Related Product

Nyala

Nyala

Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

ONe Mobile

ONe Mobile

Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Pendanaan Jangka Pendek: Pengertian, Jenis, & Manfaatnya

4 Jun 2021 Written by: Redaksi OCBC NISP

Butuh dana dalam waktu singkat? Ajukan pendanaan jangka pendek yuk! Ini caranya.

Pendanaan jangka pendek adalah salah satu solusi keuangan yang disediakan lembaga perbankan. Solusi ini paling cocok dimanfaatkan oleh orang dengan kebutuhan dana besar, dalam kondisi mendesak atau tidak mendesak. Supaya lebih paham tentang pembiayaan jangka pendek, simak pembahasan dari OCBC NISP berikut.


Apa yang Dimaksud Pendanaan Jangka Pendek?

Pendanaan jangka pendek adalah dana pinjaman yang diberikan lembaga guna melakukan sesuatu dan harus dibayarkan dalam jangka waktu maksimal 1 tahun. Pendanaan semacam ini bisa Anda dapatkan dari mana saja, mulai dari bank sampai perusahaan tempat bekerja.

Dikarenakan batas pembayarannya 1 tahun, maka biasanya pihak peminjam memberikan limit pinjaman lebih rendah dibanding pembiayaan jangka panjang. Selain itu, pihak peminjam juga akan menilai profil Anda untuk menentukan apakah Anda layak menerima pembiayaan jangka pendek.


Manfaat Pembiayaan Jangka Pendek

Pendanaan jangka pendek (atau disebut juga pembiayaan jangka pendek) menghasilkan berbagai keuntungan bagi penerimanya. Adapun manfaat-manfaat pendanaan jangka pendek adalah sebagai berikut.

  1. Tidak Kesulitan Saat Terjadi Keadaan Darurat
    Manfaat pendanaan jangka pendek pertama adalah Anda tidak akan kesulitan saat membutuhkan uang secara mendadak. Pembiayaan jangka pendek mudah dipcairkan dan proses birokrasinya pun tidak lama, sehingga cocok bagi Anda yang sedang membutuhkan uang cepat.

    Misalnya, ada anggota keluarga mengalami sakit dan membutuhkan dana secepatnya. Jika Anda mengalami ini, Anda bisa langsung mengajukan pembiayaan jangka pendek ke bank. Dalam waktu maksimal 1 - 2 X 24 jam, dana tersebut bisa langsung cair sesuai nominal kesepakatan.

  2. Mendapatkan Kebutuhan dengan Cepat
    Manfaat berikutnya pendanaan jangka pendek adalah Anda tidak akan mengalami penundaan pemenuhan kebutuhan terlalu lama. Apapun keinginannya, mulai dari kendaraan sampai barang branded, Anda bisa mendapatkannya dengan cepat jika menggunakan pembiayaan jangka pendek.

  3. Alternatif Bagi Orang yang Sulit Menabung
    Manfaat pendanaan jangka pendek satu ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Saat ini, ada banyak orang tidak sabar menabung karena ingin mendapatkan barang impian dalam waktu singkat. Selain itu, terdapat juga orang-orang yang kesulitan menabung, karena tidak tahan untuk tidak menggunakannya.

    Sebagai contoh, saat ini tak jarang orang membeli kendaraan menggunakan pembiayaan jangka pendek. Dibandingkan menabung selama 3 tahun untuk membeli mobil, banyak orang memilih membayar cicilan mobil tiap bulan selama 5 tahun. Padahal harga membeli mobil cash lebih murah dibanding akumulasi jumlah cicilan mobil 5 tahun lamanya.

  4. Syaratnya Lebih Mudah Dari Pendanaan Jangka Panjang
    Dikarenakan notabene jumlah pendanaan jangka pendek adalah kecil, maka syaratnya pun tidak serumit pendanaan jangka panjang. Jika Anda mengajukan pembiayaan jangka pendek ke bank, Anda hanya akan dimintai bukti keanggotaan nasabah, slip gaji, dan identitas KTP. Bahkan di sumber-sumber pendanaan jangka pendek lainnya, Anda tidak akan dimintai syarat apapun.

    Lain kondisinya saat Anda mengajukan pendanaan jangka panjang (misalnya untuk kredit rumah). Selain bukti nasabah, slip gaji, dan KTP pribadi, pengajuan pendanaan jangka panjang di bank membutuhkan KTP pasangan, surat keterangan atasan, status pegawai tetap, surat keterangan desa, surat keterangan sehat, jaminan akta, dan sebagainya.

  5. Mempengaruhi Peringkat BI Checking
    Bagi Anda yang belum tahu apa itu BI Checking, Anda dapat mengecek pembahasan lengkapnya di sini.

