagi pemula yang bisa Anda lakukan. Ingat, tidak ada gunanya belajar bisnis jika hanya berputar-putar di teori, tanpa action nyata. Oleh karena itu, jangan ragu buka bisnis Anda sekarang juga ya! Jika kekurangan modal, hubungi OCBC NISP! Kami siap membantu menyediakan pendanaan buat Anda!

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Perjanjian Pra Nikah: Proses, Fungsi, Isi dan Cara Membuat

Read

Education, Nyala - 20 Sep 2021

Cek! Ini Dia Daftar Biaya Rontgen Lengkap dan terbaru

View All