    BI Checking adalah salah satu faktor terpenting yang dapat menentukan diterimanya pengajuan pinjaman ke bank. Melalui BI Checking, bank dapat mengecek apakah Anda pernah melakukan pelanggaran kredit di lembaga perbankan lain.

    Jika Anda mengajukan pembiayaan jangka pendek dan dapat melunasinya dengan baik, peringkat Anda di BI Checking otomatis akan meningkat. Semakin sering Anda melunasi pinjaman dalam satu tahun, semakin baik pula nama Anda di kalangan bank.


Sumber-Sumber Pendanaan Jangka Pendek

Setelah membahas manfaat pendanaan jangka pendek, kali ini kita akan membahas sumber-sumbernya, yaitu:

  1. Bank
    Sumber pembiayaan jangka pendek pertama adalah bank. Sejak awal didirikan, mayoritas bank di Indonesia menyediakan sarana pembiayaan jangka pendek. Salah satu bank penyedia terbaik pendanaan jangka pendek adalah OCBC NISP.

    OCBC NISP menyediakan berbagai opsi kredit jangka pendek, dengan banyak benefit ditawarkan. Ada dua program kredit besar yang bisa Anda ikuti di OCBC NISP, yaitu Pembiayaan UMKM dan Nyala.

  2. Jasa Leasing
    Sumber pendanaan jangka pendek berikutnya adalah jasa leasing, atau disebut juga sebagai jasa Sewa Guna Usaha (SGU). Leasing adalah lembaga yang memperbolehkan nasabah menggunakan barang sebelum pelunasan kredit. Pengguna leasing dapat membawa pulang barang kreditnya lebih dulu, dengan kewajiban membayar cicilan tiap bulan sesuai kesepakatan.

  3. Perusahaan Tempat Bekerja
    Opsi berikutnya sumber pendanaan jangka pendek adalah perusahaan tempat bekerja. Ya, jika sudah mendesak, Anda dapat mengajukan pinjaman kepada HRD perusahaan Anda. Opsi pembayarannya umumnya bervariasi, bisa dengan uang tunai atau skema potong gaji.

  4. Koperasi
    Jika Anda anggota koperasi, Anda dapat mengajukan pembiayaan jangka pendek melalui lembaga ini. Umumnya, koperasi akan mengutamakan anggota dalam memberikan kredit. Akan tetapi, pastikan Anda tidak mendaftarkan diri ke rentenir berkedok koperasi, yang hingga kini marak di masyarakat.

  5. Lembaga Kredit Online
    Sumber pendanaan jangka pendek terakhir adalah lembaga kredit online, atau istilah kerennya sekarang adalah lembaga “financial technology”. Lembaga-lembaga ini menyediakan pembiayaan jangka pendek dari mana dan kapan saja, karena pelayanannya murni online. Syarat pengajuannya juga mudah, karena Anda cukup menyerahkan foto bersama KTP dan nomor telpon saja.


Jenis-Jenis Pembiayaan Jangka Pendek

Secara garis besar, ada dua jenis Pembiayaan jangka pendek, yaitu:

  1. Pendanaan Spontan
    Jenis pembiayaan jangka pendek yang pertama adalah pendanaan spontan. Dalam skema pendanaan spontan, besar dana kredit dipengaruhi aktivitas yang didanai. Contoh termudahnya adalah hutang operasional perusahaan. Apabila operasional perusahaan meningkat, maka pembiayaan jangka pendeknya juga meningkat.

  2. Pendanaan dengan Negosiasi
    Jenis selanjutnya pendanaan jangka pendek adalah pendanaan dengan negosiasi. Dana kredit dari pembiayaan semacam ini umumnya bergantung pada kesepakatan di awal pendanaan. Jumlah tagihannya pun tidak akan berubah-ubah. Beberapa contoh pendanaan dengan negosiasi adalah asuransi jiwa, kredit bank, dan leasing.


Demikian penjelasan lengkap tentang pendanaan jangka pendek, manfaat, sumber, dan jenis-jenisnya untuk Anda. Apapun kebutuhan dana jangka pendek Anda, jangan sungkan menghubungi OCBC NISP ya!

Kami menyediakan berbagai berbagai jenis pembiayaan jangka pendek dengan pengajuan cepat dan bunga sangat rendah lho! Tidak percaya? Langsung cari informasi lengkapnya di link berikut ini ya.

Download ONe Mobile

Cerita untuk inspirasi

Read

Investment - 9 May 2022

investasi-bertahap-dengan-RD

Read

Investment - 9 May 2022

pasar-saham-sell-or-buy

View All